Laman

AddThis Smart Layers

* Mengapa Memori Anda adalah Lebih Baik dari yang Anda Pikir

Sebagian besar orang akan, di beberapa titik dalam hidup mereka, mengeluh mengalami masalah memori. Mereka bahkan mungkin meragukan kemampuan mereka untuk mengingat sesuatu, seperti mahasiswa yang bertanya-tanya bagaimana mungkin bagi mereka untuk mengingat begitu banyak informasi untuk ujian. 

Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa kapasitas memori Anda hampir tak terbatas. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang otak Anda kelebihan beban dengan informasi, karena selama Anda ingat sesuatu dengan cara yang benar, Anda seharusnya tidak memiliki masalah mengingat hal itu.

Memasukkan informasi ke dalam memori mudah. Sudah mulai keluar itu bagian yang sulit.
 
Kesulitan sebenarnya terletak tidak dengan membentuk kenangan, melainkan, dengan mengambil informasi yang telah disimpan. Ini adalah kegagalan pengambilan bahwa orang-orang palsu label sebagai "kenangan buruk". Untuk memberikan gambaran tentang bagaimana hanya baik memori Anda sebenarnya, kita lihat poin-poin berikut tercantum di bawah ini: 

 

Memimpikan Acara Lampau 


Anda memiliki kemungkinan punya banyak mimpi dalam hidup Anda tentang peristiwa masa lalu, dan beberapa dari mereka mimpi mungkin tampak begitu hidup dan nyata bahwa Anda pikir Anda benar-benar dalam mimpi.

Dalam beberapa mimpi yang kita miliki tampaknya dekat recall sempurna peristiwa yang terjadi bertahun-tahun lalu.
 
Fakta bahwa orang bisa bermimpi tentang peristiwa masa lalu secara detail adalah bukti dari memori yang baik, karena Anda dapat mengingat sesuatu yang, dalam beberapa kasus, terjadi beberapa dekade lalu. 

Kesultan nya terletak dalam mengakses informasi ini lagi, atau mampu mengingat mimpi Anda secara lebih rinci ketika Anda terjaga. Untungnya, hal ini dapat dilakukan dengan sedikit pelatihan. 

Yang perlu Anda lakukan adalah mulai menuliskan impian Anda dalam sebuah buku catatan, dan Anda akan menemukan bahwa kemampuan Anda untuk mengingat mereka ketika Anda bangun perlahan-lahan akan mulai membaik seiring waktu.  


Tip dari Kenangan Lidah 

Apakah Anda pernah mencoba untuk mengingat sesuatu, tetapi tidak peduli seberapa keras Anda mencoba Anda tidak bisa ingat? Meskipun berada di "ujung lidah Anda"? Kemudian, seperti yang Anda menyerah dan berhenti berusaha, Anda tiba-tiba ingat itu?

Ketika itu di ujung lidah Anda, Anda tahu bahwa Anda tahu,tapi Anda hanya tidak bisa mengingatnya.
 

Tip dari peristiwa lidah adalah bukti lebih banyak kekuatan super memori Anda. Ketika mereka menunjukkan bahwa informasi yang Anda mencoba untuk mengingat dalam otak Anda, tapi sekali lagi, itu mengakses itu yang merupakan masalah. 

Apa yang kita pelajari dari kejadian tersebut adalah bahwa daya ingat nikmat pikiran santai. Jadi jika Anda stres sendiri keluar karena tidak mampu mengingat sesuatu, maka Anda hanya akan membuat lebih sulit bagi Anda untuk mengingatnya. 


Random Recall Informasi 


Kemampuan untuk tiba-tiba mengingat bit informasi yang Anda pikir Anda sudah lupa tentang, adalah bukti bahwa di otak akan mengingat lebih banyak daripada yang Anda duga. 

Kenangan dapat dengan cepat datang banjir kembali diberi stimulus yang tepat. 
 
Misalnya, jika Anda kembali ke rumah masa kecil Anda setelah pergi selama bertahuntahun, hanya berada di sana akan mulai untuk membawa kembali seluruh host kenangan yang Anda telah "lupa" tentang. 

Contoh lain dapat ditemukan ketika berbicara dengan seseorang tentang sesuatu yang Anda lakukan bersama-sama di masa lalu, dan kemudian diingatkan tentang sesuatu yang Anda benar-benar lupa tentang. 

Jadi sekali lagi, informasi ini masih dalam otak Anda, itu mengakses itu yang menyebabkan Anda masalah. 


Orang Dengan Kenangan baik 


Anda mungkin telah melihat setidaknya satu film dokumenter tentang orang-orang yang mampu mengingat sejumlah besar informasi. Sebagian besar orang, kecuali sarjana, tampaknya tidak berbeda dengan Anda atau I.

Kim Peek, cendekiawan yang terinspirasi film "Rain Man". 
 
Satu hal bahwa "master memori" memiliki kesamaan, adalah berbagai teknik yang mereka gunakan untuk mengingat sesuatu. Apa ini tampaknya menunjukkan bahwa kita semua memiliki potensi untuk memori yang sangat baik. Kita hanya perlu belajar bagaimana menggunakannya dengan cara yang benar. 




Memori Potensi Anda tak terbatas  

Hal ini tidak biasa bagi seorang mahasiswa yang sedang merevisi untuk ujian, untuk berpikir bahwa mereka memiliki begitu banyak informasi untuk belajar bahwa hal itu tidak akan pernah bisa muat di dalam otak mereka.
 
Anda bisa masuk 10 buah informasi baru per detik ke otak Anda untuk seluruh hidup Anda, dan kapasitas penyimpanan otak Anda hanya akan setengah penuh. 
 
Tetapi jika bekerja Profesor Mark Rosenzweig pada otak adalah sesuatu untuk naik, kita bisa masuk 10 buah informasi baru ke dalam otak setiap detik, untuk seumur hidup, dan otak bahkan tidak setengah penuh dalam hal kapasitas penyimpanan ! 

Apa artinya ini adalah bahwa tidak ada gunanya mengkhawatirkan tentang bagaimana Anda akan mengingat banyak informasi, karena otak dapat menyimpan informasi lebih banyak daripada yang Anda mungkin bisa makan dalam seumur hidup. 


Ingat Dari Stimulasi Otak 


Ketika seorang ahli bedah saraf elektrik merangsang otak seorang pasien yang menjalani operasi otak, beberapa pasien akan mengingat kenangan dari masa kecil mereka yang muncul begitu nyata sehingga hampir seperti mereka menghidupkan kembali mereka.

Pasien sering melaporkan mengalami kenangan peristiwa masa lalu selama operasi otak. 
 
Mereka dapat mengingat bau, suara, warna, selera, perasaan mereka dan seluruh host rincian lain yang mereka sudah lupa tentang. 

Beberapa ahli saraf, seperti Profesor Wilder Penfield, percaya bahwa dalam setiap kelompok sel-sel otak terletak sebuah toko yang sempurna dari setiap peristiwa dari masa lalu kita. Jika kita bisa menemukan stimulus yang tepat, kita bisa memutar ulang seluruh hal. 


Dekat Flashbacks Kematian


Memiliki lampu kilat seluruh hidup Anda sebelum mata Anda  ketika Anda mati menunjukkan bahwa kita ingat jauh lebih banyak daripada yang kita pikir kita lakukan.
 
Sama seperti orang bisa menghidupkan kembali peristiwa tertentu dari masa lalu mereka ketika menjalani stimulasi otak listrik, banyak orang telah melaporkan mengalami kilas balik kehidupan mereka ketika mereka berpikir bahwa mereka akan mati atau tidak mati tapi kemudian hidup kembali. 

Kematian karena mungkin stimulus yang Wilder Penfield sedang mencari, penarikan kembali perangkat memori utama yang memberi kita akses penuh ke semua kenangan yang telah kita simpan di seluruh kehidupan kita.  


Memori Fotografi 


Photographic memory adalah kemampuan untuk mengingat sesuatu yang Anda telah melihat di masa lalu dengan sangat rinci, seolah-olah Anda benar-benar melihat sebuah foto. Beberapa orang memiliki photographic memory permanen, sedangkan yang lain hanya sesekali mengalaminya. 

Beberapa orang bisa mengingat hal-hal persis seperti mereka, seperti sebuah foto.
 
Hal ini, bagaimanapun, juga memungkinkan untuk mengembangkan memori fotografi. Orang-orang di Secret Service atau Pasukan Khusus misalnya, dapat dengan cepat melirik ruang dan tahu semua detail tentang hal ini seperti apa yang ada dalam ruangan, yang di dalam ruangan dan di mana hal-hal dan orang-orang. 

Apa ini menunjukkan adalah bahwa jika ada kemungkinan untuk mengembangkan memori fotografi, maka juga harus mungkin untuk meningkatkan memori Anda dari apa yang ada sekarang. 

Satu-satunya peringatan adalah bahwa Anda harus bersedia untuk bekerja pada meningkatkan memori Anda dan bersedia untuk mempelajari teknik menghafal yang relevan. 


Gambar Bantu Cegah Melupakan 


Dalam satu set percobaan memori, subjek diperlihatkan 1.000 foto wajah, satu demi satu, untuk satu detik per gambar. Peneliti kemudian menambahkan 100 foto baru untuk 1000 yang asli, dan kemudian meminta subyek untuk mengidentifikasi wajah mereka lihat sebelumnya dan yang menghadapi mereka tidak. 

Jika Anda diminta untuk melihat gambar-gambar Anda dengan mudah akan dapat mengidentifikasi mereka lagi, bahkan jika mereka dicampur dengan gambar baru. 
 
Semua mata pelajaran, terlepas dari bagaimana mereka menggambarkan kemampuan memori mereka, mampu benar mengidentifikasi hampir semua wajah-wajah yang mereka lihat dari orang-orang yang mereka tidak melihat. 

Apa yang kita pelajari dari percobaan ini adalah bahwa otak cenderung untuk mengingat informasi visual yang terbaik, jauh lebih baik daripada yang dilakukannya jenis informasi lainnya, seperti kata-kata. 

Jadi jika Anda ingin mengingat sesuatu, kemudian mencoba untuk memvisualisasikan sebagai gambar, bukan hanya mengulang sebuah kata dalam kepala Anda, yang mungkin jauh lebih berguna dalam hal Anda mampu mengingatnya di kemudian hari. 

Video

Loading...