Laman

AddThis Smart Layers

5.5. MPS Proses

Menemukan Pekerjaan yang Anda Cintai



Pikirkan kembali ke waktu ketika Anda bekerja pada sebuah proyek yang Anda benar-benar menikmati. Kemungkinannya adalah, orang-orang yang besar, pekerjaan itu bermakna, membawa Anda kesenangan, dan menantang Anda cukup untuk membuat Anda merasa bahwa Anda telah mencapai sesuatu yang benar-benar berharga. 

Ketika sebuah proyek bergema dengan kami seperti ini, kami mengajukan upaya terbaik kita. Kenapa? Karena melakukan pekerjaan seperti ini adalah murni sukacita. Bahkan, hampir tidak tampak seperti bekerja sama sekali!

Ketika kita bekerja pada proyek-proyek secara teratur, kami senang, kami tidak produktif, kami optimis, dan kami sangat terlibat dalam apa yang kita lakukan. Jadi, bagaimana Anda dapat menargetkan proyek-proyek yang akan memberikan jenis keterlibatan?

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan Artinya, Kesenangan, Kekuatan (MPS) Proses. Pada artikel ini, kita akan membahas apa MPS, dan kita akan melihat bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan proporsi pekerjaan bermanfaat yang Anda lakukan.

Tentang Perangkat


MPS Proses diciptakan oleh profesor Harvard dan penulis buku laris, Dr Tal Ben-Shahar, dan telah diumumkan dalam bukunya, " bahagia . " Model ini mengembangkan ide-ide dari psikolog positif, Dr Mihaly Csikszentmihalyi.

Karya inovatif dr Csikszentmihalyi adalah pada konsep "mengalir" .  Ketika kita melakukan pekerjaan yang baik bermakna dan menantang, kami masuk ke aliran, kehilangan jejak waktu dan rasa diri kita seperti kita hanya berfokus pada tugas di tangan. Hal ini dapat sangat menyenangkan dan memuaskan.

Dr Ben-Shahar diadaptasi konsep ini dan menciptakan Proses MPS sebagai cara bagi kita untuk mencari pekerjaan, proyek, dan tugas yang menantang dan melibatkan kita.
Dengan Proses MPS, Anda bertanya pada diri sendiri tiga pertanyaan penting:
  1. Apa yang memberi saya berarti?
  2. Apa yang memberi saya kesenangan?
  3. Apa kekuatan saya?
Ketika kita secara teratur melakukan pekerjaan yang menggabungkan tiga unsur, kita jauh lebih mungkin untuk mencapai aliran dan bahagia dalam karir kita.

Catatan:
MPS Proses meminta Anda untuk melihat secara mendalam apa yang membawa Anda makna dan kesenangan. Hal ini juga mendorong Anda untuk memahami dan mengenal kekuatan Anda.

Untuk alasan ini, mungkin akan lebih baik untuk menghabiskan beberapa hari memikirkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, sebelum menjawab mereka sepenuhnya. Anda juga mungkin merasa berguna untuk membaca tentang Model PERMA , yang akan membantu Anda menentukan apa artinya kebahagiaan sejati untuk Anda.

Cara Menggunakan Perangkat


Langkah 1: Jawab Pertanyaan MPS

Langkah pertama dalam menggunakan alat ini adalah untuk menjawab tiga pertanyaan kunci:
  1. Apa yang memberi saya berarti?
  2. Apa yang memberi saya kesenangan?
  3. Apa kekuatan saya?
Seperti telah disebutkan di atas, hal ini sering membantu untuk mengambil waktu Anda di sini. Ada juga banyak sumber daya yang dapat Anda gunakan untuk menyelam lebih dalam pertanyaan-pertanyaan mendasar.

Untuk membantu menemukan apa yang memberi Anda arti, mulai dengan mendefinisikan nilai-nilai Anda . Ini adalah prinsip yang membentuk perilaku dan penilaian. Seringkali, bekerja pada proyek-proyek yang sejalan dengan nilai-nilai Anda membantu untuk membawa makna apa yang Anda lakukan.

Nilai hanya dapat menjadi bagian dari apa yang Anda temukan bermakna. Misalnya, Anda mungkin menemukan makna melalui membantu orang lain, mengajarkan keterampilan baru, atau pembinaan seseorang melalui krisis. Jadi, pikirkan kembali tugas-tugas lain dan proyek yang membuat Anda merasa baik. Apa yang Anda lakukan selama waktu? Apa itu tentang proyek-proyek yang membuat Anda merasa baik?

Selanjutnya, menuliskan hal-hal yang membawa Anda kesenangan. Ini tidak harus terkait dengan pekerjaan, Anda juga bisa daftar hobi, minat, dan apa pun yang membuat Anda bahagia atau kepuasan. Misalnya, Anda mungkin termasuk membaca, mengajar orang lain, bepergian, atau bertemu orang baru.

Terakhir, buatlah daftar kekuatan. Ini bisa sulit, karena banyak dari kita mengambil kekuatan kita untuk diberikan (mereka datang begitu mudah!) Anda mungkin memiliki kekuatan yang bahkan tidak menyadari adalah kekuatan, seperti empati, sikap positif, atau kemampuan untuk belajar hal-hal dengan cepat .

Jika Anda tidak yakin tentang kekuatan Anda, meminta atasan Anda, rekan kerja, atau anggota keluarga apa yang mereka pikirkan kekuatan Anda. Anda juga dapat melakukan Analisa SWOT pribadi , atau Anda dapat menggunakan Assessment StrengthsFinder untuk membantu mengungkap kekuatan terbesar Anda.

Langkah Kedua: Cari Overlap

Selanjutnya, lihatlah jawaban Anda di setiap daerah dan mengeksplorasi unsur-unsur yang umum untuk setiap kategori, atau tumpang tindih dalam beberapa cara. Ini jawaban yang tumpang tindih menawarkan wawasan berharga tugas-tugas yang Anda akan menemukan yang paling bermanfaat dan menarik.
Sebagai contoh, Anda mungkin telah terdaftar berikut dalam jawaban Anda: 
Makna
Kesenangan
Kekuatan
Membuat orang bahagia.
Membantu orang lain.
Pemecahan masalah.

Ketiga jawaban jelas tumpang tindih satu sama lain, dan dari ini, Anda mungkin menyimpulkan bahwa Anda ingin fokus pada tugas atau proyek yang membantu orang memecahkan masalah mereka.

Tips 1:
Jangan terburu-buru langkah ini - pada pandangan pertama, mungkin tidak jelas mana jawaban Anda tumpang tindih.

Tip 2:
Idealnya, Anda akan memiliki jawaban yang tumpang tindih dalam tiga bidang, tetapi Anda juga dapat menemukan karya yang menarik dan bermanfaat dengan unsur-unsur yang tumpang tindih dalam hanya dua.

Langkah 3: Bentuk pekerjaan Anda atau Karir

Anda sekarang dapat menggunakan jawaban Anda dari langkah 2 sebagai panduan untuk membentuk peran Anda saat ini, atau untuk menemukan karir yang Anda temukan menarik. Sederhananya, Anda ingin bekerja pada proyek-proyek dan tugas yang, dalam beberapa cara, memasukkan unsur-unsur yang tumpang tindih. Ini adalah bagaimana Anda akan mendapatkan kepuasan kerja .

Anda dapat melakukan ini dalam peran Anda saat ini dengan menggunakan kerajinan pekerjaan . Ini adalah di mana Anda membentuk kembali pekerjaan Anda agar sesuai Anda lebih baik. Misalnya, apakah ada proyek yang Anda mau bertanggung jawab, tetapi tidak? Anda dapat melakukan pekerjaan Anda saat ini dengan cara yang Anda akan menemukan lebih menarik? Atau Anda bisa melakukan beberapa tugas atasan Anda di daerah tersebut? Ada cara tak berujung yang Anda dapat membentuk kembali peran Anda untuk menyesuaikan Anda lebih baik.

Anda juga dapat menggunakan temuan Anda jika Anda ingin mendapatkan promosi , atau jika Anda menjelajahi pilihan karir mungkin. 

Contoh

Ellen baru saja menjawab pertanyaan pada langkah 1 dari Proses MPS. Berikut adalah jawaban dia datang dengan.



Makna
Kesenangan
Kekuatan
Membantu anggota tim yang berjuang dengan pekerjaan mereka.
Mengajar orang lain keterampilan baru.
Bekerja melalui masalah-masalah sulit.
Musik klasik.
Menjalankan.
Bertemu orang-orang baru.
Membaca.
Menjadi terorganisir.
Membantu orang lain.
Memecahkan masalah.
Menjadi empatik.
Tetap tenang dalam krisis.




Setelah membandingkan setiap daftar, Ellen dapat melihat bahwa dia memiliki tumpang tindih antara membantu anggota tim, membantu orang lain, dan menjadi empatik.

Ellen memutuskan untuk kerajinan perannya saat ini sehingga dia bisa memasukkan unsur-unsur tersebut ke dalam pekerjaannya. Dia mendekati manajernya dan menawarkan untuk pelatih dan mentor anggota tim kurang berpengalaman. Dia bertemu mereka secara teratur, dan membantu mereka mengatasi tantangan dan masalah, banyak yang Ellen alami di awal karirnya.

Tips 1:
Anda juga dapat menggunakan alat-alat seperti Anchors Karir Schein dan Kode Holland untuk mendapatkan wawasan tentang peran dan jenis pekerjaan yang terbaik untuk Anda.

Tip 2:
Anda dapat menggunakan Process MPS dengan tim Anda ketika mengalokasikan tugas dan proyek, dan ketika membantu mereka dengan pengembangan karir. Namun, ini tidak mungkin cocok dalam segala situasi, jadi gunakan penilaian terbaik Anda di sini.

Poin Penting :

MPS Proses ini dikembangkan oleh Dr Tal Ben-Shahar, penulis terlaris dari buku "bahagia."
MPS singkatan Artinya, Kesenangan, dan Kekuatan, dan memberi Anda pandangan yang berguna pada benar-benar membuat Anda bahagia. Hal ini, pada gilirannya, membantu Anda menemukan tugas dan proyek yang menarik dan bermanfaat.

Untuk menggunakan Proses MPS, berpikir tentang apa yang memberi Anda makna dan kesenangan, dan menganalisis kekuatan Anda. Kemudian mengidentifikasi elemen yang tumpang tindih di tiga bidang.

Anda kemudian dapat membentuk pekerjaan atau karir untuk memasukkan unsur-unsur yang tumpang tindih yang paling.



 

Video

Loading...