Laman

AddThis Smart Layers

10.2. Pencitraan

Mental Stres Management

Pengantar:

Citra adalah metode ampuh mengurangi stres, terutama bila dikombinasikan dengan metode relaksasi fisik seperti bernapas dalam .

Anda akan menyadari bagaimana lingkungan tertentu bisa sangat santai, sementara yang lain bisa sangat stres.

Ide di balik penggunaan citra dalam pengurangan stres adalah bahwa Anda menggunakan imajinasi Anda untuk menciptakan dan menikmati situasi yang sangat santai. Semakin intens Anda bayangkan situasi, pengalaman akan lebih santai.


Ini terdengar tidak mungkin. Bahkan, efektivitas citra dapat ditampilkan sangat efektif jika Anda memiliki akses ke Perangkatan biofeedback kita bahas dalam pendahuluan bagian ini. Dengan membayangkan adegan yang menyenangkan (yang mengurangi stres) Anda benar-benar dapat melihat atau mendengar stres dalam tubuh Anda mengurangi. Dengan membayangkan situasi yang tidak menyenangkan dan stres, Anda dapat melihat stres dalam tubuh Anda meningkat. Ini efek yang sangat nyata bisa sangat mengkhawatirkan ketika Anda melihat itu terjadi pertama kalinya! 


Menggunakan Perangkat:


Pencitraan dalam Relaksasi

Salah satu penggunaan umum dari citra relaksasi adalah membayangkan adegan, tempat atau peristiwa yang Anda ingat sebagai aman, damai, tenang, indah dan bahagia. Anda dapat membawa semua indra Anda ke dalam gambar dengan, misalnya, suara air mengalir dan burung, bau memotong rumput, rasa anggur putih dingin, kehangatan matahari, dan sebagainya. Gunakan tempat dibayangkan sebagai mundur dari stres dan tekanan.

Adegan dapat melibatkan gambar kompleks seperti berbaring di pantai di teluk sepi. Anda bisa "melihat" tebing, laut dan pasir di sekitar Anda, "mendengar" ombak menabrak batu, "bau" garam di udara, dan "merasa" kehangatan matahari dan angin sepoi-sepoi pada tubuh Anda. Gambar lain mungkin termasuk melihat pemandangan gunung, berenang di kolam renang tropis, atau apa pun yang Anda inginkan. (Anda dapat mendengarkan contoh ini dalam aksi dengan Meditainment itu "Secret Garden" meditasi citra dipandu, yang dapat Anda dengarkan dengan mengklik di sini .)

Kegunaan lain dari citra dalam relaksasi melibatkan menciptakan gambar mental stres mengalir keluar dari tubuh Anda, atau stres, gangguan dan masalah sehari-hari yang dilipat dan terkunci dalam peti digembok.


Pencitraan dalam Persiapan dan Rehearsal

Anda juga dapat menggunakan citra dalam latihan sebelum acara besar, yang memungkinkan Anda untuk mempersiapkan acara dalam pikiran Anda.

Selain memungkinkan Anda untuk berlatih mental, citra juga memungkinkan Anda untuk berlatih di muka untuk sesuatu yang tidak biasa yang mungkin terjadi, sehingga Anda siap dan sudah dipraktekkan dalam menanganinya. Ini adalah teknik yang digunakan sangat umum oleh orang-orang olahraga atas, yang belajar kebiasaan kinerja yang baik dengan berulang kali berlatih pertunjukan dalam imajinasi mereka. Ketika eventualities biasa mereka telah berlatih menggunakan citra terjadi, mereka memiliki baik, pra-siap, tanggapan kebiasaan mereka.

Citra juga memungkinkan Anda untuk prestasi pra-pengalaman tujuan Anda, membantu untuk memberikan kepercayaan diri. Ini adalah teknik lain yang digunakan oleh atlet sukses.


Ringkasan:

Dengan citra, Anda mengganti pengalaman aktual dengan adegan dari imajinasi Anda. Tubuh Anda bereaksi terhadap adegan dibayangkan hampir seolah-olah mereka nyata.

Untuk bersantai dengan citra, bayangkan, nyaman, aman dan menyenangkan hangat, dan menikmatinya dalam imajinasi Anda.

Citra dapat ditampilkan untuk bekerja dengan menggunakan perangkat biofeedback yang mengukur stres tubuh. Dengan membayangkan adegan menyenangkan dan tidak menyenangkan, Anda dapat benar-benar melihat atau mendengar perubahan kadar stres dalam perubahan tubuh Anda.
 



 

Video

Loading...