Laman

AddThis Smart Layers

* Cara Ingat Pidato Anda

Salah satu konsep yang paling penting untuk diingat ketika datang ke menghafal pidato, adalah bahwa tidak setiap kata harus hafal persis. 

Sebaliknya, itu lebih penting bahwa Anda memiliki gambaran umum tentang apa yang Anda akan berbicara tentang, dan bahwa Anda telah melakukan penelitian yang cukup terlebih dahulu untuk dapat menguraikan poin-poin kunci atau topik.

Selama Anda tahu Anda isi dengan baik, dan telah menghabiskan cukup waktu mempersiapkan, Anda tidak perlu mengalami kesulitan apapun ketika datang untuk mengingat pidato Anda.
Setelah Anda mulai mendekati pidato menulis dengan cara ini, Anda akan menemukan bahwa Anda menjadi lebih rileks sehingga akan tampil lebih baik karena Anda kurang stres. 

Orang yang mencoba menghafal kata demi kata ucapan mereka tidak tampil santai ketika mereka berbicara. Sebaliknya, mereka terlihat seperti mereka berusaha keras untuk tidak melupakan apa yang mereka telah berkomitmen untuk memori seminggu terakhir atau lebih. 

Akibatnya, pembicara tidak melihat penonton sangat sering dan kaku akan mengingat kata setelah kata tanpa makna nyata atau keyakinan. 

Kuncinya karena itu, untuk memberikan pidato yang baik, bukan untuk mencoba untuk mengingat setiap kata yang ingin Anda katakan, tetapi hanya untuk mengingat konsep utama atau kata kunci yang Anda ingin membahas. 

Ini akan membuat pidato Anda tampak jauh lebih alami, lancar dan profesional. Jadi mari kita lihat beberapa cara di mana ini dapat dilakukan.  

Lakukan Penelitian

Meneliti subjek Anda secara rinci akan memberi Anda kepercayaan diri untuk berbicara tentang hal itu tanpa script jika diperlukan.
Mulailah dengan meneliti topik umum dari pidato Anda. Hal ini harus mencakup pengumpulan ide, bukti untuk mendukung klaim Anda dan setiap kutipan yang relevan, referensi, cerita atau lelucon yang Anda ingin gunakan. 

Semakin banyak informasi yang Anda dapat mengumpulkan selama tahap ini, semakin baik Anda akan mampu mengingat pidato Anda di kemudian hari. 

Hal ini sebagian karena dengan melakukan penelitian Anda akan mendidik diri sendiri lebih lanjut tentang materi pelajaran yang bersangkutan, yang pada gilirannya, kemudian akan mengarah ke tingkat yang lebih besar dari keyakinan ketika Anda benar-benar membuat pidato Anda. 

Jika Anda kebetulan lupa sesuatu, Anda juga akan mampu berimprovisasi di tempat karena Anda akan tahu subjek Anda dengan baik.  

Buat Rencana

Setelah tahap penelitian selesai, saatnya untuk mulai meletakkan segala sesuatu bersama-sama dengan cara memerintahkan.
Memiliki memori yang baik tergantung pada urutan atau penataan apa yang telah Anda pelajari. 

Jadi setelah Anda menyelesaikan penelitian Anda, sangat penting bahwa Anda meluangkan waktu untuk membuat rencana yang menyatukan semua ide dan materi yang Anda telah datang dengan sejauh ini. 

Beberapa orang lebih suka melakukan hal ini dengan menggunakan sistem berbasis daftar, sedangkan yang lain lebih memilih untuk menggunakan peta pikiran. Apapun sistem yang Anda gunakan tidak masalah, selama Anda merasa nyaman dengan itu dan masuk akal untuk Anda. 

Satu hal yang Anda harus mencoba untuk memasukkan ke dalam rencana Anda Namun, foto-foto yang relevan untuk setiap tema kunci atau ide Anda akan bicarakan. 

Hal ini karena otak cenderung berpikir dalam gambar, jadi jika Anda dapat mengaitkan gambar dengan kata kunci tertentu maka Anda akan menemukan lebih mudah untuk mengingat nanti. 

Beberapa orang merespon lebih baik bagaimana kata terdengar. Jadi jika Anda menemukan bahwa sajak atau persamaan kata membantu kemampuan Anda untuk mengingat informasi, kemudian menggunakan suara, bukan gambar. 

Gunakan Kata Kunci

Daripada mencoba untuk mengingat kata demi kata pidato Anda, hanya ingat kata kunci dan pidato Anda akan keluar dengan cara yang jauh lebih alami.
Buat daftar kata kunci utama / judul topik yang Anda akan berbicara tentang, dan kemudian menuliskannya dalam urutan yang Anda berencana untuk membawa mereka selama presentasi Anda. 

Anda dapat memiliki daftar ini ditulis pada selembar kertas, atau menghafalnya. Tujuan dari daftar ini adalah memiliki sesuatu untuk merujuk dan digunakan sebagai kerangka kerja untuk memastikan bahwa pidato Anda memiliki beberapa struktur untuk itu. Daftar ini juga akan berfungsi sebagai alat bantu memori nyaman. 

Cobalah untuk menjaga daftar sesingkat mungkin, hanya terdiri dari kata kunci atau gambar. Hindari penggunaan kalimat yang panjang, karena akan memakan waktu lebih lama untuk membaca / mengingat dan akan memberikan sedikit ruang untuk improvisasi dan spontanitas.  

Membuat Percobaan Pertama 

Sekarang bahwa Anda telah membuat garis besar dari pidato Anda, saatnya untuk berlatih. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara: baik di kepala atau keras.

Jangan berkecil hati jika Anda mengacaukan pidato Anda pada upaya pertama Anda latihan. Itulah praktik adalah untuk, sehingga Anda dapat belajar dari kesalahan Anda.
Disarankan agar Anda melakukan keduanya, tetapi lebih fokus pada usaha Anda berbicara pidato Anda dengan keras karena ini adalah bagaimana Anda akan menyajikannya. 

Pertama kali Anda menjalankan melalui pidato Anda, ada kemungkinan saat-saat ketika Anda kehilangan kata-kata dan perlu untuk merujuk kembali ke rencana Anda / catatan. 

Ini adalah hal yang normal, dan sesuatu yang akan terjadi kepada siapa saja yang menyajikan pidato mereka untuk pertama kalinya. 

Namun, ketika Anda melihat rencana Anda, cobalah untuk menggunakan kata kunci utama atau judul topik yang Anda buat untuk joging memori Anda, bukan hanya membaca apa yang telah ditulis kata demi kata. Tujuan Anda harus membacakan sebanyak pidato Anda yang Anda bisa pada Anda sendiri, dan mengacu pada rencana Anda hanya ketika Anda terjebak. 

Setelah Anda selesai dijalankan pertama Anda, Anda akan memiliki gagasan yang lebih jelas mengenai struktur bicara Anda. Apa yang biasanya terjadi selanjutnya, adalah bahwa Anda akan datang dengan ide-ide baru untuk berbicara tentang, dan bahkan mungkin mengubah rencana awal Anda agak. 

Jadi selalu praktek yang baik untuk meninjau rencana Anda secara keseluruhan setelah upaya pertama Anda di pidato Anda berbicara keras.  

Praktek Membuat Sempurna

Semakin Anda berlatih pidato Anda semakin baik Anda akan menjadi hal itu.
Terus berlatih pidato Anda lagi dan lagi. Semakin Anda melakukannya, semakin baik memori Anda akan hal itu di kemudian hari. Setiap kali Anda berlatih, cobalah untuk mengandalkan kurang dan kurang pada catatan fisik dan menggunakan catatan mental Anda sebagai gantinya. 

Jika Anda menemukan bahwa Anda mengalami kesulitan dengan recall mental topic utama Anda, maka kemungkinan bahwa Anda tidak melakukan mereka untuk memori dengan benar. 

Dalam hal ini, kembali ke topik utama Anda dan datang dengan cara-cara baru untuk membuat gambar atau suara yang terkait dengan mereka lebih jelas. Dapatkah Anda membuat mereka lebih berwarna? Lebih tidak biasa? Besar? Lebih kecil? Lucu? Aneh? 

Benar-benar fokus pada mengingat kata-kata kunci Anda dan urutan di mana Anda ingin mereka untuk tampil, karena memberikan Anda tahu subjek Anda dengan baik, masing-masing kata kunci Anda secara otomatis akan joging memori Anda informasi lebih banyak dan rinci. 


Video

Loading...