Laman

AddThis Smart Layers

* Memanfaatkan Magic of Mnemonik

Mnemonik adalah jenis teknik memori yang telah digunakan sejak zaman kuno sebagai sarana untuk membuat informasi lebih mudah untuk diingat. 

Mereka bekerja atas dasar satu prinsip sederhana, menghubungkan apa yang ingin Anda ingat dengan apa yang Anda sudah tahu dengan menggunakan kata-kata, gambar atau perasaan. 


Jika Anda ingin menggunakan mnemonik untuk meningkatkan memori Anda, ada Sembilan cara utama di mana Anda dapat melakukan hal ini seperti yang dijelaskan di bawah ini. 

Cobalah untuk menggunakan sebanyak teknik ini mungkin untuk efek maksimum.  

1) Gunakan Warna

Hal Colorful lebih merangsang otak daripada hal-hal yang kurang dalam warna.
 
Semakin banyak warna yang dapat Anda gunakan, dan mereka lebih jelas warna, semakin baik Anda akan dapat mengingat sesuatu. 

Jadi jika Anda membayangkan sesuatu di kepala Anda, cobalah untuk menambahkan warna sebanyak itu yang Anda bisa dan Anda harus menemukan mengingat itu menjadi jauh lebih mudah di kemudian hari.  



 

2) Gunakan Imajinasi Anda

Semakin Anda menggunakan imajinasi Anda, memori Anda akan semakin baik. 
 
Imajinasi Anda adalah salah satu alat yang paling kuat memori yang Anda miliki Anda, dan lebih detail yang dapat Anda bayangkan sesuatu yang lebih baik dalam memori Anda akan hal itu. Semakin masuk akal bahwa Anda dapat membuat sesuatu, semakin baik memori Anda akan hal itu. Hal ini karena otak cenderung memperhatikan dan mengingat hal-hal yang tidak biasa lebih daripada hal-hal yang biasa. 

Anda dapat menggunakan imajinasi dalam beberapa cara berbeda untuk meningkatkan memori Anda, beberapa di antaranya adalah:  
Ekspansi Ini melibatkan membuat citra mental Anda seluas mungkin. 
Kontraksi Ini melibatkan membuat citra mental Anda sekecil mungkin.  
Kemustahilan Ini melibatkan membuat citra mental Anda tampak aneh, tidak biasa, konyol atau lucu. 


3) Gunakan Rhymes

Menempatkan informasi ke lagu atau sajak dapat membuatnya menyenangkan dan mudah diingat.
 
Sajak dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan memori Anda karena mereka sudah familiar bagi Anda, dan ketika Anda mengulangi mereka Anda menggunakan akal pendengaran Anda. 

Hal ini penting karena semakin banyak indera yang Anda gunakan ketika mencoba untuk mengingat sesuatu, semakin baik memori Anda akan hal itu. 

Catatan: Anda dapat menggunakan lagu yang akrab bagi Anda ketimbang sajak. Hanya menyanyikan kembali apa pun yang Anda mencoba untuk mengingat dalam gaya lagu. 



 4) Gunakan Gerakan

Memindahkannya ke memori.
Ketika Anda menciptakan gambaran mental dalam pikiran Anda, cobalah untuk membuat mereka bergerak karena gambar bergerak cenderung lebih diingat daripada gambar diam.  





 

 

5) Gunakan Senses Anda

Semakin banyak indera yang Anda dapat mengaktifkan, semakin Anda akan merangsang otak Anda dan akan lebih mudah bagi Anda untuk mengingat apa yang Anda coba untuk belajar.
 
Seperti yang dinyatakan sebelumnya, semakin banyak indera yang dapat Anda gunakan semakin baik Anda akan dapat mengingat sesuatu. Alasan untuk ini adalah karena dengan menggunakan indera yang berbeda Anda menggunakan lebih dari otak Anda, yang kemudian membuat kesan kuat pada Anda. 

Indra yang berbeda yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan memori Anda adalah: 
• Rasa 
• Sentuh 
• Bau 
• Penglihatan 
• Mendenga

Jadi misalnya, jika Anda akan berbelanja dan Anda harus ingat untuk membeli beberapa buah apel, Anda bisa berpikir tentang warna hijau, bagaimana sebuah apel merasa, berat dan bagaimana sebuah apel rasanya ketika kamu menggigit ke dalamnya.  


6) Jadilah Sexy

Seks adalah cara yang ampuh untuk menciptakan kenangan abadi! 
 
Seks adalah salah satu keinginan manusia terkuat, dan salah satu yang dapat dengan mudah digunakan untuk membuat gambaran mental dalam pikiran Anda. Jika Anda dapat mengaitkan apa yang Anda mencoba untuk belajar dengan seks, kemampuan Anda untuk mengingat secara substansial akan meningkatkan. 




7) Masukan Hal di urutan & Order


Sangat mudah untuk mengingat hal-hal yang masuk akal
 
Sementara memiliki imajinasi yang baik sangat penting untuk memiliki memori yang baik, itu tidak cukup dengan sendirinya. 

Otak juga membutuhkan hal-hal yang harus ditempatkan dalam urutan logis atau urutan. 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan ini adalah untuk mengkategorikan sesuatu ke dalam kelompok-kelompok, atau mental mengatur mereka sehingga satu objek duduk di depan lain atau di atas yang lain.  


8) Gunakan Nomor 

Bilangan dapat membantu untuk mengatur informasi ke dalam urutan logis. 
 
Bilangan dapat digunakan sebagai metode lain memesan apa yang Anda mencoba untuk belajar. 

Sebagai contoh, beberapa orang ingin membuat daftar belanja mental, di mana setiap item diberi nomor dan muncul secara berurutan. Bilangan juga dapat dimasukkan ke dalam sebuah lagu atau sajak.  



 

 

9) Lihat di 3D

Objek 3D menciptakan kesan lebih kuat dari benda datar. 
 
Cobalah untuk melihat hal-hal dalam 3D untuk membentuk kesan kuat dari apa pun yang Anda mencoba untuk mengingat. 

Hal ini dapat dilakukan dengan berputar obyek di kepala Anda dan kemudian melihatnya dari sudut yang berbeda. 




 

 

10) Hafalkan Kata Kunci 

Terlepas dari jenis sistem memori yang Anda gunakan, Anda harus selalu memiliki kata kunci yang akan membantu mengingatkan Anda dari sisa informasi yang telah Anda pelajari.

Menghafal satu kata dapat mengingatkan Anda tentang banyak orang lain.
 

Kata ini harus menjadi kata gambar, yang berarti bahwa ia harus membuat gambar dalam pikiran Anda. Hal ini penting karena otak berpikir dalam gambar terbaik dan tidak dalam kata-kata. Anda dapat mengaitkan informasi dengan kata gambar Anda dengan menggunakan salah satu metode berikut: 
• Crashing hal bersama-sama 
• Menempel hal bersama-sama 
• Menempatkan hal-hal di atas satu sama lain 
• Menempatkan hal-hal di bawah satu sama lain 
• Menempatkan hal-hal dalam satu sama lain 
• Mengganti hal untuk satu sama lain 
• Menempatkan hal-hal dalam situasi baru 

Namun Anda memilih untuk membuat hubungan Anda dengan kata kunci Anda, cobalah untuk menjadikannya sebagai sederhana dan tidak rumit yang Anda bisa karena hal ini akan membuat lebih mudah untuk mengingat nanti.

Video

Loading...