Laman

AddThis Smart Layers

* Beberapa Teori Kecerdasan

Sebelumnya, kita secara singkat menyebutkan psikolog Howard Gardner dan pandangannya bahwa ada berbagai jenis kecerdasan. Sebagai pengingat, ini adalah:  
• Kinestetik-Jasmani 
• Interpersonal 
• Linguistik 
• Logis-Matematis 
• Naturalistik • Intrapersonal 
• Spatial 
• Musik 


Teori Gardner menyiratkan bahwa hanya karena seseorang tidak melakukan dengan baik pada ujian, hal itu tidak lantas membuat mereka "bodoh" atau "bodoh" orang. Hal ini karena mungkin ada hal-hal lain yang orang yang baik di, tapi yang tidak diuji dalam ujian mereka.

Jangan pernah menilai seseorang dengan cara mereka melihat, karena Anda tidak pernah tahu bagaimana mereka benar-benar cerdas.
 
Ini "wahyu" adalah apa yang dikenal sebagai "psikologi akal sehat", karena sekali Anda mulai berpikir tentang hal itu, Anda segera menyadari bahwa hal itu masuk akal logis dan mudah dapat didukung dengan bukti dan contoh dari orang-orang menampilkan tingkat tinggi keterampilan dalam satu atau lebih dari kategori Gardner. 

Di bawah ini kita melihat pada setiap kategori kecerdasan Gardner lebih terinci. Penting untuk dicatat bagaimanapun, bahwa meskipun seseorang mungkin cerdas dalam dua atau lebih kategori, mereka akan memiliki kecerdasan yang dominan secara keseluruhan dalam satu kategori tertentu.  

Tubuh-Kinestetik (aktivitas fisik)

Bodily-kinesthetic intelligence berarti bahwa Anda baik pada hal-hal yang melibatkan menggunakan tubuh Anda.
 
Orang dengan kecerdasan kinestetik-jasmani cenderung menjadi sangat baik dalam melakukan kegiatan yang membutuhkan tingkat tinggi waktu tubuh koordinasi, dan keseimbangan. Individu tersebut sehingga cenderung unggul dalam kegiatan fisik seperti olahraga atau menari. 

Biasanya, orang dengan kecerdasan kinestetik-jasmani lebih suka belajar hal-hal fisik dengan melakukan mereka daripada dengan membaca atau mendengarkan tentang mereka. Hal ini membuat mereka sangat aktif dan orang-orang animasi. Pekerjaan yang cocok untuk bodily-kinesthetic orang meliputi:
Atlet
Penjelajah
Penari
Aktor
Tukang ledeng
Pembangun
Ahli bedah

Interpersonal (orang orang)

Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk berinteraksi sosial dengan orang lain dengan cara yang sukses.
 
Orang dengan kecerdasan interpersonal cenderung pandai membaca perasaan orang lain dan suasana hati. Sebagai hasilnya, mereka biasanya bergaul sangat baik dengan orang-orang dan dapat digambarkan sebagai memiliki tipe kepribadian ekstrovert. 

Mereka merasa nyaman dalam situasi sosial, menikmati berbicara di depan umum dan biasanya diakui sebagai suatu "populer" orang di sekolah atau di tempat kerja. 

Interpersonal orang cenderung belajar paling baik dengan mendiskusikan hal-hal dengan orang lain, mengajukan pertanyaan-pertanyaan orang lain atau pengajaran sesuatu yang telah mereka pelajari kepada orang lain. Pekerjaan yang cocok untuk orang antarpribadi meliputi: Politikus, Manajer, Diplomat, Karyawan kemasyarakatan, Guru, Penjualan orang. 

Linguistik (baik dengan kata-kata bahasa +)


Mereka yang memiliki kecerdasan linguistik yang baik pada hal-hal yang melibatkan menggunakan bahasa.
Kecerdasan linguistik berarti bahwa seseorang baik dengan kata-kata, baik dalam bentuk lisan atau tertulis. Biasanya, mereka pandai membaca, menulis, belajar bahasa asing dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

Individu Linguistik menikmati membaca buku untuk bersantai, menjaga buku harian yang ditulis, berpartisipasi dalam forum diskusi online, memperbaiki ejaan dan belajar kata-kata baru untuk meningkatkan kosa kata mereka. 

Mereka belajar paling baik dengan membaca tentang sesuatu dan mengambil catatan, dan juga biasanya sangat baik menjelaskan hal-hal yang jelas kepada orang lain. Mereka mungkin, bagaimanapun, menjadi mudah terganggu oleh gangguan di lingkungan mereka, sehingga biasanya menghargai tempat yang tenang ketika mereka mencoba untuk belajar. Pekerjaan yang cocok bagi orang-orang linguistik meliputi: 
Politikus, Pengacara, Penulis, Guru, Pembicara  

Logis-matematis (baik pada penelitian)


Dengan kecerdasan logis-matematis Anda akan unggul dalam menyelidiki hal, terutama yang melibatkan fakta dan angka.
informasi, penalaran abstrak dan bekerja dengan angka. Mereka juga biasanya sangat baik untuk menyelidiki hal-hal dan kemudian mengambil kesimpulan berdasarkan data yang telah mereka kumpulkan, spt ketika melakukan penelitian ilmiah misalnya. 

Logis-matematis individu menikmati melakukan teka-teki silang, bermain game pelatihan otak, bermain game mental seperti Sudoku atau catur, melakukan tes IQ dan menonton film detektif kejahatan atau misteri. 

Individu tersebut dapat belajar dengan baik dengan memiliki banyak waktu untuk melakukan sesuatu di atas kertas atau di kepala mereka, karena hal ini memungkinkan mereka untuk mempertimbangkan semua alternatif yang berbeda dan solusi untuk masalah. 

Menggunakan pandangan tradisional kecerdasan, jika Anda memiliki tingkat tinggi kecerdasan logis-matematis, Anda akan mencetak sangat tinggi pada tes IQ dan tes akademis formal. Sebagai hasilnya, Anda akan digolongkan sebagai orang yang sangat cerdas. Pekerjaan yang cocok untuk logis-matematis orang meliputi: Ilmuwan, Ahli matematika, Detektif, Ekonom, Dokter  

Naturalistik (hewan likes + alam)


Seseorang dengan kecerdasan naturalistik merasa paling di rumah ketika mereka dikelilingi oleh alam.
Kecerdasan naturalistik melibatkan memiliki cinta alam dan di luar rumah. Biasanya, orang tersebut mencintai binatang dan akan menjaga mereka sebagai hewan peliharaan. Mereka juga mungkin milik kelompok kesejahteraan lingkungan atau hewan. 

Individu naturalistik juga menghargai kehidupan tanaman dan cenderung untuk menjaga tanaman di rumah mereka, menanam tanaman di kebun mereka dan membeli makanan organik. Menjadi spiritual juga tidak biasa bagi orang-orang seperti. 

Bagaimana individu naturalistik belajar dengan baik dapat bervariasi tergantung pada bentuk mereka yang lain dominan kecerdasan, meskipun, sebagian besar biasanya akan menghargai keluar rumah untuk belajar jika mereka mampu melakukannya. Cocok pekerjaan orang naturalistik meliputi: Ilmuwan, Konservasionis, Petani, Naturalis, Tukang kebun, Guru geografi / ekologi, Aktivis Lingkungan.  

Intrapersonal (pemikir yang mendalam)


Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan untuk berpikir secara mendalam tentang sesuatu dan menganalisanya di kepala Anda.
Hampir kebalikan dari kecerdasan interpersonal, intrapersonal individu cenderung malu atau merasa tidak nyaman dalam situasi sosial, seperti ketika berbicara di depan orang lain atau berada di kelompok besar karena hal ini dapat membuat mereka merasa terlalu lain atau berada di kelompok besar, karena hal ini dapat membuat mereka merasa terlalu sadar diri atau hilang. 

Orang intrapersonal cenderung menjadi pemikir yang mendalam, menikmati menghabiskan waktu saja, ingin bermeditasi dan biasanya sangat sadar diri tentang siapa mereka dan emosi mereka. Mereka juga cenderung perfeksionis, sehingga kadangkadang dapat cukup kritis sendiri. 

Individu intrapersonal belajar terbaik di lingkungan yang tenang di mana mereka bebas dari gangguan, karena mereka dapat sangat mudah terganggu oleh suara. Pekerjaan yang cocok untuk orang intrapersonal meliputi: Filsuf, Psikolog, Teolog, Penulis. 

Spasial (baik di berkhayal)


Kecerdasan spasial memungkinkan Anda untuk memanipulasi obyek mental di kepala Anda, dan biasanya berhubungan dengan tangan yang baik untuk mata koordinasi.
 
Orang dengan kecerdasan spasial yang baik dalam berpikir tentang sesuatu di kepala mereka dan kemudian menciptakan dalam realitas. Mereka memiliki tangan yang baik untuk mata koordinasi dan pandai memberikan arah. 

Orang dengan bentuk dominan intelijen lebih sering laki-laki daripada perempuan. 

Individu spasial menikmati model pembangunan, menggambar, bermain dengan Lego, permainan komputer atau teka-teki, dan akan belajar dengan baik jika mereka mampu membayangkan sesuatu yang jelas dalam pikiran mereka. Pekerjaan yang cocok untuk orang spasial meliputi: Pembangun, Arsitek, Pilot, Artis, Pencipta mode. 

Musik (baik di musik)


Orang dengan tingkat tinggi kecerdasan musical sering berakhir dalam karir yang berhubungan dengan musik.
 
Kecerdasan musikal melibatkan menjadi baik dengan musik, ritme, mendengarkan dan diskriminasi lapangan. 

Biasanya, orang-orang seperti ingin memainkan alat musik dan / atau bernyanyi. Mereka juga sangat menyukai mendengarkan musik, dan sebagainya cenderung membeli banyak dari catatan musik, CD musik atau MP3 download. 

Orang dengan tipe kecerdasan belajar dengan baik jika mereka mampu membuat sajak, atau lagu rap dari apa pun yang mereka mencoba untuk menghafal. Pekerjaan yang cocok bagi mereka dengan kecerdasan musikal meliputi: Pemusik, Penyanyi, Konduktor,  HostRadio, DJ.

Video

Loading...