Laman

AddThis Smart Layers

5. Meningkatkan Pekerjaan Anda


5.1. Menciptakan Kepuasan Kerja
Mendapatkan paling dari pekerjaan Anda.


Kunci untuk kepuasan kerja adalah sikap Anda.

"Cari pekerjaan yang Anda sukai dan Anda menambahkan lima hari untuk setiap minggu."
H. Jackson Brown, Jr


Bagi banyak dari kita, gagasan memiliki pekerjaan yang benar-benar memuaskan - jenis mana pekerjaan tidak merasa seperti bekerja lagi- adalah fantasi murni. Tentu, atlet profesional, petugas patroli ski, dan pro golf mungkin telah menemukan cara untuk melakukan apa yang mereka sukai dan mendapatkan bayaran untuk itu. Tetapi sebenarnya ada seseorang di luar sana yang bermimpi duduk di meja dan kertas pengolahan, atau menonton produk terbang oleh mereka pada ban berjalan, atau bekerja untuk memecahkan masalah orang lain?


Karir mimpi adalah satu hal; kenyataan praktis sering lain. Ketika mereka gembira bertepatan, merebut kesempatan dan menikmatinya! Untungnya, ketika mereka tidak, itu baik untuk mengetahui bahwa adalah mungkin untuk mendapatkan kepuasan kerja dari pilihan praktis dari karir. Kepuasan kerja tidak harus berarti mengejar uang ultra-glamor atau membuat dari hobi Anda. Anda dapat bekerja pada kepuasan kerja, dan menemukan di tempat yang tak terduga ...

Inti dari kepuasan kerja adalah sikap dan harapan Anda, itu lebih tentang bagaimana Anda mendekati pekerjaan Anda dari tugas yang sebenarnya Anda lakukan. Apakah Anda bekerja di pertanian, jalur produksi, di kantor sudut atau di lapangan basket, rahasianya adalah untuk memahami kunci bahan dari resep unik Anda untuk kepuasan kerja. 

Mengidentifikasi pemicu kepuasan Anda

Ada tiga pendekatan dasar untuk bekerja: apakah itu pekerjaan, karier, atau gairah? Tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda di sekarang, hal-hal yang memberikan Anda kepuasan akan bervariasi. 

  • Jika Anda bekerja di JOB, aspek kompensasi posisi mungkin akan terus menarik lebih dari apa pun, dan memiliki dampak terbesar pada apakah Anda tinggal atau pergi.
  • Jika Anda bekerja di KARIR, Anda mencari promosi dan kesempatan pengembangan karir. Kepuasan menyeluruh Anda biasanya dikaitkan dengan status, kekuasaan, atau posisi.
  • Jika Anda bekerja di GAIRAH, kerja itu sendiri adalah faktor yang menentukan kepuasan Anda, terlepas dari uang, prestise, atau kontrol.
Tak pelak lagi, ini adalah generalisasi, dan Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda mendapatkan kepuasan dari lebih dari satu pendekatan untuk bekerja. Menjadi menyadari jenis pekerjaan yang Anda lakukan, dan hal-hal yang Anda butuhkan untuk kepuasan kerja, akan membantu Anda untuk mengidentifikasi dan menyesuaikan harapan kepuasan Anda sesuai. 

Membangun kepuasan kerja

Sekali Anda telah mengidentifikasi campuran status, kekuasaan, atau kesenangan intrinsik yang perlu hadir dalam pekerjaan Anda bagi Anda untuk merasa puas, maka Anda perlu untuk bekerja pada beberapa tujuh kita 'bahan' untuk pekerjaan memuaskan. Bahan-bahan ini:
  • Kesadaran diri
  • Tantangan
  • Berbagai
  • Sikap Positif
  • Mengetahui pilihan Anda
  • Seimbang gaya hidup
  • Rasa tujuan

Kesadaran diri

Langkah pertama dalam mencari kepuasan kerja adalah untuk mengenal diri sendiri. Jika Anda menjadi bahagia dan sukses, Anda perlu memahami kekuatan dan kelemahan Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi apa jenis profesi akan memungkinkan Anda untuk membangun kekuatan itu, dan meminimalkan kelemahan-kelemahan. Sebuah kerangka kerja yang bermanfaat untuk melakukan jenis analisis adalah analisis SWOT Pribadi

Sulit untuk merasa puas dengan sesuatu yang tidak sangat baik, jadi daripada menghabiskan waktu menghukum diri Anda tentang hal itu, mengambil melihat keras panjang pada hal-hal di mana Anda unggul, dan mencoba untuk menemukan posisi yang menggunakan beberapa keterampilan juga.

Lain komponen penting dari kesadaran diri adalah memiliki pemahaman yang baik tentang ciri-ciri kepribadian dan gaya pilihan Anda bekerja. Sebuah alat yang berguna untuk ini adalah Jangkar Karir Schein , yang membantu Anda memahami apa yang Anda nilai dan apa yang memotivasi Anda dalam karir Anda, (dan juga apa yang tidak Anda nilai, dan apa de-memotivasi Anda). 



Untuk informasi lebih lanjut tentang beberapa kepribadian yang paling sering digunakan dan tipologi perilaku, situs MindTools memiliki artikel pada Myers Briggs dan Kode Holland . Ini juga menyediakan link ke alat penilaian seperti Mapp Assessment serta seperangkat alat penilaian pada Menganalisis Karir.




Dengan meningkatkan kesadaran diri, Anda dapat bekerja ke arah perpaduan ideal kompensasi, status, dan penghargaan intrinsik yang cocok untuk anda, dan bahwa Anda secara realistis dapat mencapai. Mengetahui hal ini akan membantu Anda untuk menetapkan tujuan yang tepat, dan mengelola harapan Anda sendiri.

Semakin besar pertandingan antara preferensi Anda dan persyaratan pekerjaan, semakin potensial untuk kepuasan pekerjaan yang Anda miliki. 'Bahan' tersisa enam menentukan berapa banyak potensi yang Anda benar-benar mencapai. 

Tantangan

Beberapa hari Anda mungkin menolak, tapi kita semua berkembang pada tantangan yang menarik. Apakah ini berarti pekerjaan Anda harus kepala teknik di NASA? Tidak, hal yang berbeda tantangan orang yang berbeda pada waktu yang berbeda. Anda hanya perlu mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak membiarkan diri Anda untuk pergi basi di tempat kerja.

Bahkan jika pekerjaan itu sendiri adalah tidak semua yang menantang, Anda dapat membuatnya menantang. Beberapa ide besar di sini mencakup: 

  • Menetapkan standar kinerja untuk diri sendiri - bertujuan untuk mengalahkan rekor sebelumnya Anda, atau mendirikan sebuah kompetisi persahabatan antar rekan kerja.
  • Mengajar orang lain keterampilan Anda - tidak ada yang lebih menantang, atau bermanfaat, daripada melewati keterampilan dan pengetahuan kepada orang lain.
  • Mintalah tanggung jawab baru - ini akan memberi Anda kesempatan untuk meregangkan diri sendiri.
  • Memulai atau mengambil sebuah proyek yang menggunakan keterampilan yang Anda ingin menggunakan, atau ingin meningkatkan.
  • Berkomitmen untuk pengembangan profesional - mengambil kursus, membaca buku atau majalah perdagangan dan menghadiri seminar. Namun Anda melakukannya, tetap segar dan keterampilan Anda saat ini.

 

Berbagai

Erat berhubungan dengan kebutuhan untuk tantangan adalah kebutuhan untuk meminimalkan kebosanan. Kebosanan adalah penyebab umum ketika datang ke ketidakpuasan kerja. Bila pikiran Anda bosan Anda kurang minat dan antusiasme dan bahkan pekerjaan cocok menjadi tidak memuaskan. Beberapa metode umum untuk mengurangi kebosanan di tempat kerja meliputi:
  • Palang melatih dan belajar keterampilan baru.
  • Mintalah untuk dipindahkan ke tugas baru atau departemen yang membutuhkan keterampilan yang sama.
  • Mintalah untuk bekerja shift yang berbeda.
  • Sukarelawan untuk melakukan tugas baru.
  • Dapatkan terlibat dengan kerja komite.
  • Ayo cuti diperpanjang, atau mengambil cuti.



Tips 1:
Jika pekerjaan Anda secara inheren berulang-ulang kemudian menambah variasi dengan mengubah rutinitas Anda. Alih-alih duduk di ruang makan untuk istirahat, pergi ke luar, atau reposisi meja Anda sehingga Anda memiliki pemandangan yang berbeda.

Tips 2:
Semua pekerjaan memiliki unsur-unsur atau tugas yang membosankan, dan jika Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik, Anda akan perlu melakukan tugas-tugas dengan baik (Anda bisa bertaruh ada hal-hal bahkan CEO Anda tidak suka melakukan!) Namun, membuat yakin ada banyak pekerjaan yang menarik untuk mengimbangi kebosanan.


 

Sikap Positif

Sikap memainkan peran besar dalam bagaimana Anda memandang pekerjaan Anda dan kehidupan Anda secara umum. Jika Anda mengalami depresi, marah atau frustrasi, Anda jauh lebih mungkin puas dengan apa pun. Membuat perubahan ke sikap positif adalah sebuah proses kompleks yang membutuhkan banyak pekerjaan dan komitmen yang kuat. Namun, seiring waktu, Anda dapat mengubah dialog internal Anda di sekitar dan mulai melihat peristiwa yang paling dalam hidup Anda sebagai positif dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips:
  • Hentikan pikiran negatif dari memasuki otak Anda.
  • Membingkai ulang pikiran Anda ke positif.
  • Masukkan peristiwa sehari-hari dalam konteks yang benar.
  • Jangan terpaku pada kemunduran.
  • Berkomitmen untuk melihat hambatan sebagai tantangan.
  • Menerima bahwa kesalahan hanya kesempatan untuk belajar.
  • Menjadi optimis .
Untuk membantu Anda dengan pencarian Anda untuk menjadi positif, MindTools memiliki artikel yang berguna berjudul Kesadaran Pikiran, Berpikir Rasional dan Berpikir Positif , yang membantu Anda untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir negatif dan tidak bahagia 

Tahu Pilihan Anda

Ketika Anda merasa terjebak, Anda dapat mulai untuk mendapatkan cemas. Pada awalnya Anda bertanya-tanya apa lagi yang di luar sana untuk Anda. Ini berkembang ke titik di mana Anda menjadi yakin bahwa apa pun selain pekerjaan yang Anda lakukan ini harus lebih memuaskan. Untuk mengatasi hal ini, terus menerus memindai lingkungan Anda untuk kesempatan. Ketika Anda merasa Anda memiliki pilihan, Anda memiliki kontrol lebih. Ketika Anda membuat pilihan positif untuk tinggal dengan pekerjaan, pekerjaan yang memiliki daya tarik lebih banyak daripada jika Anda merasa dipaksa untuk tinggal karena Anda merasa tidak memiliki alternatif.
  • Menyimpan daftar prestasi Anda.
  • Perbarui resume Anda secara teratur.
  • Tetap up to date pada tren pekerjaan.
  • Penelitian lain pekerjaan yang Anda minati.
  • Mengadopsi "Aku menjaga pilihan saya terbuka 'pendekatan.

 

Menjaga Gaya Hidup Seimbang

Anda akan telah mendengar banyak kali yang Anda butuhkan untuk menjaga kehidupan Anda dan bekerja dalam keseimbangan. Ketika Anda berfokus terlalu banyak pada satu dengan mengorbankan yang lain Anda berisiko menempatkan seluruh sistem Anda dalam kesulitan. Ketika pekerjaan mengambil alih hidup Anda, mudah untuk membenci dan kehilangan rasa perspektif: Tiba-tiba segala sesuatu tentang hidup Anda diselimuti dengan negatif.

Para Karir Kehidupan Pelangi dan Roda Kehidupan adalah dua alat yang bagus untuk digunakan ketika mencari untuk mencapai dan mempertahankan keseimbangan kehidupan kerja yang sesuai. 

Cari Rasa Tujuan

Terakhir, tetapi tentu tidak sedikit (bagi banyak orang) adalah kebutuhan untuk menemukan rasa tujuan dalam hal yang Anda lakukan. Bahkan jika Anda memiliki pekerjaan yang membosankan, itu banyak membantu jika Anda dapat melihat manfaat nyata yang Anda berikan untuk orang-orang.

Bahkan pekerjaan yang paling biasa biasanya memiliki tujuan jika Anda menggali cukup dalam. Dan jika tidak, sebaiknya Anda membuang-buang hidup Anda melakukannya?
Jika Anda berjuang untuk melihat nilai dalam apa yang Anda lakukan (atau jika Anda ingin mempertajam gambar Anda itu) lihat artikel kami pada pernyataan misi dan pernyataan visi: Unleashing Kekuatan Tujuan


Poin Penting :

Pekerjaan memainkan peran penting dalam kehidupan kita. Dalam pencarian kita untuk menjadi bahagia dan produktif, memiliki rasa yang kuat dari kepuasan kerja adalah penting. Bila Anda tidak puas dengan pekerjaan Anda, ini cenderung memiliki pengaruh pada keseluruhan pandangan Anda terhadap kehidupan. Meskipun Anda mungkin tidak dalam karier impian Anda sekarang, masih tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa apa yang Anda lakukan adalah memuaskan Anda.

Dengan mengetahui elemen-elemen kunci yang masuk ke kepuasan kerja, Anda dapat memilih untuk mengambil kendali dan membuat perubahan yang Anda butuhkan untuk merasa benar-benar puas dan termotivasi oleh apa yang Anda lakukan. Membuat satu perubahan kecil pada kerja hari ini yang membuat Anda merasa baik atau berbeda - membangun perubahan itu dan menciptakan lingkungan yang memuaskan untuk diri sendiri.





 

Video

Loading...