Laman

AddThis Smart Layers

Sepuluh personal yang mencari Fasilitor

Ada ton alasan mengapa sesi brainstorming yang paling menyedot, tetapi alasan utama adalah fasilitator brainstorming - polos dan sederhana. Bersenjata dengan beberapa groundrules, penanda flipchart, dan mantra bahwa "tidak ada hal seperti ide yang buruk," paling brainstorm fasilitator meninggalkan peserta sepenuhnya underwhelmed. Alasannya tidak terlalu terkait dengan "proses" brainstorming pemimpin daripada itu kepribadian mereka - atau kekurangan itu.


Dalam upaya untuk menjadi satu-menunjuk, mereka menjadi satu-dimensi, kehilangan sejumlah peluang untuk mengkatalisis jenius kolektif kelompok. 


Memang, mereka akan melakukannya dengan baik untuk memperhatikan kata-kata penyair besar Amerika, Walt Whitman, ketika dia menyatakan bahwa dia "berisi orang banyak." Hal yang sama berlaku untuk cerdas brainstorming fasilitator. Atau bisa jika mereka hanya menyerahkan diri izin lebih untuk menjadi multi-faceted dan melenturkan untuk saat ini. 


Terjemahan? Jangan menjadi kuda poni trik satu. Jika Anda akan memainkan peran brainstorming fasilitator dan memimpin kelompok melalui proses ideation berguna, banyak yang. Biarkan rip. Menggantung sepuluh. Gunakan otak kanan dan kiri. Biarkan semua kucing Anda berada di luar kantong pepatah ... dan dengan demikian, secara eksponensial meningkatkan kesempatan Anda yang benar-benar membuat perbedaan. 

OK. Cukup semangat bicara. Luangkan beberapa menit sekarang untuk menilai diri sendiri, pada skala 1-10, untuk berapa banyak ANDA cenderung memanifestasikan "personas dari brainstorming fasilitator" berikut pada sesi brainstorming berikutnya Anda memimpin. Kemudian fokus pada tiga nilai terendah Anda dan tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat Anda lakukan untuk membawa lebih banyak dari mereka kualitas untuk menanggung dalam sesi Anda.

1. Konduktor
Seorang fasilitator brainstorming terampil tahu bagaimana untuk mengatur output yang kuat kreatif dari sekelompok orang yang tampaknya disonan. 

Dalam modus konduktor, fasilitator memastikan untuk memasukkan semua orang, bahkan membangkitkan kontribusi halus dari anggota paling berpengalaman dan menunjukkan komitmen mereka untuk keseluruhan dengan menawarkan umpan balik segera kepada siapa saja yang cenderung "tersesat dalam lagu mereka sendiri". 

 

2. Ahli alkimia

Seorang fasilitator yang baik brainstorming mampu mengubah timah menjadi emas - atau dalam istilah modern - tahu bagaimana membantu orang "bisa memimpin keluar". 

Bakat ini membutuhkan unsur sihir - kemampuan untuk melihat tanpa melihat, merasa tanpa menyentuh, dan secara intuitif tahu bahwa dalam setiap kehidupan brainstormer jenius tersembunyi hanya menunggu untuk keluar.

 

3. Penari

Cahaya pada kaki mereka, brainstorming fasilitator bergerak dengan anggun melalui proses memicu ide-ide. 

Mampu untuk pergi dari "cha-cha" ke "polka" ke darwis berputar berputar dari kelompok brainstorming di atas api, fasilitator tercerahkan bersedia mengambil langkah-langkah berani jika diperlukan, bahkan ketika tidak ada tanah di bawah kaki terlihat. "Jalur ini dibuat dengan berjalan di atasnya", adalah motto mereka.

 

4. Mad Scientist

Sebuah eksperimen bersemangat, fasilitator brainstorming sering mengambil pada tampilan (tapi grandfatherly) gila seorang Einstein di panas.  
Sementara menghormati alam logika dan rasional - tanah di mana kebanyakan ilmuwan membangun rumah mereka - fasilitator tercerahkan bersedia untuk membuang semuanya keluar jendela dengan harapan memicu "kecelakaan bahagia" atau lompatan kuantum imajinasi. 
Memang, seringkali non-linier momen yang menghasilkan jenis pemikiran terobosan yang hanya dapat menjelaskan logika, pernah benar-benar mendatangkan sendiri.

5. Diamond Cutter

Sepenuhnya mengakui permata berharga dari imajinasi manusia (serta kelezatan diperlukan untuk mengatur itu gratis) fasilitator terampil brainstorming adalah pengrajin par excellence. Fokus. Tepat. Dedicated. 

Mampu sampai ke inti masalah dalam satu pukulan tanpa meninggalkan apa pun atau siapa pun yang rusak dalam proses.


 

6. Aktor

Brainstorm fasilitator "di panggung" apakah mereka suka atau tidak. Semua mata pada mereka, serta semua tinjauan kritis potensi kemanusiaan mungkin. 

Lebih sering daripada tidak, "penonton" fasilitator hanya akan dipindahkan untuk bertindak (barangkali untuk bermimpi) jika mereka percaya fasilitator benar-benar dalam nya atau perannya. 

Jika penonton tidak menangguhkan semacam ini percaya, bermain akan tutup lebih awal dan semua orang akan berharap mereka kembali ke rumah menonton TV.

7. Environmentalis

Brainstorm fasilitator adalah daur ulang asli. Dalam pengejaran tanpa henti mereka menemukan nilai dalam imajinasi manusia, mereka buang apa-apa. 

Tidak berpikir, tidak tahu, tidak ada firasat kemungkinan adalah "sampah" tanpa diakui untuk beberapa penggunaan alternatif, beberapa kemungkinan yang sebelumnya tidak terdeteksi. 

Untuk fasilitator tercerahkan, tidak ada hal seperti ide yang buruk, hanya ide-ide yang kegunaannya belum sepenuhnya dieksplorasi.

8. Petugas Hukum

Ini adalah salah satu pekerjaan brainstorming fasilitator paling penting untuk menegakkan hukum dan ketertiban setelah kelompok mendapat menderu di jalan raya terbuka imajinasi. 

Ini adalah seni rupa - untuk di wilayah mempercepat didorong, seperti menerobos lampu merah, menyeberang jalan, dan kadang-kadang melanggar dan masuk. Sama seperti pencuri memiliki kode kehormatan mereka, bagaimanapun, jadi juga harus brainstormers. 

Ini adalah tugas fasilitator untuk menjaga kode ini utuh - tugas yang dibuat jauh lebih mudah dengan ritual menyatakan aturan dasar di awal sesi, dan penguatan periodik mereka sebagai hasil sesi.

9. Pelayan

Beberapa brainstorming fasilitator, mabuk oleh energi kelompok dan imajinasi mereka sendiri baru dirangsang, menggunakan posisi mereka sebagai cara untuk menyelinapkan ide-ide mereka pada orang lain - atau lebih buruk, memanipulasi kelompok menjadi cara berpikir mereka. 

Ups! Brainstorm memfasilitasi adalah layanan, bukan sebuah platform pribadi. 
Hal ini seharusnya menjadi suatu tindakan egois yang memungkinkan orang lain untuk sampai pada solusi mereka sendiri - tetapi mereka mungkin berbeda dari fasilitator.

10. Stand-up Comedian

Humor adalah salah satu alat fasilitator brainstorming yang paling kuat. Larut batas, membantu peserta melepaskan diri, dan pergeseran perspektif hanya cukup untuk mendorong semua orang untuk membuka mata mereka untuk cara berpikir yang baru. 

Fasilitator terlatih selalu waspada terhadap tanggapan lucu. Mereka tahu humor yang sering sinyal beberapa ide yang paling menjanjikan, dan bahwa tawa, tawa, dan bicara sisi menggelikan sering menunjukkan vena yang kaya ide untuk mengeksplorasi. 

Humor juga membuat fasilitator lebih "menyenangkan" yang membuat kelompok lebih setuju ke arah fasilitator sebagai hasil sesi. Pernah bertanya-tanya mengapa kata "Aha!" dan "Ha-Ha" yang begitu mirip?

Video

Loading...