Laman

AddThis Smart Layers

4.3. Matrix Umpan Balik

Menggunakan Umpan balik konstruktif


Kemana Anda pergi setelah menerima umpan?.

Susanne: Hi, terima kasih untuk bertemu dengan saya hari ini. Seperti yang saya sebutkan, saya ingin berbicara dengan Anda tentang rencana pembangunan yang Anda kirimkan kemarin. 


Seperti biasa, kualitas rencana itu hebat. Anda pasti tahu apa yang diharapkan oleh kami dan klien kami, jadi saya ingin berterima kasih untuk itu.

Charles: Terima kasih, itu bagus untuk mendengar umpan balik seperti itu.


Susanne: Yah, aku senang kau merasa seperti itu. Yang saya sedikit lebih peduli tentang, meskipun, adalah tenggat waktu. Kau tahu bahwa kita membangun dalam waktu tambahan antara ketika Anda mengirimkan rencana untuk kita dan ketika kita benar-benar hadir mereka ke klien. Namun, saya melihat bahwa Anda sering mengambil keuntungan dari waktu tambahan, dan Anda menunda menyerahkan rencana Anda - mereka kadang-kadang sampai satu minggu terlambat. Hal ini menciptakan hambatan pada tahap persetujuan rekayasa, dan aku mulai mendengar tentang hal itu. Apa yang dapat saya lakukan untuk mendapatkan Anda kembali ke jalur, jadi kami kembali ke proses yang lebih efisien kita miliki sebelumnya?

Charles: Saya benar-benar menyesal. Aku sudah stres di rumah akhir-akhir ini, dan itu tidak membantu bahwa Les, orang baru, datang ke saya dengan pertanyaan sepanjang waktu. Dapatkah Anda memberi saya seminggu untuk fokus pada menyelesaikan rencana saya kerjakan sekarang? Dengan lebih sedikit gangguan dan beberapa waktu untuk bekerja keluar masalah saya, saya tahu saya akan kembali sesuai jadwal.

Susanne: Itu tampaknya masuk akal. Terima kasih untuk bersikap jujur. Aku akan memberitahu Les untuk meminta Madeline untuk nasihat dan saran untuk saat ini. Mari kita bersama dalam beberapa hari untuk mendiskusikan kemajuan Anda.

Ini terdengar seperti pertukaran "buku" umpan balik - hanya bagaimana hal itu seharusnya terjadi. Susanne menyatakan keprihatinannya, Charles menerima umpan balik, mereka sepakat pada solusi, dan mereka memiliki tanggal untuk tindak lanjut.

Namun, sementara itu tampaknya ideal, kita tidak tahu seberapa baik benar-benar bekerja. Dan jika hasil dari sesi umpan balik banyak indikasi, mungkin ada sedikit perubahan yang positif daripada yang kita akan berharap.

Apakah Anda pernah menjadi bagian dari percakapan seperti itu? Kemungkinannya adalah bahwa Anda telah mengamati bahwa orang-orang (mungkin diri Anda sendiri!) Melakukan satu dari dua hal ketika menerima umpan balik:
  1. Mereka menerima bagian negatif dari umpan balik, tetapi cobalah untuk menjelaskan atau membenarkan (atau memutuskan bahwa orang yang memberikan umpan balik yang salah, sehingga komentar yang diberhentikan seluruhnya!)
  2. Mereka berfokus pada yang positif, dan menggunakannya untuk memperkuat apa yang telah mereka ketahui benar.
Dalam kedua kasus, umpan balik sering gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan. Daripada memulai proses pemeriksaan diri untuk memahami bagaimana perilaku mereka perlu perubahan, orang terus melakukan apa yang mereka lakukan sebelumnya, tanpa membuat perubahan besar atau koreksi.

Matrix


Matriks umpan balik, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, adalah alat yang berguna yang membantu dengan eksplorasi diri. Ini mendorong Anda untuk memeriksa kedua aspek positif dan negatif dari umpan balik, dan kemudian menghubungkan komentar kembali dengan apa yang sudah Anda ketahui tentang diri Anda, dan apa yang Anda tidak tahu dan perlu untuk mengeksplorasi lebih lengkap.

Tanggapan umumnya jatuh ke dalam salah satu kategori dalam matriks:
  • Positif / Diharapkan - Kita sering memiliki ide yang baik dari apa yang kita lakukan dengan baik, karena kami menerima umpan balik positif secara teratur tentang hal ini. Tapi bukan hanya mendengar pujian ini akrab dan melakukan apa-apa dengan hal itu, tanyakan pada diri sendiri:
    • Bagaimana saya bisa merayakan aspek diri sendiri?
    • Bagaimana saya dapat menggunakan keterampilan ini untuk meningkatkan produktivitas saya atau kepuasan pribadi?
    • Bagaimana saya dapat menggunakan keterampilan untuk membantu orang lain yang tidak sekuat?
  • Negatif / diharapkan - Jika kita jujur ​​dengan diri kita sendiri, kita sering menyadari beberapa daerah dalam hidup kita yang perlu perbaikan. Jika bos kami meminta pertemuan, kemungkinan kita tahu dan mengharapkan apa yang akan dibahas. Bahkan, kita sering lebih kritis terhadap diri kita dari orang lain, tetapi kita tidak tahu bagaimana memperbaiki tanpa bantuan. Untuk menerapkan umpan balik yang diharapkan dan membuat perubahan positif, tanyakan pada diri sendiri:
    • Tindakan apa yang telah saya sudah diambil untuk mengatasi masalah ini?
    • Bagaimana sukses adalah mereka tindakan?
    • Apa lagi yang harus saya memeriksa dan / atau perubahan untuk mencapai hasil yang saya inginkan?
    • Jika saya tidak membuat perubahan ini, bagaimana ini akan berdampak pekerjaan atau kehidupan saya?
  • Positif / Unexpected - Menerima umpan balik positif bahwa kita tidak mengharapkan seperti kejutan hadiah ulang tahun. Ini menciptakan perasaan yang indah ketika kita belajar atau mendengar sesuatu yang positif yang benar-benar tak terduga. Tapi setelah kegembiraan awal, penting untuk memeriksa umpan balik ini lebih lanjut dengan bertanya pada diri sendiri:
    • Mengapa saya terkejut mendengar ini?
    • Apa pengalaman sebelumnya mungkin menyebabkan saya untuk melupakan atau mengabaikan kekuatan atau kemampuan ini?
    • Bagaimana saya akan merayakan keterampilan ini baru ditemukan?
    • Bagaimana saya dapat menggunakan keterampilan ini untuk memperbaiki kehidupan saya?
  • Negatif / Unexpected - Umpan balik ini adalah yang paling sulit untuk mendengar dan memahami. Tetapi juga bisa menjadi sumber banyak penemuan diri, jika kita terbuka untuk itu. Umpan balik ini tak terduga sering berasal dari daerah yang kita tidak mau mengakui, atau tidak siap untuk menghadapi, dan dapat menyebabkan beberapa emosi yang kuat. Namun, ketika kita belajar untuk berurusan dengan itu, kita dapat mengambil langkah besar ke depan dalam perjalanan kita dari perbaikan diri. Beberapa pertanyaan lebih lanjut untuk mengeksplorasi meliputi:
    • Apa informasi lain yang harus saya memahami umpan balik?
    • Dukungan apa yang saya harus berurusan dengan implikasi?
    • Apa rencana yang dapat saya dimasukkan ke dalam tempat untuk membuat kecil, perubahan dicapai dalam jangka pendek?
    • Bagaimana meningkatkan dampak ini daerah lain pekerjaan atau kehidupan saya?
Ambil Template matriks umpan balikuntuk menggunakan teknik ini. Ketika Anda memberi atau menerima umpan balik, gunakan matriks ini untuk meningkatkan pengalaman Anda - dan hasil Anda.


Poin Penting :

Umpan balik ini dimaksudkan untuk menjadi langkah pertama menuju perubahan. Sayangnya, hasilnya sering terlalu banyak atau terlalu sedikit perubahan, yang tidak membantu Anda mencapai tujuan Anda.


Tanggapan Matrix membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari sesi umpan balik. Hal ini membuat Anda untuk memeriksa aspek negatif dan positif dari umpan balik, dan tanyakan pada diri apa yang Anda lakukan dan tidak mengharapkan. Ini menantang Anda untuk mengambil keuntungan dari positif yang diharapkan, berkomitmen untuk bekerja lebih keras pada negatif diharapkan, merayakan positif yang tak terduga, dan sepenuhnya mengeksplorasi negatif yang tak terduga.

Dengan perangkat ini, Anda dapat menggunakan umpan balik secara efektif untuk mencapai signifikan, perubahan yang positif.