Laman

AddThis Smart Layers

2.2. Schein Jangkar Karir

Memahami apa yang menginspirasi Anda dalam karir Anda

Dulu bahwa sekali Anda memutuskan karier, Anda tinggal di karir yang sampai Anda pensiun.

Tidak begitu lagi: Gagasan pekerjaan seumur hidup telah diganti dengan kerja seumur hidup.

Ini berarti bahwa Anda tidak bisa mengandalkan majikan anda untuk mempertahankan pekerjaan Anda: Anda sendiri bertanggung jawab untuk kemajuan karir Anda dan pengembangan.


Manajemen karir dan perencanaan dalam lingkungan ini adalah sebuah tantangan. Sehingga Anda tetap puas dan dipenuhi oleh pekerjaan yang Anda lakukan, Anda perlu menyesuaikan karir Anda kegiatan pembangunan sesuai.

Pengembangan karir tidak lagi hanya tentang mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk bergerak ke atas dalam satu perusahaan. Pengembangan karir saat ini adalah tentang mencapai fleksibilitas dan terus mengevaluasi dan mengembangkan keterampilan Anda untuk tetap dipekerjakan dan terpenuhi dalam jangka panjang, terlepas dari siapa Anda bekerja untuk, dan apa industri Anda bekerja masuk

Untuk mencapai tingkat fleksibilitas, Anda harus memiliki rasa yang sangat kuat dari siapa Anda dan apa yang Anda inginkan dari pekerjaan Anda. Tidak semua orang termotivasi oleh hal yang sama, dan ambisi kami sangat bervariasi. Beberapa orang berkembang pada menjadi kreatif dan inovatif sedangkan yang lain lebih memilih stabilitas dan kontinuitas. Tantangan dan simulasi konstan mungkin penting untuk satu orang, sekaligus menciptakan keseimbangan kerja / hidup adalah yang terpenting ke yang lain.

Jadi, untuk secara efektif mengelola karir Anda, Anda perlu tahu lebih dari apa yang Anda gemari: Anda perlu memahami MENGAPA Anda ingin melakukannya. Anda perlu mencari tahu apa yang mendasari karakteristik pekerjaan adalah yang membuat tugas menyenangkan, menarik dan merangsang untuk Anda.

Untuk membantu orang menjawab pertanyaan ini, Edgar Schein, seorang spesialis dalam psikologi organisasi dan dinamika karir, mengidentifikasi delapan "jangkar karir." 

Memahami Teori


Teori Schein adalah bahwa setiap orang memiliki "jangkar karir dominan" dan bahwa dengan mengidentifikasi jangkar karir tertentu, Anda dapat menentukan karier dan peran yang akan memberikan kepuasan yang paling. Sebagai contoh, jika "layanan" adalah jangkar karir Anda, maka Anda bisa memilih dari berbagai pilihan karir yang memungkinkan Anda untuk melayani orang lain. Jika preferensi Anda adalah untuk "mengelola", Anda dapat mengatur orang-orang di berbagai industri dan di berbagai jenis pekerjaan.


Schein telah mengidentifikasi delapan jangkar karir, atau tema, yang mendefinisikan preferensi seseorang untuk satu jenis lingkungan kerja atas yang lain. Idenya adalah bahwa sekali Anda telah menentukan tema dominan Anda, Anda kemudian dapat mengidentifikasi jenis-jenis posisi yang memberikan kepuasan terbesar, dan sesuai rencana karir Anda.

Delapan jangkar / tema adalah:

1. Teknis / Fungsional:

Orang-orang termotivasi dengan menjadi benar-benar baik pada sesuatu (di sini, "teknis" tidak berarti "teknologi yang berkaitan", melainkan berarti menjadi profesional atau ahli di bidang tertentu. Sangat terampil) Orang dengan anchor ini berkembang pada peningkatan keterampilan dan menikmati lingkungan yang menantang di mana mereka dapat menunjukkan keahlian mereka.

Jenis pekerjaan orang-orang ini mencari dapat dalam khusus, industri, atau organisasi. Kuncinya adalah bahwa mereka harus mampu untuk menampilkan bakat mereka secara teratur. Peluang untuk mengajar dan membimbing orang lain yang sangat menarik bagi Teknis / Fungsional pekerja.

2. Umum Manajerial:

Berbeda dengan orang-orang Teknis / Fungsional, orang Manajerial Umum melihat spesialisasi sebagai pembatas. Orang-orang ini tidak ingin menjadi ahli: Mereka ingin memiliki ahli yang bekerja untuk mereka. Mereka menikmati mendelegasikan, pelatihan, pemecahan masalah, mengarahkan dan berurusan dengan orang-orang. Orang-orang ini cenderung analitis dan telah berkembang dengan baik keterampilan interpersonal.

Jenis Manajerial Umum dapat ditemukan di semua industri dan jenis organisasi dan kunci motivasi mereka adalah kepemimpinan, tanggung jawab dan kolaborasi.

3. Otonomi / Independence:

Orang-orang ini lebih memilih untuk bekerja di lingkungan di mana mereka dapat membuat aturan mereka sendiri, menetapkan standar mereka sendiri, dan bekerja independen lain. Mereka ingin mengontrol pekerjaan yang mereka lakukan dari awal sampai akhir dan mereka ingin diakui atas apa yang telah mereka capai: Semua sendiri.

Orang dengan anchor dalam Otonomi / Independence yang paling cocok untuk posisi di mana mereka diberi satu set harapan dan kemudian pergi untuk mencapai mereka. Pilihan karir yang baik meliputi konsultasi dan kontrak atau pekerjaan proyek.

4. Keamanan / Stabilitas:

Orang-orang ini adalah avoiders risiko. Mereka lebih tenang, stabil, dapat diprediksi lingkungan dan puas ketika mereka melakukan pekerjaan mereka kompeten. Mereka suka bekerja dalam organisasi yang sangat terstruktur di mana aturan dan harapan yang jelas. 

Jika mereka punya pilihan, orang-orang ini akan menjadi orang-orang yang tinggal dengan majikan yang sama sampai mereka pensiun.

Keamanan / Stabilitas pencari sering ditemukan dalam jumlah besar, perusahaan terpusat dan dalam organisasi pemerintah. Jenis pekerjaan yang mereka lakukan kurang penting dibandingkan apa pekerjaan menawarkan dalam hal gaji, tunjangan dan budaya organisasi yang stabil.


5. Wirausaha Kreativitas:

Orang dengan anchor dominan inventif, kreatif, dan energik. Mereka mengekspresikan kreativitas mereka dengan memulai bisnis baru (pengusaha) atau ujung tombak proyek baru dan arah baru bagi organisasi mereka bekerja. Orang-orang menghargai kepemilikan dan, tidak seperti orang-orang dengan preferensi Otonomi / Kemerdekaan, mereka menikmati bekerja dengan orang lain dan mengumpulkan bakat yang mereka butuhkan untuk melihat mimpi atau ciptaan mereka melalui membuahkan hasil.

Banyak orang yang lebih memilih Kreativitas Wirausaha adalah pemilik bisnis dan kekayaan sering merupakan ukuran keberhasilan bagi mereka. Lingkungan kerja bagi orang-orang dengan jangkar ini harus dinamis, karena mereka bosan dengan sangat mudah. Orang-orang mendapatkan gelisah jika mereka tidak menciptakan sesuatu.


6. Service / Dedikasi untuk a Cause:

Jangkar ini ditandai oleh keinginan untuk melayani orang lain. Orang-orang dalam kategori ini termotivasi oleh pekerjaan yang mencerminkan set mereka nilai-nilai inti bahkan jika pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan bakat mereka. Mereka menempatkan tujuan pekerjaan mereka menjelang pekerjaan itu sendiri. Mereka sering melihat pekerjaan mereka sebagai perpanjangan dari siapa mereka dan apa yang mereka perjuangkan.

Orang-orang ini ditemukan dalam profesi membantu dan organisasi tidak-untuk-profit. Sektor pelayanan publik yang menarik seperti membantu profesi dalam organisasi (SDM, konseling, keperawatan).

7. Tantangan Murni:

Orang-orang ini berkembang pada pemecahan masalah dan memenuhi tantangan. Mereka adalah rintangan yang sangat kompetitif dan melihat sebagai kesempatan untuk menguji diri mereka sendiri dan melihat seberapa baik mereka lakukan. "Kreativitas Wirausaha" jenis mudah bosan, tapi "Tantangan Murni" orang harus memiliki perubahan konstan untuk tetap termotivasi. Orang-orang akan selalu memiliki lebih dari satu karir dalam hidup mereka dan sering mengganti pekerjaan sering.

Lingkungan kerja yang sesuai dengan orang Tantangan Murni terbaik adalah salah satu di mana persaingan dan upaya individu sangat dianjurkan. Posisi penjualan biasanya sesuai dengan profil ini sebagai melakukan pekerjaan di mana ada tekanan yang ekstrim untuk melakukan.


8. Gaya hidup:

Orang ini menyadari bahwa kerja hanyalah satu bagian dari / hidupnya.
Kemampuan untuk menyeimbangkan pekerjaan, keluarga dan liburan sangat penting dan mereka akan memilih posisi yang memungkinkan mereka untuk mencapai keseimbangan ini. Mereka menolak peluang yang akan mendapatkan di jalan bagian lain dari kehidupan mereka. Mereka sering mengambil daun diperpanjang dari pekerjaan mereka dalam rangka melakukan perjalanan atau melakukan pekerjaan sukarela.

Gaya hidup orang "bekerja untuk hidup" dan mereka mencari organisasi yang menyediakan santai, budaya santai. Mereka juga sering ditemukan dalam posisi jenis omset tinggi atau dalam pekerjaan paruh waktu di mana mereka bekerja cukup lama untuk membuat uang yang mereka butuhkan untuk membiayai petualangan mereka berikutnya. 

Cara Menggunakan Perangkat


"Jangkar Karir Schein" memberikan panduan berguna ketika Anda sedang mempersiapkan rencana pengembangan karir. Dengan membandingkan diri Anda, nilai-nilai Anda, dan motivasi Anda dengan jangkar utama, Anda bisa mendapatkan rasa yang lebih baik dari jenis pekerjaan yang Anda akan mendapatkan banyak kepuasan dari. Alih-alih mencoba untuk menyesuaikan diri ke karir model, Schein menawarkan cara mengidentifikasi karier atau peran yang sesuai dengan Anda.
Langkah-langkah berikut menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan model Schein untuk berpikir tentang pengembangan karir Anda:
  1. Sebutkan posisi Anda diadakan dalam karir Anda di masa lalu dan, setiap saat Anda pegang dalam sebuah tabel seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1, di bawah ini.

Gambar 1: Nilai dan Motivator Analisis
Posisi
Nilai dan Motivator
Jangkar positif
Jangkar Negatif
Positif
Negatif




















  1. Pada kolom berikutnya, tuliskan karakteristik dari setiap pekerjaan yang Anda paling suka. Pikirkan tentang apa yang Anda dihargai dan apa yang memotivasi Anda. Apakah Anda menikmati tugas-tugas tertentu, budaya, tujuan organisasi, orang-orang, jam?
  2. Sekarang pikirkan tentang karakteristik masing-masing pekerjaan atau peran yang Anda disukai atau menemukan motivasi. Daftar ini di kolom ketiga. Ini adalah "nilai-nilai dan demotivator negatif" Anda.
  3. Sekarang meninjau deskripsi Schein Delapan Anchors Karir, di atas. Yang ini paling dekat menggambarkan nilai-nilai positif dan motivator? Yang paling dekat menggambarkan nilai-nilai negatif dan motivator?
  4. Menganalisis daftar Anda untuk pola dan karakteristik positif dan negatif umum dan jangkar yang cocok. Jangkar yang jangkar atau tampaknya dominan bagi Anda? Jadilah terbuka untuk kejutan. Kadang-kadang jangkar Anda "merasa" Anda miliki dengan membaca deskripsi bukan yang paling menunjukkan nilai-nilai sejati Anda dan drivers.Often ada dua atau tiga jangkar yang bisa memegang posisi teratas. Gunakan pertimbangan Anda, membaca kembali deskripsi, dan memilih yang dominan terbaik cocok untuk nilai-nilai dan motivator yang telah Anda identifikasi.
  5. Sekali Anda telah mengidentifikasi jangkar dominan atau jangkar, Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membantu merumuskan rencana pengembangan karir Anda, tujuan yang ditetapkan dalam karir Anda atau menganalisis masalah atau peluang yang Anda miliki dalam posisi Anda saat ini.
Tip: Ingatlah bahwa pekerjaan yang berbeda dan situasi mengedepankan perilaku yang berbeda dan jangkar dominan yang berbeda. Misalnya, orang di awal karir mereka mungkin tidak memiliki peluang manajemen, dan karena itu mungkin paling terkait dengan Teknis / Fungsional jangkar. Kemudian mereka dapat, misalnya, beralih ke jangkar Manajerial Umum. Dan jika prioritas hidup berubah, mereka dapat mengidentifikasi paling dekat dengan anchor Lifestyle.

Jangan terlalu kaku dengan teori ini: Gunakan untuk bimbingan, dan sebagai salah satu masukan untuk rencana pengembangan karir Anda. 

Poin Penting :

"Jangkar Karir Schein" adalah salah satu dari sejumlah alat dihormati yang dapat membantu Anda menemukan arah dalam karir Anda. Menggunakan pengetahuan itu memberi Anda untuk berpikir tentang perkembangan karir Anda, dan sebagai titik awal untuk perencanaan karir Anda.

Dengan memahami apa yang mendasari keberhasilan Anda dan kepuasan kerja, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dunia, dan mengembangkan karir yang memberikan kepuasan sejati dan pemenuhan.


 

Video

Loading...