Laman

AddThis Smart Layers

5.2. Bekerja dengan Tujuan

Membawa arti yang lebih untuk karir Anda


Menemukan kembali tujuan dalam karir Anda.

Apakah ini terdengar akrab? Di hari Senin pagi yang lain, dan meskipun usaha Anda terbaik dan ceria, Anda merasa terseret turun karena Anda lebih dekat ke kantor.

Anda berjalan ke bilik Anda, mengeluh pada rekan kerja Anda, dan Anda meletakkan tas Anda dengan bunyi yang terdengar  seperti pintu sel penjara menutup di belakang Anda.


Ketika Anda duduk, apakah Anda bertanya-tanya apa mungkin seperti untuk benar-benar mencintai apa yang Anda lakukan? Apakah Anda mempertimbangkan kemungkinan untuk bekerja dengan tujuan yang sebenarnya bukan hanya bergerak kertas di atas meja Anda?
Mendesah lagi. Dalam mimpi Anda, kan?

Sekarang ini mungkin terdengar sedikit ekstrim - dan mudah-mudahan Anda tidak pada saat ini belum-tapi percaya atau tidak, MEMANG mungkin untuk mencintai apa yang Anda lakukan dan menemukan tujuan baru dalam tugas sehari-hari Anda. Kami tidak berbicara tentang perubahan karir untuk menjadi instruktur skydiving. Tentu, itu akan menyenangkan, tetapi Anda harus membayar tagihan Anda. 
Tidak, kita sedang berbicara tentang menemukan tujuan dalam apa yang Anda lakukan SEKARANG. 

Bagaimanakah Anda Temukan Tujuan?

Ketika Anda berangkat untuk aktif mencari tujuan dalam hidup Anda, semakin keras Anda mencoba, semakin sulit untuk menemukan dapat.

Ingat mengejar kupu-kupu sebagai seorang anak? Semakin Anda berlari, semakin mereka terbang untuk melarikan diri Anda. Tapi kadang-kadang, ketika Anda hanya duduk di rumput dan mengawasi, mereka akan datang untuk beristirahat di kaki Anda - jika hanya sesaat.

Menemukan tujuan dalam pekerjaan Anda bisa sangat banyak seperti ini. Jangan lari ke depan franticly, mencoba untuk menemukan makna. Sebaliknya, melakukan pencarian, tenang lebih bijaksana. Arti dan tujuan yang Anda cari mungkin datang kepada Anda ketika Anda tidak mengharapkannya.


Tip 1: Ubah Mindset Anda

Menemukan tujuan dalam pekerjaan Anda dapat memiliki banyak hubungannya dengan sikap Anda. Kebahagiaan dan makna sering terjadi ketika Anda berfokus pada sesuatu atau orang lain selain diri sendiri.

Ada sebuah cerita klasik yang menggambarkan hal ini cukup baik.

Seorang pria berjalan di pantai satu hari, dan ia melihat pria lain di depan bertingkah aneh. Saat ia mendekat, ia menyadari orang lain mengambil bintang laut dan melemparkannya kembali ke dalam air. Laut telah terdampar di pasir dengan perubahan pasang surut, dan ada ribuan dari mereka di pantai.

"Jangan kau pikir kau membuang-buang waktu?" tanya orang pertama. "Anda tidak mungkin mengambil semua bintang laut ini. Apa yang Anda lakukan tidak akan ada bedanya."

Orang kedua hanya menatapnya, kemudian melemparkan lagi bintang laut lain ke dalam air. "Aku hanya membuat perbedaan untuk satu itu," jawabnya singkat.

Apa cerita ini menunjukkan kepada kita? Salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar kita adalah untuk membuat perbedaan untuk orang lain. Kita sering jatuh ke dalam perangkap bahwa untuk "membuat perbedaan," tindakan kita harus besar atau substansial. Jika kita tidak bisa menyelamatkan dunia, kita berpikir bahwa kita mungkin juga melakukan apa-apa.

Orang melempar bintang laut ke laut jelas tidak bisa menyimpan semua mereka, tapi ia bisa menyimpan beberapa - dan mereka beberapa, itu membuat semua perbedaan di dunia. Jika kita ingin menemukan tujuan dalam pekerjaan sehari-hari kita, maka kita dapat memulai dengan membuat perbedaan untuk sangat-orang dengan siapa kita berinteraksi setiap hari.

Pikirkan situasi ini:
  • Jika salah satu rekan Anda sedang berjuang dengan sebuah proyek, menawarkan beberapa saran atau mencoba untuk membantu orang melengkapinya.
  • Jika salah satu dari co-worker Anda mengalami hari yang kasar atau akan melalui waktu yang buruk, melakukan sesuatu yang kecil untuk menghibur orang. Ambil rekan kerja untuk makan siang, atau hanya menawarkan secangkir kopi dan mendengarkan masalah nya.
Praktek tindakan kebaikan kecil setiap hari, bahkan jika tak seorang pun akan tahu bahwa kaulah melakukannya. Anda mungkin akan terkejut betapa banyak hal-hal kecil akan berdampak pola pikir Anda dan rasa tujuan.

Tips 2: Periksa Situasi Anda

Ini sangat mudah bagi kita untuk mendapatkan terbungkus dalam kehidupan kita sehari-hari "untuk melakukan" daftar atau proyek besar berikutnya. Kita cenderung untuk fokus ke depan pada apa yang kita TIDAK belum dilakukan, dan kita jarang berhenti untuk melihat kembali apa yang TELAH kita lakukan yang membuat perbedaan.

Simpanlah buku "bermegah," pribadi baik pada komputer Anda atau dalam buku catatan khusus. Gunakan buku ini untuk melacak "baik" hal-hal yang telah Anda lakukan. Tandai kalender Anda, mungkin sebulan sekali, untuk menghabiskan lima menit menambahkan apa yang telah dicapai sejak terakhir yang Anda tulis di dalamnya. Mencoba untuk mengungkapkan apa yang telah Anda lakukan dalam hal hasil dan hasil, bukan kegiatan. Misalnya, Anda bisa menulis "Membantu Helen dengan Proyek Beta seminar" daripada "ruang rapat Memesan dan mengambil notulen rapat untuk Helen."

Dalam hanya beberapa bulan, Anda harus membangun sebuah daftar yang mengesankan yang akan membantu Anda menyadari berapa banyak perbedaan yang telah Anda buat.

Tip 3: Menemukan kembali Apa Sesungguhnya Penting

Ketika Anda mencoba untuk menemukan kembali tujuan dalam karir Anda, Anda perlu memahami apa yang benar-benar penting bagi Anda. Langkah kembali sedikit. itu mungkin untuk melihat bahwa, tidak peduli apa yang Anda lakukan, Anda dapat menggabungkan makna ke dalamnya.

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Apa nilai-nilai Anda?
  • Apa tugas yang Anda lakukan yang benar-benar "lampu Anda up"? Apa yang membuat Anda merasa hidup dan terlibat?
Sebagai contoh, katakanlah Anda bekerja dalam penjualan, dan Anda benar-benar menghargai kejujuran dan membantu orang lain. Pada awalnya glace, bekerja di bidang penjualan tampaknya tidak mungkin untuk menyesuaikan nilai-nilai. Tetapi jika Anda menggali lebih dalam, Anda mungkin menemukan bahwa itu benar-benar tidak.

Tidak peduli apa yang Anda jual, kemungkinan besar bahwa produk Anda entah bagaimana membantu orang. Jika tidak, mungkin tidak akan ada. Sebagian besar produk melayani beberapa inginkan atau butuhkan. Cari tahu apa produk Anda membantu orang.

Jika Anda menjual pakaian, maka pakaian yang membantu orang tetap hangat, atau tampil cantik, atau "membuat pernyataan" tentang diri mereka sendiri. Jika Anda menjual mebel kantor, produk tersebut membantu orang melakukan lebih baik dengan memberikan mereka, nyaman tempat yang praktis untuk bekerja.

Langkah berikutnya adalah untuk membantu orang lain melihat manfaat dari apa yang Anda tawarkan mereka, dan jujur ​​menginformasikan mereka mengapa produk Anda dapat membantu mereka. Alih-alih menjadi "sales-y" dan pergi ke dalam "lapangan," jadilah diri sendiri. Jangan fokus pada bagaimana penjualan ini akan membantu ANDA (misalnya, dengan komisi atau pengakuan dari atasan Anda). Fokus pada bagaimana penjualan ini benar-benar akan membantu pelanggan Anda.

Anda sekarang sudah berubah dari "hanya seorang tenaga penjualan" untuk menjadi jujur, orang yang langsung membantu pelanggan membeli produk yang akan menguntungkan bisnis mereka atau kehidupan sehari-hari.

Ini pergeseran halus, hanya menerapkan nilai-nilai Anda dengan apa yang Anda lakukan setiap hari, dapat membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda merasa tentang pekerjaan Anda.

Tip 4: Terapkan "5 whys" untuk pekerjaan Anda

Tanyakan kepada diri sendiri "Mengapa?" setidaknya lima kali untuk menemukan makna sejati di balik karir Anda. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang latihan ini, baca 5 whys: Cepat Mendapatkan ke Akar Masalah.

Berikut ini adalah contoh. Adam adalah seorang manajer di sebuah stasiun TV kabel. Dia mulai dengan mempertanyakan mengapa ia bahkan memiliki pekerjaan di tempat pertama:
  • Mengapa saya punya pekerjaan?
    Jawaban: Untuk memastikan bahwa rekan kerja saya melakukan pekerjaan mereka dengan benar dan baik.
  • Mengapa harus rekan kerja saya melakukan pekerjaan mereka?
    Jawaban: Sehingga perusahaan TV kabel terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan di daerah kami.
  • Mengapa pelanggan ingin menonton televisi baik?
    Jawaban: Jadi mereka dapat terhibur dan belajar hal baru.
  • Mengapa nasabah ingin belajar hal-hal baru dan dihibur?
    Jawaban: Jadi mereka dapat bersantai setelah hari yang panjang dan menjadi manusia yang lebih baik.
  • Mengapa hal itu?
    Jawab: Karena dengan belajar dan menjadi terhibur, pelanggan dapat menyebabkan lebih penuh, hidup lebih menyenangkan.
Melalui proses ini mempertanyakan, Adam mulai melihat apa yang dia lakukan dengan cara yang sama sekali baru. Ya, dia seorang manajer di sebuah stasiun TV - tetapi pada akhirnya, dia membantu orang hidup lebih baik.

Kebanyakan karir dapat dipecah dengan cara ini. Hanya perlu mempertanyakan apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda melakukannya.


Poin Penting :

Menemukan tujuan dalam karir Anda saat ini adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Ini bukan sesuatu yang akan terjadi dalam semalam. Jika Anda mempertanyakan nilai-nilai Anda, dan jika Anda bersedia untuk melihat apa yang Anda lakukan dengan cara yang baru, Anda dapat menemukan makna dalam pekerjaan Anda. Kadang-kadang bahkan tindakan kecil dapat membuat perbedaan untuk rekan kerja Anda, dan sering kali tindakan ini akan membawa lebih banyak sukacita dan kepuasan bagi Anda daripada orang yang Anda membantu. 




 

Video

Loading...