Laman

AddThis Smart Layers

4.8. Big Five Personality Traits Model

Membandingkan Kepribadian dengan Peran

Bandingkan kepribadian Anda dengan peran pekerjaan Anda.

Apakah Anda pernah bekerja di sebuah pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda? Atau Anda merekrut orang di masa lalu yang tidak berhasil dalam peran mereka, meskipun mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan?


Banyak dari kita telah mengambil pekerjaan yang tidak cocok. 
Sebagai contoh, gambar orang, pendiam dan pemalu berpikir melangkah ke posisi penjualan tekanan tinggi, di mana mereka harus membuat banyak panggilan telepon. Atau seseorang yang sangat memerintahkan dan rinci, mengambil pekerjaan di sebuah perusahaan perangkat lunak start-up, di mana setiap orang memiliki peran yang luas, dan semua didorong untuk menjadi fleksibel dalam cara mereka mendekati tugas.

Ketika kepribadian seseorang tidak sesuai pekerjaan, semua orang kehilangan. Tidak saja mereka akan senang dengan mereka untuk ketidaksesuaian peran, Tapi organisasi mungkin akan juga menderita absensi meningkat, produktivitas rendah, dan hilangnya investasi apapun dalam pelatihan ketika orang yang meninggalkan.

Ini adalah tempat Big Five Personality Traits Model dapat membantu, sebagai cara untuk mengukur dimensi kepribadian yang paling penting. Dengan pemahaman tentang dimensi ini, lebih baik Anda akan memahami apa peran cocok Anda terbaik, dan Anda akan dapat mempekerjakan orang-orang yang benar sesuai dengan posisi Anda mencoba untuk mengisi.

Memahami Model

Big Five Personality Traits model didasarkan pada temuan dari beberapa peneliti independen dating kembali ke 1950-an. Tetapi model seperti sekarang tidak mulai mengambil bentuk sampai tahun 1990-an. Lewis Goldberg, seorang peneliti di Oregon Research Institute, dikreditkan dengan penamaan model "The Big Five", dan sekarang skala kepribadian dihormati secara luas, yang secara rutin digunakan dalam bisnis dan dalam penelitian psikologis.

The "Big Five" Model Kepribadian:

Menurut model "Big Five" kepribadian, dimensi yang paling penting dari kepribadian orang-orang di tempat kerja adalah: 

1. Introversion/Extraversion        :           Introversi / Extraversi
2. Agreeableness                              :           Keramahan
3. Openness                                      :           Keterbukaan
4. Natural Reactions                       :           Reaksi alami
5. Conscientiousness                      :           Sifat berhati-hati

Introversi / Extraversion:

Beberapa orang yang banyak bicara, ramah, dan sosial percaya diri.

Mereka seperti orang lain dan cenderung sosio-pusat. Mereka merasa nyaman dalam kelompok dan tim dan menikmati kontak intensif dan ekstensif orang. Lainnya yang tenang, pensiun, dan tampaknya malu. Mereka lebih suka bekerja sendiri dan memiliki kebutuhan yang jauh lebih rendah untuk kontak sosial dari segala jenis. Hal ini, tentu saja, adalah introversi-extraversion.The pertanyaan penting di sini adalah tentang kontak sosial di tempat kerja: dengan kolega dan orang asing (misalnya pelanggan). Orang bisa bersemangat, dihidupkan dan energi melalui kontak sosial, atau takut dan kelelahan oleh itu.

Contoh item extraversion

  • Akulah kehidupan partai.
  • Saya tidak keberatan menjadi pusat perhatian.
  • Aku merasa nyaman di sekitar orang.
  • Aku memulai percakapan.
  • Saya berbicara dengan banyak orang yang berbeda di pesta-pesta.
  • Saya tidak bicara banyak. (Terbalik)
  • Saya terus di latar belakang. (Terbalik)
  • Saya hanya memiliki sedikit untuk mengatakan. (Terbalik)
  • Aku tidak ingin menarik perhatian pada diri sendiri. (Terbalik)
  • Aku terdiam di sekitar orang asing. (Terbalik) [31]

Keramahan:

Selanjutnya, beberapa orang cenderung cerah, ceria, hangat dan empatik sementara yang lain keras, tidak simpatik, dan pemarah. Ini adalah tentang menjadi keras atau softhearted. Ini tentang sensitivitas dan minat dalam perasaan orang lain. Dimensi ini disebut keramahan. Namun keramahan dapat menjadi cacat ketika manajer menyenangkan harus berurusan dengan staf bandel, sulit dan tidak menyenangkan. Kehangatan alami mereka dan kebaikan dapat mencegah mereka dari "'pantat kickin" sesering yang seharusnya.

Contoh item keramahan

  • Saya tertarik pada orang.
  • Saya bersimpati dengan perasaan orang lain.
  • Aku memiliki hati yang lembut.
  • Aku meluangkan waktu untuk orang lain.
  • Saya merasa emosi orang lain '.
  • Saya membuat orang merasa nyaman.
  • Saya tidak benar-benar tertarik pada orang lain. (Terbalik)
  • Aku menghina orang. (Terbalik)
  • Saya tidak tertarik pada masalah orang lain. (Terbalik)
  • Saya merasa sedikit perhatian bagi orang lain. (Terbalik)

Keterbukaan:

Ketiga, beberapa orang ingin tahu, imajinatif dan artistik, sementara yang lain praktis dan terfokus. Dimensi ini disebut keterbukaan terhadap pengalaman. Orang-orang lebih terbuka, semakin rentan terhadap kebosanan mereka. Mereka berpikir di luar kotak terlalu banyak.

Contoh keterbukaan item

  • Saya memiliki kosakata yang kaya.
  • Saya memiliki imajinasi yang jelas.
  • Saya memiliki ide-ide yang sangat baik.
  • Saya cepat untuk memahami hal.
  • Saya menggunakan kata-kata sulit.
  • Aku menghabiskan waktu merenungkan hal.
  • Saya penuh ide.
  • Saya tidak tertarik pada abstraksi. (Terbalik)
  • Saya tidak memiliki imajinasi yang baik. (Terbalik)
  • Saya mengalami kesulitan memahami ide-ide abstrak. (Terbalik)

Reaksi Alami :

Beberapa orang yang tenang, puas dan tenang. Mereka stabil di bawah api, ulet dan emosional yang kuat. Lainnya adalah mudah marah, tegang, cemas, murung dan sangat tegang. Hal ini, singkatnya, kemampuan untuk menangani tekanan dan stres. Kami menyebutnya Reaksi Alam. Pekerjaan yang paling memiliki beberapa sumber stres. Ketat tenggang waktu. Puas pelanggan. Bersaing tuntutan. Malas staf. Standar kinerja yang sulit. 

Pada, orang-orang ekstrem yang tidak dapat menangani stres gua-in dengan penyakit psikosomatis, depresi atau perilaku tak menentu. Mereka dapat menjadi ancaman bagi diri mereka sendiri, kolega mereka dan bisnis.

Contoh item neurotisisme

  • Saya mudah terganggu.
  • Saya mengubah suasana hati saya banyak.
  • Aku kesal dengan mudah.
  • Saya mendapatkan stres dengan mudah.
  • Saya marah dengan mudah.
  • Saya memiliki perubahan suasana hati sering.
  • Saya sering merasa biru.
  • Aku khawatir tentang hal-hal.
  • Saya santai sebagian besar waktu. (Terbalik)

Kesadaran: Sifat berhati-hati

Dan akhirnya, ada kesadaran, etika kerja, ketekunan, dan kehati-hatian. Beberapa orang bekerja keras, disiplin dan terorganisir. Lainnya adalah (sayangnya) tidak teratur, mudah terganggu dan tidak bisa diandalkan. Nurani orang memiliki disiplin diri, drive dan sebuah arah. Mereka tetap tinggal dan datang di saat diperlukan atas dan di atas apa yang dikatakannya dalam kontrak mereka. Mereka hanya membutuhkan arah dan imbalan yang sesuai.

Contoh item kesadaran

  • Saya selalu siap.
  • Saya memperhatikan detail.
  • Saya mendapatkan pekerjaan dilakukan dengan benar pergi.
  • Aku suka ketertiban.
  • Aku mengikuti jadwal.
  • Saya menuntut dalam pekerjaan saya.
  • Saya meninggalkan barang saya sekitar. (Terbalik)
  • Aku membuat kekacauan hal. (Terbalik)
  • Saya sering lupa untuk meletakkan segala sesuatu kembali di tempat yang tepat. (Terbalik)
  • Saya syirik tugas saya. (Terbalik)


Catatan:
Hal ini kadang-kadang juga disebut model OCEAN, setelah huruf pertama dari masing-masing dimensi. 

Mengambil Test

Banyak situs memungkinkan Anda untuk mengambil Lima Kepribadian tes Big Sifat secara gratis. Anda dapat menemukan versi populer di sini.

Tergantung pada tes yang Anda ambil, Anda akan melihat skor disajikan dalam cara yang berbeda. Tes ini memberikan skor untuk masing-masing dimensi, membiarkan Anda tahu jika Anda skor tinggi atau rendah dibandingkan dengan orang lain yang telah mengambil tes.

Tes lain memberikan nilai yang terlihat seperti serangkaian huruf dan angka (contoh bisa O93-C74-E31-A96-N5). Surat-surat berdiri untuk masing-masing dimensi, dan angka berdiri untuk persentase orang yang mencetak lebih rendah dari Anda untuk masing-masing dimensi. Di sini, O93 berarti bahwa 93% dari orang-orang yang mengambil tes skor lebih rendah daripada Anda dalam keterbukaan. Oleh karena itu, dibandingkan dengan orang lain, Anda sangat terbuka untuk memiliki pengalaman baru dan menjadi kreatif. C74 berarti bahwa 74% dari orang-orang yang mengambil tes skor lebih rendah daripada Anda dalam kesadaran. Jadi, Anda cukup terorganisir dan disiplin, dibandingkan dengan orang lain yang mengambil tes. 

Cara Menggunakan Skor Anda

Setelah Anda telah mengambil Big Five tes kepribadian, apa yang Anda benar-benar melakukan dengan informasi? Jika Anda menggunakan tes dalam perekrutan, bagaimana Anda memahami data?
  • Untuk pekerjaan Anda - Gunakan ini wawasan baru ke kepribadian Anda untuk menentukan apakah Anda berada di peran yang tepat. Misalnya, jika Anda mencetak tinggi pada extraversion dan reaksi alami, Anda menyukai kerumunan tapi kau mudah stres dan gugup.
  • Dalam contoh ini, jika peran Anda saat ini adalah posisi tinggi stres dan membuat Anda terisolasi di kantor sebagian besar hari, peran Anda mungkin tidak sesuai dengan kepribadian Anda dengan baik. Di sini, Anda bisa menggunakan hasil untuk mengidentifikasi peran baru atau arah karir yang akan lebih cocok. Atau, Anda bisa menggunakan hasil untuk mengambil tanggung jawab ekstra, atau mengubah cara Anda bekerja, mungkin dengan pindah ke kantor lain di mana Anda mendapatkan untuk bekerja bersama lebih dari tim Anda.
  • Untuk merekrut - Gunakan tes untuk menemukan seseorang yang benar-benar cocok pekerjaan Anda mencoba untuk mengisi. Mulailah dengan melihat tanggung jawab posisi itu.
  • Misalnya, apakah posisi ini membutuhkan pemain tim atau seseorang yang bekerja dengan baik secara independen? Apakah budaya perusahaan yang sangat birokratis dan terorganisir, atau lebih artistik dan santai? Apakah tuntutan peran berpikir out-of-the-box, atau seseorang yang rutinitas berikut sangat nyaman?
  • Setelah Anda mengidentifikasi "kepribadian" peran, gunakan Big Five Personality Traits Model untuk menemukan seseorang yang kepribadian cocok untuk posisi itu. Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan tes perekrutan lainnya.
Catatan:
Ingat bahwa Lima Besar Sifat Kepribadian Model hanya merupakan indikasi dari apa peran yang terbaik untuk Anda (lihat juga artikel kami tentang Kode Holland untuk pendekatan lain untuk ini), atau yang karyawan potensial mungkin yang terbaik untuk peran. Menjadi cocok menurut model tidak akan selalu menjamin kesuksesan dalam peran. 

Poin Penting :

The Big Five Personality Traits Model mengukur lima dimensi utama kepribadian seseorang: keterbukaan, kesadaran, keterbukaan / introversi, keramahan, dan reaksi alami.

Anda dapat menggunakan wawasan dari model ini untuk lebih memahami diri sendiri, dan jenis peran yang Anda paling mungkin untuk menikmati. Anda juga dapat menggunakan model sebagai bagian dari proses perekrutan, untuk menemukan orang-orang yang kepribadian paling cocok dengan peran yang Anda tawarkan.