Laman

AddThis Smart Layers

5.4.a. Mendaki Keluar dari Kotak Anda!

"Ketika kita tidak lagi mampu mengubah situasi, kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri." -Viktor E. Frankl

Sedikit lebih dari setahun lalu, keputusan dibuat untuk saya untuk meninggalkan pekerjaan saya. Setelah tiga setengah tahun di perusahaan, perekrutan, pelatihan dan pengembangan tim dan secara teratur melampaui sasaran pendapatan bersama dengan yang dipromosikan empat kali, posisi saya telah dieliminasi.

 Aku telah dikenal selama lebih dari satu tahun bahwa saya menyedihkan tapi aku belum siap untuk meninggalkan peran saya sebagai Wakil Presiden. 


Aku dirasionalisasikan situasi dengan mengatakan pada diriku sendiri, "saya perlu untuk mengatasi pekerjaan ini." 

Apa yang saya tidak menyadari bahwa mengatasi saya membuat calon suami saya dan anak-anak saya sengsara. Apa yang saya inginkan adalah untuk ditantang dengan menciptakan situasi di mana saya bisa menggunakan gairah saya untuk mentor pemimpin perempuan-perempuan potensial yang tinggi sambil membantu untuk menghilangkan ketakutan mereka untuk memajukan karir mereka. Saya meyakinkan diri saya sangat diperlukan dan aku butuh uang. Aku tidak mampu pergi begitu saja! Rutinitas sehari-hari saya melakukan sesuatu yang saya tidak lagi bersemangat tentang konsekuensi dibuat bahwa saya tidak siap menerima.

Pada hari April cerah, saya ingat bos saya mengatakan bahwa posisi saya telah dieliminasi. 

Aku memandang ke luar jendela di Pegunungan Puncak Pike indah di percaya. Lalu tiba-tiba, aku punya akal, tenang hangat damai dan lega. Aku tahu, pada saat itu, bahwa 25 tahun karir saya di perusahaan baru saja mengambil arah baru. Sebuah arah saya percaya, yang telah mengubah hidup saya selamanya. Perubahan adalah sesuatu yang kita semua bergumul dengan dari waktu ke waktu. Untuk beberapa alasan hari itu, saya sangat senang tentang kemungkinan masa depan. Tentu saja, saya juga memiliki perasaan takut total perubahan dan ketidakpastian tentang langkah selanjutnya. Meskipun demikian, saya juga dipenuhi dengan kegembiraan dan iman bahwa segala sesuatu akan beres.

Merefleksikan kembali pada perjalanan saya hari ini, "memanjat keluar dari kotak saya 'telah secara dramatis mengubah hidup saya. Saya telah tumbuh secara pribadi dan profesional dengan cara saya tidak pernah berpikir itu mungkin. Mengambil lompatan iman untuk hidup saya melakukan sesuatu yang saya percaya telah membebaskan saya. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya telah mendengarkan naluri saya sepanjang perjalanan ini dan tidak pernah memiliki itu berkata: "lakukanlah sesuatu yang lain" atau ". Kembali menjadi Wakil Presiden Penjualan" cukup menarik, semua orang jenis pintu telah tertutup bagi saya ini tahun lalu ketika mereka tidak pernah sebelumnya. Hidup dengan gairah, membangun bisnis untuk mentor, pelatih dan melatih para pemimpin perempuan-perempuan potensial yang tinggi untuk memajukan karier mereka telah menakjubkan.

Mengembangkan dan pelatihan tim tentang bagaimana untuk menjadi sangat produktif dan inisiatif Kelamin internal yang Keanekaragaman perusahaan meningkatkan 'telah beberapa pengalaman pribadi dan profesional yang paling bermanfaat. Bagian dari tantangan untuk Climb Out Of Box Anda adalah sumber daya yang terbatas banyak dalam lingkungan kerja mereka. 

Untuk beberapa, tidak memiliki seseorang untuk berpaling juga merupakan tantangan ketika mencoba untuk membuat perubahan dalam hidup Anda. Saya menantang Anda semua untuk melakukan langkah berikutnya hari dengan menuliskan satu hal yang menahan Anda kembali dari apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda. Jika Anda tidak menyukai apa yang terjadi hari ini, tanyakan pada diri Anda satu pertanyaan: "Apa yang saya Ingin Sebaliknya?" Jika Anda benar-benar dapat menjawab satu pertanyaan, kemudian mulai dengan mengambil langkah pertama Anda untuk Mendaki Keluar dari Kotak Anda!

Anda tidak dapat mengubah tujuan Anda dalam semalam, tetapi Anda dapat mengubah arah Anda. 

Sementara begitu banyak dari kita tinggal dalam hubungan atau pekerjaan kita terlalu lama karena takut, kita harus fokus pada kekuatan untuk keluar dari ekstremitas C Kotak kami. Kita harus menjalani hidup dengan makna dan tujuan, sementara waktu yang dihabiskan melakukan sesuatu tentang apa yang kita bergairah. Apa yang menghalangi kita? Mengapa beberapa orang beradaptasi dengan perubahan yang lebih mudah? Mengapa kita membuat perubahan di daerah tertentu hidup kita tetapi tidak yang lain? 

Membuat perubahan positif dalam hidup Anda secara dramatis dapat lebih baik Anda hidup. Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda, hubungan, karier, pendapatan, tingkat kebahagiaan dan harapan untuk masa depan yang lebih optimis. Membuat pilihan yang tepat dengan keyakinan dan komitmen untuk perubahan akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Ada tujuh hambatan yang menghentikan Anda dari bergerak maju untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk perubahan. Namun, sebelum kita menggali hambatan, Anda harus terlebih dahulu menjadi sadar lingkungan Anda. Apa yang sesungguhnya terjadi di lingkungan kerja Anda, rumah, teman, keluarga atau kesehatan Anda? Jika Anda benar-benar sadar lingkungan Anda, Anda dapat merangkul hambatan Anda!

Tujuh Hambatan Memegang Kau Kembali


1. Status Quo Di Zona Nyaman Anda

Aku telah menyeberangi jalur dalam karir saya dengan begitu banyak orang yang hidup dalam modus status quo. Mereka tidak bisa mulai berpikir tentang perubahan secara pribadi atau profesional. Namun mereka terus-menerus mengungkapkan frustrasi dengan pekerjaan, pernikahan mereka atau anak-anak mereka. Tinggal di zona kenyamanan Anda dalam perekonomian saat ini sangat berbahaya - terutama di tempat kerja!


Ini bukan hanya pekerjaan kita bahwa kita berpegang pada di dalam keinginan kami untuk tetap dekat dengan akrab. Kami melakukannya di daerah lain juga. Kami mengambil rute yang sama untuk bekerja setiap hari, pergi ke McDonalds sama untuk Diet Coke (Saya bersalah itu satu) atau memesan barang yang sama dari menu dari restoran yang sama daripada mencoba sesuatu yang baru. Suami saya membawa saya ke sebuah restoran pekan lalu bahwa kami tidak berkunjung ke dalam beberapa saat. Aku memberanikan diri keluar dari kotak saya dan memerintahkan jenis baru ikan aku bersumpah aku tidak akan pernah mencoba bersama dengan anggur yang tidak biasa. Sementara itu jelas wasn'ta keputusan yang mengubah hidup, hal itu mengingatkan saya bagaimana bahkan perubahan kecil dapat memiliki dampak. Suami saya, yang merupakan pemilik restoran, senang melihat aku mencoba sesuatu yang baru! Makan saya yang luar biasa dipasangkan dengan anggur baru, yang dibuat untuk pengalaman bersantap mengagumkan. Akhirnya, diberdayakan saya untuk ingin keluar dari kotak yang lebih sering.

Pertimbangkan: Apa yang lebih penting bagi Anda, keberhasilan di tempat kerja atau signifikansi dalam apa yang Anda lakukan Bagi saya, signifikansi yang lebih penting?. Sukses imbalan rekening bank kami, namun signifikansi imbalan roh kita. Hal yang sama juga berlaku dalam kehidupan pribadi Anda juga.

2. Kehilangan Gairah Anda

Menyadari hidup Anda karena Anda ditahan terjebak hidup dalam zona kenyamanan Anda adalah sangat berbeda dari yang lain tantangan untuk mengubah, kurangnya gairah. Aku ingat pelatihan manajer saya bahwa mempekerjakan orang-orang dengan hasrat untuk sukses adalah sesuatu yang tidak bisa mengajar. Gairah sukses melahirkan, gairah menjual, dan orang-orang yang penuh gairah hidup memenuhi kehidupan. Orang bersemangat mengilhami kita untuk kebesaran. Kami ingin orang-orang di tim kami.

Seorang atasan pernah mengatakan kepada saya, "gairah Anda adalah menguatkan terbesar Anda dan kelemahan terbesar Anda." Itu tidak mungkin! Bagaimana hasrat seseorang untuk apa yang mereka percaya akan kelemahan mereka? Saya pikir dia mungkin telah bingung dengan definisi sejati gairah:
. . Setiap emosi yang kuat atau menarik atau perasaan, seperti cinta atau benci.. Sebuah kesukaan kuat atau boros, antusiasme, atau keinginan untuk apapun; gairah untuk musik, gairah hidup, pekerjaan, keluarga dan teman-teman. . .

Jangan bingung arti gairah dengan pendapat seseorang. Gaya komunikasi dapat menjadi masalah nyata ketika mencoba untuk mengungkapkan keprihatinan dari situasi tertentu yang menyebabkan ketidaknyamanan. Itu bukan gairah! Jika Anda kehilangan gairah Anda untuk apa yang Anda lakukan saat dalam hidup Anda, tanyakan pada diri sendiri, apa yang Anda inginkan, bukan? Apa yang Anda bergairah tentang? GO DO IT!

3. Takut Kegagalan

Saya belajar di awal masa kanak-kanak saya perasaan takut gagal sejati. Ketakutan adalah melumpuhkan bagi banyak orang. Bagi saya, bagaimanapun, takut menjadi perasaan positif. Sebagai sosok skater kompetitif, jantung berdebar-debar, tanganku gemetar, dan aku takut mati tepat sebelum aku melangkah keluar di atas es untuk bersaing. Namun, saya percaya perasaan internal takut mendorong saya melampaui batas-batas saya.

"Hambatan terbesar untuk sukses adalah rasa takut akan kegagalan." Sven Eriksson Guran

Takut untuk mengambil risiko adalah penghalang yang memegang kebanyakan orang kembali dari memanjat keluar dari kotak mereka. Jika Anda membuat perubahan kecil, saya yakin Anda tidak memiliki perasaan takut. Namun, perubahan besar - besar dalam hidup-mengubah keputusan membawa resiko lebih besar menghasilkan tingkat lebih besar dari rasa takut.

Ketika saya pertama kali memulai karir saya di penjualan, saya merasa perasaan takut karena aku ingin menjadi yang terbaik dan mencapai semua tujuan karir saya. Aku tidak pernah lagi ingin bekerja begitu keras dan tidak mencapai tujuan tersebut. Anda lihat, saya menghabiskan seluruh masa pelatihan saya untuk tujuan akhir dari kualifikasi untuk Olimpiade Musim Dingin 1980 di Lake Placid, New York, tapi tujuan itu tidak pernah tercapai. Ketakutan saya dalam karir saya berasal dari fakta bahwa aku tidak pernah lagi ingin jatuh pendek dari tujuan saya. Kegagalan untuk membuat Olimpiade membentuk kehidupan saya selamanya, memberi saya perspektif bahwa rasa takut akan menahan Anda jika Anda membiarkannya. Bahwa salah satu hasil negatif pada saat itu dalam hidup saya adalah menghancurkan tetapi saya telah memilih untuk menggunakan pengalaman itu ke arah pandangan positif dari rasa takut. Rasa takut gagal disalurkan benar membuat untuk hasil yang sukses dalam hidup Anda. Anda dapat menghilangkan rasa takut dari hidup Anda ketika Anda memahami bahwa pahala itu lebih besar daripada rasa takut mencoba.

Hal tidak berubah, kita berubah. - Henry David Thoreau
Perubahan dalam hati adalah inti dari semua perubahan lain dan dibawa oleh pendidikan ulang pikiran. - E. Pethic-Lawrence

4. Kurangnya Kesadaran Diri

Menyadari gaya Anda sendiri dan perilaku adalah seni pelajari selama karir Anda. Itu bahkan lebih penting untuk meminta mentor Anda, bos, sponsor atau seorang teman di tempat kerja untuk memberikan umpan balik konstruktif untuk memungkinkan Anda untuk mengubah atau memperbaiki perilaku Anda.

Seorang mentor / bos pernah membuat pernyataan mengenai bagaimana orang dirasakan saya bahwa telah tinggal bersama saya sejak itu. Dia mengatakan, "Jennifer, itu bukan snapshot bahwa Anda ingin orang melihat, tapi itu gambar gerak." Pada saat itu, aku tahu aku harus menjadi lebih sadar orang di sekitar diri saya, lingkungan saya, dan bagaimana perilaku saya itu mempengaruhi orang lain.

Saya pembinaan klien yang baru-baru ini dipromosikan menjadi CFO perusahaannya. Dia membuat pernyataan kuat bahwa "tidak ada yang memberinya hal apapun." Tanyaku padanya untuk memberikan saya sebuah contoh. Namun, semua ia berbicara tentang adalah bagaimana ia merasa bahwa orang tidak percaya ia mampu memenuhi peran barunya. Kami menemukan bahwa ini tidak benar-benar bagaimana orang merasa tentang kemampuannya tapi dia kurang percaya diri. Dia memproyeksikan kurangnya kepercayaan nya sendiri ke orang lain. Apa yang negatif perilaku / emosi yang Anda memproyeksikan pada rekan kerja atau orang yang dicintai?

5. Penundaan Putuskan

Penundaan adalah hambatan lain untuk mengubah yang dapat menyebabkan stres yang tidak sehat! Apakah Anda menunda sesuatu? Kita semua lakukan untuk beberapa derajat. Perasaan mengomel tentang hal-hal belum selesai dan tugas pilling up dapat menyebabkan stres yang ekstrim. Salah satu anggota keluarga saya berjuang untuk menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan terus menginduksi stres karena rasa sakit yang dihasilkan. Dia merasa kewalahan namun tidak bisa menyelesaikan sebuah proyek atau daun ke menit terakhir.

Saya yakin kita semua bisa memberikan contoh dari orang yang kita kenal atau anggota keluarga yang menunda-nunda. Pembinaan klien yang tidak teratur, meninggalkan hal-hal sampai menit terakhir, stres dan kewalahan dengan kehidupan, saya menyarankan satu hal, membeli buku ukuran jurnal untuk menuliskan setiap hari apa yang perlu dicapai. Tulis dalam buku ini Anda "LAKUKAN Daftar" sehingga Anda dapat menjaga semuanya dalam satu tempat. Saya tidak bisa memberitahu Anda berapa banyak dari mereka telah mengatakan, "Itu menyelamatkan hidup saya". Ketika kita menunda-nunda biasanya tentang tujuan jangka panjang atau memiliki hasil yang tidak menyenangkan. Alih-alih menangani tujuan, kita pergi dengan apa yang lebih menyenangkan atau kurang menyakitkan.

Apakah Anda tahu laki-laki sedikit lebih mungkin untuk menunda-nunda daripada wanita? Orang muda jauh lebih mungkin untuk menunda-nunda dibandingkan orang tua mereka. Gila kerja, misalnya, hampir selalu memenuhi pekerjaan mereka yang berhubungan dengan tenggang waktu. Tetapi banyak dari mereka akan menunda pergi ke dokter, melakukan pajak atau mencari konseling jika pernikahan mereka dalam kesulitan.

Berikut adalah tes dapat Anda ambil untuk menemukan mengapa Anda bermain game ini stres. Periksa dari yang Anda dapat berhubungan dengan atau jika Anda dapat berhubungan dengan itu dalam hidup Anda.
  • Kau bosan
  • Anda kewalahan dengan pekerjaan
  • Rasa percaya diri Anda telah tergelincir
  • Anda memiliki harga diri yang rendah
  • Pekerjaan Anda berarti / Anda tidak terpenuhi
  • Anda mudah terganggu
  • Anda malas
  • Anda tidak terorganisasi
  • Anda lebih berkomitmen dengan pekerjaan dan keluarga
Mari kita membahas cara-cara untuk memperbaiki situasi ini untuk menghilangkan penghalang ini. Ini membantu untuk memahami tingkat energi Anda dibandingkan keputusan Anda untuk menunda, semakin lelah Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan menunda tujuan. Dapatkan banyak tidur, berolahraga secara teratur dan mengatur tujuan anda dalam buku atau di satu tempat untuk membantu menghilangkan tingkat stres Anda. Favorit saya saran, saat pembinaan klien atau bekerja dengan orang yang menunda-nunda, adalah untuk mengambil proyek besar mereka bekerja pada atau tujuan pribadi dan memecahnya menjadi tiga segmen. Mencapai satu segmen pada satu waktu. Anda akan diberi energi setelah Anda menyelesaikan tugas pertama. Setiap hari menetapkan tujuan baru yang dapat Anda capai kemudian menghadiahi diri sendiri setelah tugas yang telah selesai.

6. Not Mendengarkan Intuisi Anda

Penghalang ini adalah satu sulit bagi banyak untuk mengatasi ketika mencoba untuk membuat keputusan yang mengubah hidup. Saya pribadi dapat merefleksikan kembali pada pilihan saya sendiri hidup dan tahu bahwa jika saya baru saja mendengarkan apa usus saya mengatakan pada waktu itu, saya akan membuat pilihan yang lebih baik. Apakah Anda pernah menyesali keputusan yang dibuat ketika mendengarkan intuisi Anda BENAR? Mungkin tidak!

Membuat pilihan hidup menggunakan intuisi dapat digunakan sebagai alat. Tantangan bagi sebagian orang adalah ketika naluri Anda "perlindungan diri" mendapat di jalan mengakses informasi intuitif untuk bergerak maju. Jika Anda mencari informasi intuitif pada pertanyaan tertentu atau masalah, Anda mungkin ingin memulai dengan menjelajahi lanskap penuh situasi. Saya meminta klien untuk berbagi perasaan usus mereka ketika membahas situasi tertentu. Mendengarkan intuisi sejati Anda adalah alat yang ampuh dalam membuat perubahan hidup. Ketika Anda benar-benar memahami diri sendiri, mengetahui fakta-fakta dari situasi atau masalah, berikut "USUS" Anda jarang mendapat Anda ke dalam kesulitan.

Menciptakan makna dan tujuan dalam hidup Anda dengan mendengarkan intuisi Anda. Tanyakan diri sendiri bahwa satu pertanyaan, apa yang saya inginkan, bukan? Wanita didesain untuk mengatur dan mengejar tujuan dengan tantangan pribadi yang sangat besar. Hal yang besar tentang perempuan kita lupa betapa sulitnya sesuatu adalah seperti memiliki anak kedua setelah pengiriman pertama menyakitkan. Ada beberapa kali dalam karir saya setelah anak-anak saya, bahwa saya kelelahan fisik dan emosional. Tapi, saya tahu di dalam usus saya, saya membuat keputusan yang tepat untuk tetap di tempat kerja.

Belajar untuk selalu mendengarkan intuisi Anda adalah kuat. Saya berbagi di awal seri ini bahwa selama tahun lalu, saya belum punya satu momen menyesal memulai bisnis baru ini. Namun, ada hari bahwa saya tidak bisa membayangkan bagaimana aku akan menempatkan satu kaki di depan yang lain. Aku terus bertanya pada diri sendiri bahwa satu pertanyaan, apa yang saya inginkan, bukan? Dan kau tahu apa yang telah begitu menarik melalui perjalanan ini? Usus saya terus membimbing perjalanan ini sebagai segala sesuatu terus jatuh di tempat.

Jika penghalang Anda tidak benar-benar menjalani hidup dengan makna dan tujuan, apa intuisi Anda memberitahu Anda untuk berubah? Mengapa menunggu satu hari lagi jika Anda sudah memiliki jawaban untuk membantu Anda keluar dari Kotak Anda?  

7. Tantangan Ketahanan

Saya meninggalkan penghalang terakhir karena saya percaya bahwa kebanyakan orang berjuang dengan ketahanan. Bagi kebanyakan pemimpin, menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan rumah masih tetap, tinggi-pernah mencapai tujuan. Meskipun setiap hari membawa tuntutan mustahil pada waktu pribadi kita, dengan terlalu banyak pertemuan, kewajiban, dan 24 / 7 konektivitas dengan dunia internet, itu adalah ketahanan kita dan energi yang menekankan setiap hari, itu bukan jam. Namun, pergeseran pola pikir Anda dan fokus dari manajemen waktu untuk manajemen energi akan memungkinkan Anda untuk menemukan kemampuan unik Anda sendiri untuk energi berkelanjutan dan ketahanan sepanjang hari.

Keseimbangan kehidupan kerja adalah sebuah pilihan. Bergerak dari waktu dan efisiensi untuk energi dan ketahanan adalah pola pikir yang kuat untuk mengatasi rintangan ini dalam hidup Anda. Apa yang saya maksud? Jika Anda akan bergeser dari mengelola waktu Anda untuk mendukung dan mengelola energi Anda-bahan bakar yang membantu Anda mencapai tujuan Anda, menghadapi tantangan sulit, dan hadir dalam hubungan Anda-Anda perlu fokus pada semua domain kehidupan Anda: fisik , mental, spiritual, dan kecerdasan emosional Anda. Cobalah untuk menghindari kegiatan yang menguras dan tidak memiliki arti dalam hidup Anda. Katakanlah, "TIDAK" ketika diminta untuk mengambil tanggung jawab lebih yang Anda tahu akan zap tingkat energi Anda atau menyebabkan Anda stres. 

Saya percaya penghalang ini adalah yang paling sulit diatasi dari enam lainnya. Meneliti untuk Blog ini, saya datang di sebuah studi lima tahun diselesaikan oleh Dr Leonard Poon dari University of Georgia, yang mengungkapkan beberapa prinsip yang menarik mempengaruhi ketahanan. 

Dalam studi dari 97 aktif, orang produktif lebih dari 100 tahun, ia menemukan bahwa mereka telah menguasai empat karakteristik umum:

  • Optimisme: Mereka cenderung memiliki pandangan positif terhadap kehidupan. Mereka tidak didominasi oleh khawatir atau negatif.
  • Engagement: Mereka secara aktif terlibat dalam kehidupan. Mereka tidak pengamat pasif menonton hidup melewati mereka. 89 tahun saya lama ibu mertua yang terlibat dalam hidupnya, bermain bridge setiap hari dengan teman-temannya dan berolahraga di kolam renang komunitasnya.
  • Mobilitas: mereka tetap aktif secara fisik. Mereka berpartisipasi setiap hari dalam aktivitas fisik, berkebun, berjalan atau pergi dengan teman-teman.
  • Kemampuan beradaptasi terhadap Rugi: mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk tetap seimbang dengan mengadaptasi dan menerima perubahan dan kehilangan. Saya ingat ketika nenekku kehilangan suami dan hari kemudian kehilangan sahabatnya 50 tahun. Mereka memahami kehilangan orang yang dicintai tetapi masih memiliki semangat untuk hidup.
Ketahanan adalah proses dinamis yang tidak statis atau kaku tetapi merupakan jenis fluiditas berpusat yang memungkinkan kita bergerak ke segala arah dengan mudah. Menjadi tangguh berarti Anda dapat memulihkan keseimbangan Anda bahkan di tengah-tengah aksi. 

Memisahkan karir Anda, pribadi, keluarga, emosional dan kehidupan rohani menjadi potongan-potongan yang berbeda tidak bekerja. Mengelola seluruh yang dinamis adalah kuncinya. Sihir dalam menghilangkan penghalang ini adalah untuk bekerja pada perilaku Anda dalam dan luar yang membuat Anda berpusat dan membumi ketika Anda berhubungan dengan dunia luar. Ketika Anda membangun ketahanan lebih, Anda akan berbuat lebih banyak dengan mudah. Aku akan meninggalkan Anda dengan sebuah kutipan yang menggantung di dinding saya; 

Bukan hanya pemandangan Anda melewatkan dengan pergi terlalu cepat-Anda juga kehilangan rasa mana kau pergi dan mengapa " - Eddie Cantor

Menguasai tujuh hambatan menahan Anda Climbing Out ​​Box Anda akan menyegarkan ketika dicapai. Ajaib akan datang, ketika Anda melihat kembali pada keputusan Anda untuk mengubah tanpa penyesalan, memiliki kepercayaan diri untuk terus mendengarkan inisiasi Anda yang akan membantu Anda tetap keluar dari kotak tua!


Video

Loading...