Laman

AddThis Smart Layers

1.6. Kata-kata digunakan masuk .. Proyek dan Manajemen Program

Penataan Proyek merupakan Bagian dari Program
 

Project management dan Program manajemen adalah istilah yang akrab dalam kebanyakan bisnis dan industri. Namun istilah-istilah, dan kata-kata spesialis lain di lapangan, dapat berarti hal berbeda untuk orang yang berbeda. Seringkali, ini adalah karena orang mengambil istilah-istilah ini dan mulai menggunakan mereka, tanpa pernah benar-benar memahami ide-ide di belakang mereka. Hal ini dapat menyebabkan banyak kebingungan!



"Kata-kata" pada halaman Perangkat Pikiran ini dirancang untuk membantu Anda menavigasi jalan Anda 'berbicara' melalui ranjau proyek dan program manajemen : menyediakan daftar istilah referensi kata-kata yang umum digunakan dalam bidang proyek dan program manajemen, dengan definisi yang khas.

Jika organisasi Anda menggunakan metodologi manajemen proyek yang spesifik, selalu mengacu pada metodologi spesifik glossary  Anda.

Ini "Kata-kata" yang mencakup ketentuan sebagai berikut:



Baseline

Rencana proyek disetujui awal (termasuk ruang lingkup, anggaran dan jadwal). Kemajuan proyek dipantau terhadap baseline, dan setiap perubahan rencana yang dinyatakan relatif terhadap baseline.

Kasus Bisnis

Kasus bisnis menetapkan manfaat proyek ini dirancang untuk memberikan, bagaimana ia akan mencapainya, berapa biaya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Hal ini biasanya diproduksi dalam dua tahap: Kasus Bisnis awal digunakan untuk mendapatkan persetujuan prinsip untuk proyek tersebut. Setelah ini dijamin, tanggung jawab pertama proyek manajer akan mengembangkan kasus bisnis yang lengkap, termasuk pengaturan biaya rinci dan jadwal. Biasanya, hal ini juga harus disetujui oleh kelompok manajemen senior sebelum proyek bisa pergi ke depan.

CARDI Log
Sebuah catatan Log CARDI Kendala, Asumsi, Resiko, Dependensi dan Isu yang berkaitan dengan proyek. Untuk setiap jenis, biasanya akan menunjukkan siapa mengidentifikasi kendala, asumsi, risiko, ketergantungan atau masalah, siapa yang bertanggung jawab untuk mengelola itu, dan tindakan yang sedang diusulkan atau diambil.

Dari lima bagian log, Log Risiko ini umumnya paling digunakan. Risiko merupakan potensi masalah: sebaliknya, masalah adalah resiko yang sebenarnya telah terjadi.

Change Control

Jika perubahan perlu dilakukan untuk beberapa aspek rencana proyek baselined, dokumen Pengendalian Perubahan harus diisi, dan disetujui. Ini akan mencatat pembenaran untuk perubahan, yang menyetujuinya, dan dampak perubahan memiliki biaya dan jadwal. Menyetujui perubahan yang berkumpul di Change Log.

Cost Plus Pricing

 
CostPlus Pricing adalah bentuk harga kontrak di mana kontraktor menghitung harga pekerjaan berdasarkan biaya, ditambah biaya tetap atau (lebih biasanya) biaya persentase. Bentuk harga menarik bagi kontraktor karena membatasi resiko bagi mereka. Ini biasanya kurang menarik bagi manajer proyek karena membuat anggaran sulit, dan berarti bahwa proyek risiko biaya tambahan jika rentang waktu yang diperpanjang, atau jika peralatan tambahan yang perlu dibawa masuk Cost Plus Pricing sangat berisiko bagi manajer proyek karena kontraktor tidak termotivasi dengan cara apapun untuk bekerja dengan cepat atau efisien (pada kenyataannya, itu incentivizes kontraktor untuk memperpanjang proyek.)

Crash

Ketika jadwal proyek secara keseluruhan perlu dikurangi, dan itu diterima dikenakan biaya ekstra untuk melakukan hal ini, jalur proyek kritis adalah "crash" atau disingkat allotting sumber daya tambahan untuk kegiatan utama di atasnya.

Critical Path


Selama proyek, banyak kegiatan berlangsung pada waktu yang sama. Namun beberapa kegiatan harus dilakukan secara berurutan. Jalur kritis suatu proyek adalah urutan tugas yang mendefinisikan kemungkinan durasi minimum proyek. Penundaan dalam salah satu kegiatan pada jalur kritis akan menunda penyelesaian proyek.

Eskalasi

Jika terjadi masalah dalam sebuah proyek yang orang yang bertanggung jawab tidak bisa menyelesaikan, itu meningkat sampai proyek atau program hirarki manajemen hingga mencapai seseorang yang bisa mengotorisasi solusi.

Harga Tetap

Suatu bentuk kontrak harga di mana harga yang telah disepakati sebelumnya dengan kontraktor untuk pengiriman karya tertentu. Manajer proyek seperti bentuk harga karena memungkinkan mereka untuk mengendalikan biaya proyek mereka. Kontraktor tidak menyukainya karena mereka berisiko membuat kerugian jika keadaan tak terduga berarti bahwa mereka harus melakukan pekerjaan lebih dari yang mereka harapkan, atau jika mereka telah di bawah-memperkirakan jumlah pekerjaan yang akan diperlukan untuk memberikan di tempat pertama. Akibatnya, harga dikutip untuk kontrak harga tetap dapat meningkat untuk menutupi risiko ini.

Gantt Chart

Sebuah Gantt Chart adalah alat perencanaan yang membantu manajer proyek mengatur dan menjadwalkan tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam sebuah proyek. Hal ini juga dapat membantu manajer berkomunikasi jadwal ini.

Gate

Banyak proyek besar dibagi menjadi tahapan seperti investigasi, pengembangan, pengujian, dan pembebasan. Ada sebuah gate sebelum setiap tahapan, dan manajer proyek akan memutuskan kapan proyek siap untuk dilaksanakan melalui gate itu, sehingga tahap berikutnya dapat dimulai.

Milestones

Milestones adalah poin utama prestasi, atau kejadian yang signifikan dalam proyek yang lebih besar. Mereka biasanya dimonitor dalam Laporan Milestone Proyek.

PERT Chart


PERT diagram secara visual seperti grafik Analisis Critical Path, tetapi mereka mencoba untuk memperkirakan waktu yang setiap aktivitas akan mengambil lebih akurat dengan menggunakan rumus untuk menghitung durasi aktivitas yang paling mungkin berdasarkan waktu sesingkat mungkin dan terpanjang serta waktu yang diharapkan.

Estimasi waktu merupakan isu utama dalam manajemen waktu, dan ada kecenderungan untuk orang di bawah perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Penggunaan PERT membantu orang untuk mengambil perkiraan waktu yang lebih baik.

PMBOK

Project Management Body of Knowledge (PMBOK) adalah standar yang diakui secara internasional untuk proyek praktik manajemen dan informasi. Hal ini diterbitkan oleh Project Management Institute, yang berbasis di AS.

Pasca Pelaksanaan Ulasan (PIR)

Sebuah PIR adalah review yang dilakukan beberapa bulan setelah proyek ditayangkan untuk menilai apakah atau tidak telah memberikan keuntungan bisnis outputnya dirancang untuk memberikan.

PRINCE2


Berdiri untuk Proyek di Lingkungan Controlled, PRINCE2 mungkin adalah metodologi manajemen proyek yang paling banyak digunakan. Awalnya dikembangkan untuk digunakan dengan proyek-proyek TI di sektor publik di Inggris, tetapi sekarang digunakan di seluruh dunia di berbagai industri sektor swasta juga.

Program

Satu set proyek yang terkait. Sementara proyek yang terbatas dalam durasi, program sering berlangsung - misalnya, sebuah program pengembangan produk baru.

Program Manager


Orang yang bertanggung jawab dari sebuah program.

Analis Proyek

Seseorang yang mendukung Project Manager dari proyek yang lebih besar dengan melakukan penelitian, penyusunan dokumen, dan pelacakan anggaran dan jadwal.

Charter Proyek

Charter proyek disusun pada awal siklus hidup proyek, dan berangkat: tujuan keseluruhan dan lingkup proyek, dan nama-nama sponsor, stakeholder utama, dan manajer proyek yang diusulkan. Mereka sering diperlukan selama tahap pertama mendapatkan persetujuan untuk proyek tersebut.

Proyek Dashboard


Sebuah dashboard proyek adalah laporan yang sangat visual menunjukkan kemajuan proyek dalam program. Mereka adalah paling berguna ketika dikeluarkan secara teratur - biasanya setiap minggu, dan sangat berguna untuk Program Manajer dan sponsor.

Proyek Inisiasi Dokumen (PID)

Dibuat pada awal siklus hidup proyek, PID adalah panduan untuk proyek, jelas meletakkan pembenaran untuk sebuah proyek, apa tujuannya akan, dan bagaimana proyek akan diselenggarakan. Ini akan membantu memastikan bahwa semua orang tahu apa yang terjadi di sebelah kanan dari awal. Hal ini lebih rinci daripada Charters Proyek, dan akan berisi Proyek Kasus Bisnis rinci serta rencana proyek awal. Hal ini dihasilkan setelah proyek telah disetujui.

Manajer Proyek

Orang yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proyek dikirimkan ke spesifikasi, tepat waktu, dan sesuai anggaran. Manajer proyek harus mengkoordinasikan kegiatan dari banyak spesialis.

Mandat Proyek

Dokumen yang biasanya memicu proyek. Hal ini dihasilkan oleh manajer senior. Biasanya mengacu pada apa proyek perlu mencapai dan bagaimana hal itu cocok ke dalam strategi keseluruhan. Ini biasanya mengidentifikasi kendala-kendala utama dan batas-batas ruang lingkup. Ini juga termasuk satu kasus bisnis garis atau alternatif pengembangan kasus ini bisnis awal mungkin menjadi tugas pertama yang diperlukan sebelum proyek sepenuhnya disetujui untuk implementasi.

Kantor / Proyek Program Office

Dalam proyek-proyek dan program yang lebih besar, sering ada Program Office, dikelola oleh Program Office Manager, dan mungkin administrator dan bahkan akuntan juga. Fungsi kantor Program mengkonsolidasikan laporan kemajuan secara teratur dari manajer proyek individual untuk Program Manager, memelihara sebuah database pusat dokumen proyek, gulungan keluar dan memaksa template dokumen yang konsisten dan format, dan melakukan tugas-tugas administrasi lainnya terpusat untuk mendukung staf proyek.

Sponsor proyek

"Juara" proyek, yang menginginkan proyek dimaksudkan menghasilkan keuntungan untuk meningkatkan bagian dari organisasi yang dia bertanggung jawab.

Status RAG

RAG adalah singkatan dari Red-Green-Amber dan menggambarkan status proyek atau bagian dari proyek pada Dashboard Proyek.

Risiko Masuk - Lihat CARDI Log

Scope


Luasnya proyek apa yang dirancang untuk melakukan. Ini meliputi fungsi, sistem, interface, proses, departemen dan pemangku kepentingan eksternal (seperti pemasok dan pelanggan). Serta menyatakan apa yang termasuk dalam proyek dan batas-batasnya, kadang-kadang membantu untuk menentukan hal-hal tertentu yang berada di luar ruang lingkup proyek juga. Proyek yang menderita "scope creep" sangat mungkin melebihi jadwal semula mereka dan anggaran.

Slippage

Ini adalah jumlah waktu proyek, atau kegiatan dalam proyek berada di belakang jadwal.

Stakeholder

Stakeholder adalah kelompok atau individu yang memiliki kepentingan dalam hasil proyek, meskipun bunga yang masing-masing kelompok memiliki biasanya khusus untuk mereka. Stakeholder yang khas dapat mencakup pemegang saham, pelanggan, pemasok, mitra aliansi, dan anggota tim proyek. Stakeholder Manajemen dapat menjadi bagian yang sangat penting dari seorang manajer proyek dan pekerjaan proyek sponsor.

Waktu dan Harga Material

Suatu bentuk harga yang sama untuk Biaya Plus Pricing mana pekerjaan dilakukan dibebankan sesuai dengan jumlah waktu yang dihabiskan di atasnya dan biaya bahan yang digunakan.

Proyek turnkey

Nama "turnkey" berasal dari ide bahwa sponsor proyek hanya dapat "memutar kunci" pada proyek yang kemudian disampaikan "menyalakan". Proyek turnkey sering merupakan bagian dari program yang lebih besar - misalnya, seorang pengembang properti mungkin menyerahkan pipa atau penyediaan soft furnishing dari pembangunan untuk kontraktor eksternal. Pengembang akan mengharapkan semua aspek pekerjaan yang akan berfungsi penuh ketika tukang ledeng atau pemberi sub-proyek itu selesai.

Struktur Perincian Kerja (WBS)

Sebuah Struktur Perincian Kerja membagi tugas proyek besar menjadi potongan-potongan dikelola lebih dari pekerjaan, atau tindakan. Ini kemudian dapat dialokasikan untuk tim atau individu menggunakan Responsibility Assignment Matrix.





 

Video

Loading...