Laman

AddThis Smart Layers

12 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori Anda

Di bawah ini Anda akan menemukan 12 cara mudah untuk meningkatkan memori Anda dengan menggunakan beberapa teknik menghafal dasar dan pengetahuan tentang bagaimana otak bekerja.  


1) Berkaitan dengan Apa yang Anda Sudah Ketahui
Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan memori Anda, hanya untuk memahami apa yang Anda mencoba mengingat dengan menghubungkannya dengan apa yang Anda sudah tahu. 
 
Otak menciptakan kenangan yang paling mudah ketika itu mampu menghubungkan potongan serupa informasi bersama-sama.

Misalnya, jika Anda bertemu seseorang dan namanya Bozar, maka bukannya mencoba mengingat nama itu dengan mengulangi hal itu lagi dan lagi, Anda bisa memikirkan sesuatu untuk menghubungkannya dengan nama itu

Jika anjing Anda bernama Bozar, maka akan mudah bagi Anda untuk mengingat nama itu karena itu sudah akrab bagi Anda. Jika Anda tidak bisa memikirkan sesuatu yang persis sama, memikirkan sesuatu yang lain yang terkait dalam beberapa cara. 





 2) Jadilah Tertarik 

Semakin tertarik bahwa Anda berada di sesuatu, semakin Anda akan menikmati melakukannya dan akan lebih mudah bagi Anda untuk mengingatnya. Kebalikan dari ini juga benar. Bunga kurang Anda miliki dalam sesuatu, semakin sulit akan bagi Anda untuk mengingatnya. 

Rasa ingin tahu memotivasi Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang sesuatu, dan biasanya didorong oleh manfaat yang dirasakan atau keuntungan yang Anda ingin mendapatkan.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan memori Anda, cobalah untuk menjadi tertarik pada apa pun yang Anda mencoba untuk menghafal. 

Beberapa hal yang akan secara alami tertarik, dan lain-lain Anda tidak akan. Untuk yang terakhir, cobalah untuk memikirkan alasan mengapa itu akan bermanfaat untuk mempelajari sesuatu meskipun Anda mungkin merasa sulit atau membosankan dapat dilakukan. 

Alasan yang saya ingin menggunakan yang memicu minat saya pada apa saja, adalah bahwa informasi baru dan pengalaman yang baik untuk kesehatan otak, terutama hal-hal yang sulit atau sulit untuk dilakukan.  


3) Pikirkan Secara Mendalam 

Semakin Anda berpikir tentang sesuatu yang semakin besar kemungkinan Anda untuk menghubungkannya ke hal-hal yang Anda sudah tahu. 
 
Anda biasanya akan menemukan bahwa hal-hal yang Anda ingat dengan baik adalah hal-hal yang Anda berpikir mendalam tentang. 

Jadi jika Anda menemukan beberapa informasi dan hanya skim atas itu tanpa benar-benar berpikir tentang hal itu, maka kemungkinan Anda tidak akan mengingatnya untuk waktu yang lama. 

Jadi gunakan otak Anda dan benar-benar berpikir tentang apa yang Anda mencoba untuk mengingat, karena banyak yang Anda lakukan, semakin baik memori Anda akan. 

Cara yang baik untuk berpikir tentang sesuatu yang lebih mendalam adalah dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan tentang hal itu dan kemudian menjawabnya. 


4) Keinginan Mengingat Untuk Waktu yang Lama

Yang lebih penting bahwa sesuatu adalah untuk Anda,semakin lama Anda akan mengingatnya untuk. 
 
Ada dua jenis utama dari memori. Hal-hal yang Anda ingat dalam jangka pendek, dan hal-hal yang Anda ingat dalam jangka panjang. Tapi apakah Anda tahu bahwa berapa lama Anda ingin mengingat sesuatu untuk benar-benar dapat mempengaruhi berapa lama Anda ingat itu? 

Misalnya, jika Anda belajar sesuatu tapi hanya ingin belajar untuk ujian, maka Anda akan ingat untuk ujian dan kemudian melupakannya segera setelah itu. 

Namun, jika Anda berniat untuk mengingat sesuatu untuk waktu yang lama, maka Anda cenderung untuk melakukannya karena otak akan melihat bahwa informasi yang penting dan terus ke atasnya. 

Karena kita menerima informasi begitu banyak sepanjang hari, dan sepanjang hidup kita, otak cenderung informasi grade oleh pentingnya. Jadi lebih penting bahwa sesuatu adalah untuk Anda, semakin lama Anda cenderung untuk mengingatnya. Yang kurang penting bahwa sesuatu adalah untuk Anda, semakin cepat Anda akan cenderung untuk melupakannya.  


5) Buat Asosiasi

Gunakan obyek untuk mengingatkan Anda tentang hal-hal yang ingin Anda ingat. 
 
Teknik memori melibatkan sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang lain. 

Misalnya, jika Anda ingin ingat untuk melakukan sesuatu di pagi hari tapi tidak memiliki pena dan kertas untuk menulis sendiri catatan, Anda bisa meninggalkan sesuatu di lantai kamar tidur dan menghubungkannya dengan hal yang ingin Anda ingat. 

Ketika Anda tersandung atau mengambil objek yang di pagi hari, secara otomatis Anda akan mengingat mengapa Anda meletakkannya di sana dan catatan mental bahwa Anda membuat malam sebelumnya. 

Anda dapat melakukan ini dengan semua jenis objek, dan kadang-kadang, hal ini akan terjadi pada Anda secara tidak sengaja di mana Anda lupa untuk melakukan sesuatu tetapi kemudian tiba-tiba ingat saat melihat sesuatu.  


6) Hafalkan Urutan

A, B, C ... Urutan membuat hal-hal mudah diingat. 

A, B, C, D, E, F, G ... sangat mudah untuk mengingat alfabet, karena satu huruf mengarah ke yang lain. Ini adalah urutan huruf yang Anda mengambil waktu untuk mengingat sebagai seorang anak. 

Urutan yang paling mudah untuk diingat ketika mereka masuk akal logis, seperti 1,2,3,4,5,6, itulah sebabnya mengapa mengatakan alfabet mudah karena Anda selalu membaca huruf berikutnya dari awal sampai akhir. 


7) Hindari Gula 


Makan makanan manis atau minum minuman manis adalah berita buruk bagi memori Anda. 

Hal ini karena gula menghambat enzim memori membentuk, dan sebagainya sebagai hasilnya, Anda akhirnya mengingat kurang dari apa yang Anda coba untuk belajar. 

Gula menghambat enzim pembentuk memori. 

Jadi untuk meningkatkan memori Anda, hindari semua sumber gula selama kuliah, sesi revisi atau setiap kali Anda mencoba mengingat sesuatu yang penting. 

Gula juga bisa datang dalam bentuk tepung putih, jadi hindari karbohidrat sederhana seperti kue dan permen juga.  




8) Buat Kesan Kuat

Jika ada sesuatu yang membuat kesan yang kuat pada Anda, Anda akan mengingatnya untuk waktu yang sangat lama, jika tidak seluruh hidup Anda. 

Kesan yang kuat bahwa ada sesuatu yang membuat pada Anda, semakin mudah bagi Anda untuk mengingatnya. Beberapa hal alami akan membuat kesan yang kuat, sementara hal-hal lain tidak akan. 

Kesan yang kuat adalah sesuatu yang merangsang otak Anda banyak. Oleh karena itu, semakin Anda merangsang otak Anda, semakin mudah Anda akan mengingat sesuatu dan semakin baik memori Anda akan. 

Anda dapat merangsang otak Anda dengan menggunakan indera yang berbeda sebagai sebanyak mungkin. Misalnya, berpikir tentang sesuatu di kepala Anda, berbicara dengan keras, melihat sesuatu, bertindak keluar dan menuliskannya, akan menyediakan Anda dengan stimulasi otak maksimal dan membuat mengingat mudah.  


9) Jangan Bingung Kenangan 


Ini adalah tip memori untuk mahasiswa atau siapa saja yang memiliki banyak hal yang perlu diingat. Memori Anda bekerja paling baik bila Anda memberi waktu otak Anda untuk menyerap informasi yang baru saja Anda pelajari. 

Otak butuh waktu untuk memproses apa yang baru saja dipelajari, sehingga dapat menjadi bingung jika Anda melakukan banyak hal yang sama satu demi satu. 

Misalnya, jika Anda belajar matematika selama satu jam, maka Anda akan ingat apa yang baru saja Anda pelajari terbaik jika subjek berikutnya yang Anda pelajari adalah sesuatu yang sama sekali berbeda dengan matematika. 

Mempelajari mata pelajaran yang sama satu demi satu sebenarnya menghambat memori Anda, dan hasil di dalam kamu mengingat kurang karena otak membutuhkan waktu untuk informasi baru untuk "tenggelam dalam". 

Jadi hindari melakukan hal yang sama setelah satu sama lain, dan Anda akan meningkatkan memori Anda untuk semua mata pelajaran yang telah dipelajari.  


 10) Tinjau Waktu Beberapa

Belajar sesuatu sekali, maka keesokan harinya, minggu depan dan dalam waktu satu bulan, jauh akan meningkatkan ingatan masa depan informasi tersebut. 

Cara terbaik untuk mengingat sesuatu adalah dengan belajar sekali, meninjau hari berikutnya, meninjau dalam waktu minggu dan kemudian meninjau lagi dalam sebulan. 

Ini paparan konstan akan memastikan bahwa Anda ingat sesuatu dengan sangat rinci, dan juga akan membuat masa depan mengingat informasi yang lebih mudah dan lebih tahan terhadap lupa. 




 11) Tidur di Ini
 

Memberikan Anda tidak bangun merasa terlalu lelah, tidur adalah cara terbaik untuk membantu Anda mengingat dan memahami hal-hal. 

Jika Anda benar-benar perlu mengingat sesuatu dengan sangat rinci, misalnya untuk ujian, belajar materi siang hari tetapi segera meninjau di malam hari sebelum tidur. 

Selama tidur, otak akan memproses informasi itu, sehingga Anda mengingat dan memahami lebih baik keesokan harinya.  





12) Tinggal di Lokasi yang Sama

Recall informasi yang terbaik di lokasi yang pertama kali dipelajari. 
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa penarikan kembali informasi yang terbaik ketika itu mengingat di lokasi yang telah dipelajari. 

Jadi apakah itu mungkin bagi Anda untuk melakukannya, cobalah untuk menggunakan informasi yang Anda mengingat di lokasi yang akan digunakan. 

Prinsip ini dapat lebih diterapkan pada benda-benda asing, seperti stasioner atau item pakaian. 

 Jika Anda dapat mempelajari materi Anda dengan benda-benda, dan kemudian memiliki benda-benda dengan Anda selama ingat, seperti saat ujian, mereka akan membantu untuk menciptakan lingkungan yang familiar bagi Anda, bahkan jika Anda berada di tempat yang asing, sehingga membantu daya ingat .

Video

Loading...