Laman

AddThis Smart Layers

8. Keuangan untuk Non-Spesialis

8.1. Memahami Account
Dasar Keuangan untuk Manajer Non-Keuangan


Mengetahui jalan di spreadsheet dapat membantu karir Anda.

Ini bukan spesialis akuntansi hanya yang berurusan dengan spreadsheet, dan tokoh-tokoh, dan sisi keuangan dari bisnis.

Ini sangat mungkin bahwa, sebagai manajer lini atau sebagai kepala departemen, Anda harus bisa menganalisis spreadsheet pada beberapa titik, atau memiliki beberapa bentuk rekaman keuangan untuk melakukan sebagai bagian dari deskripsi pekerjaan Anda.


Namun, jika Anda merasa bingung dengan neraca, atau bingung dengan laporan arus kas, maka baca terus. Artikel ini akan membawa Anda melalui dasar-dasar keuangan untuk manajer non-keuangan, untuk membantu Anda menjadi akrab dengan terminologi - dan apa artinya semua itu.

Manajemen keuangan merupakan aspek penting dari setiap bisnis berkembang. Profit maksimisasi, atau maksimalisasi kekayaan pemegang saham, adalah dua keprihatinan nyata bagi organisasi apapun - dan mereka bergantung pada keputusan keuangan yang solid. Untuk membuat keputusan yang baik, manajemen perlu informasi yang baik. Dan informasi yang berasal dari sistem akuntansi.

Dari sistem akuntansi datang laporan keuangan. Pernyataan-pernyataan ini berisi informasi penting tentang hasil operasi organisasi. Informasi ini penting untuk manajemen yang efektif, dan kontrol keuangan. Sebagai seorang manajer, atau orang lain dengan tanggung jawab keuangan, Anda harus mampu menafsirkan informasi ini sendiri.

Laporan keuangan berisi informasi penting tentang perusahaan Anda hasil operasi dan posisi keuangan. Hubungan antara item tertentu dari data keuangan dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah di mana perusahaan Anda unggul dan, lebih penting, dimana ada kesempatan untuk perbaikan. Menggunakan, pemahaman, dan menafsirkan pernyataan-pernyataan ini akan membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Laporan Keuangan Dasar Laporan

Bisnis catatan kinerja mereka dalam format standar yang disebut laporan keuangan. Yang paling umum ini adalah:
  • Neraca (juga dikenal sebagai Pernyataan Posisi Keuangan, atau Pernyataan Kondisi Keuangan).
  • Laporan Laba Rugi (Laporan Laba Rugi, Laporan Laba, Laporan Operasi).
  • Laporan Arus Kas.
Sementara pernyataan-pernyataan ini melihat aspek yang berbeda dari perusahaan, mereka saling berhubungan dan tergantung satu sama lain, sebagai informasi dari satu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan yang lain. Kunci untuk memahami rekening adalah memiliki pemahaman yang baik dari apa yang laporan dasar yang ada untuk melakukan: bagaimana mereka siap, apa yang mereka katakan, dan apa yang mereka lakukan tidak. 



Tips 1:
Artikel ini mengacu pada banyak dan istilah akuntansi keuangan, banyak yang dapat ditemukan di
artikel kita kata yang digunakan dalam ... Akuntansi Keuangan.

Tips 2:
Jika Anda tidak di semua terbiasa dengan rekening, artikel ini akan tampak cukup rumit. Namun, ini adalah informasi yang sangat penting setelah Anda mendapatkan melebihi tingkat tertentu dalam karier Anda, sehingga layak bertahan dengan itu!

Baca artikel ini tiga kali: pertama, skim untuk mendapatkan gambaran tentang apa laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Kemudian memberikan kembali membaca sehingga menyeluruh bahwa Anda memahami apa yang terjadi secara rinci. Akhirnya, bekerja melalui lagi untuk semen pemahaman Anda. Dan jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan saja di forum!



Proses Pembukuan

Setiap kali organisasi Anda melakukan transaksi bisnis, status perubahan account. Dalam sebuah perusahaan ritel, misalnya, ketika penjualan dibuat, kenaikan akun kas, dan persediaan berkurang. Proses pembukuan melacak perubahan-perubahan dalam berbagai buku besar dan jurnal. Laporan keuangan disusun dengan menggunakan informasi kemudian ini.

Akuntansi didasarkan pada persamaan dasar akuntansi: 
Total Aktiva = Total Kewajiban + Ekuitas

Ini pada dasarnya berarti bahwa perbedaan antara apa bisnis memiliki dan apa yang berutang mewakili ekuitas pemilik perusahaan miliki.

Untuk menjaga persamaan dalam keseimbangan berarti bahwa, dengan setiap transaksi, setidaknya dua account - dan saldo rekening pada mereka - akan berubah. Akuntansi adalah proses melacak perubahan-perubahan, dan merekam dan kemudian pelaporan mereka.

Contoh Transaksi: Pada tanggal 2 Agustus 2008, Pipa Tom membeli komputer untuk $ 1500 dengan deposit uang tunai $ 500, dan sisanya pada program kredit toko. Ada tiga akun yang dipengaruhi:
  • Akun aset 'Peralatan. "
  • Akun aset 'Kas. "
  • Para akun kewajiban 'Utang Usaha. "
Account tersebut tertentu dapat ditemukan dalam apa yang disebut Bagan Akun. Peralatan judul, Kas, dan Hutang tidak acak, ini adalah rekening khusus yang diidentifikasi sebagai relevan dengan perusahaan sebelum mulai beroperasi sebagai sebuah bisnis.

Chart Rekening adalah daftar semua akun yang digunakan oleh perusahaan untuk mencatat transaksi keuangan. Akun-akun yang dikelompokkan menurut jenis, dan kemudian nomor menggunakan konvensi sebagai berikut: 

Aset 101-199.
Kewajiban 200-299.
Ekuitas 300-399.
Pendapatan 400-499.
Beban 500-599 (beberapa sistem menggunakan 600s).

Untuk melacak transaksi secara efisien, Jurnal Umum (Buku Asli Entry) digunakan. Jurnal mencatat apa yang terjadi, akun yang dipengaruhi, dan jumlah dolar.

Setelah Anda mengidentifikasi account yang terlibat, Anda perlu menerapkan aturan-aturan apa yang akuntan sebut 'analisis transaksi. " Hal ini melibatkan berikut:
  • Aset dan Beban account debit meningkat, dan menurun dengan kredit.
  • Kewajiban, Ekuitas, dan akun Pendapatan meningkat dengan kredit, dan menurun debit.
Contoh:

Memiliki catatan kronologis transaksi bisnis 'ini sangat berguna, jika Anda harus kembali dan meninjau transaksi tertentu di kemudian hari. Masalah dengan menyimpan informasi dalam format ini, meskipun, adalah bahwa tidak ada cara untuk menentukan berapa saldo yang sebenarnya dalam account masing-masing setelah setiap transaksi. Sebagai contoh, Anda mungkin perlu tahu berapa banyak uang tunai sebenarnya dalam akun kas, dan dengan demikian dalam rekening bank, pada waktu tertentu. Untuk melacak saldo rekening, akuntan menggunakan apa yang disebut General Ledger.

General Ledger terdiri dari akun buku besar, satu untuk setiap account didirikan di Bagan Akun. Debit dan kredit untuk setiap account yang diposting ke buku besar dari jurnal, dan sisanya disimpan saat ini. Posting adalah proses mentransfer sejumlah dari jurnal umum ke khusus akun buku besar umum. Karena entri dicatat dalam buku besar setelah jurnal, buku besar umum sering disebut Kitab Masuk Akhir.

Berikut ini sebuah contoh:

Catatan account saldo dari bulan sebelumnya di rekening Kas dan Pinjaman Bank. The 'Saldo' kolom digunakan untuk menyimpan total menjalankan saldo rekening.

Proses penjurnalan dan posting adalah dua langkah pertama dari siklus akuntansi keseluruhan. Dari sana, Laporan Keuangan disusun.

Seperti disebutkan sebelumnya, laporan keuangan yang saling terkait. Untuk lebih memahami hubungan antara pernyataan-pernyataan ini, kita akan melihat pernyataan Pipa Tom sebagai mereka berubah dari awal periode akuntansi sampai akhir.

Neraca keuangan

Sebuah Neraca menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan pada satu titik waktu, itu menunjukkan bisnis apa yang memiliki dan berutang. Jurnal umum menangkap sehari-hari saldo rekening. Pada akhir periode akuntansi, Neraca disiapkan.

Neraca memiliki tiga bagian:

Aset - hal nilai bahwa perusahaan memiliki.
 
Kewajiban - kewajiban untuk membayar atau memberikan barang atau jasa di kemudian hari.
 
Ekuitas - jumlah aktiva bersih (aktiva - kewajiban) karena para pemilik bisnis.

Neraca adalah bernama seperti itu karena total aset harus sama dengan total kewajiban dan ekuitas. Apa perusahaan sama memiliki apa yang berutang ke kreditor dan pemilik. 

Tom Plumbing
Neraca keuangan
Pada 31 Juli 2008
Aset

Kewajiban


Kas
5,500
Pinjaman Bank
5,000

Inventaris
8,000
Utang Usaha
1,000

Piutang
3,500
Jumlah Kewajiban

6,000
Peralatan
2,500





Keadilan




Modal Disetor
10,000



Saldo Laba
3,500



Jumlah Ekuitas

13,500
Jumlah Aktiva
19,500
Jumlah Kewajiban & Ekuitas

19,500

Seperti pada tanggal 31 Juli, Pipa Tom telah $ 19.500 pada Aktiva, Kewajiban $ 6.000, dan $ 13,500 Ekuitas.

Staf akuntansi di Pipa Tom patuh merekam semua transaksi yang terjadi selama bulan Agustus, dan mereka mempersiapkan Laporan Laba Rugi untuk meringkas informasi.

Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Pada titik tertentu selama setahun, bisnis masing-masing ingin tahu seberapa baik yang dilakukannya. Apakah mendapatkan keuntungan? Apakah kehilangan uang? Hanya seberapa baik itu lakukan dibandingkan dengan perusahaan lain? Apakah mungkin untuk dapat memperoleh keuntungan di masa depan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, ia menggunakan sebuah Laporan Laba Rugi.

Laporan Laba Rugi mengkomunikasikan masuknya pendapatan , dan keluar dari biaya , selama periode waktu tertentu. Pendapatan adalah arus masuk aktiva (yaitu tunai atau piutang) untuk perusahaan sebagai imbalan untuk jasa yang dilakukan, atau barang yang dijual. Beban adalah arus keluar atau konsumsi aset (kas yaitu, persediaan, persediaan), atau kewajiban yang timbul (yaitu hutang, hutang pajak) sementara menghasilkan pendapatan. Perbedaan antara keduanya adalah Laba Bersih .

Sebuah Laporan Laba Rugi sehingga menunjukkan laba operasi (atau kerugian) dari bisnis.

Tom Plumbing
Laporan Laba Rugi
Untuk bulan yang berakhir 31 Agustus 2008
Pendapatan


Pendapatan Penjualan
7,000

Perbaikan Pendapatan
3,000

Jumlah Pendapatan

10,000
Beban


Sewa
550

Upah
2,300

Inventaris
4,000

Penyusutan
200

Total Pengeluaran

7,050
Laba Bersih

2,950

Jumlah Pendapatan bersih adalah jumlah dimana ekuitas perusahaan bertambah atau berkurang untuk periode tersebut. Sebuah akun ekuitas digunakan untuk mencatat perubahan yang dihasilkan dari operasi bisnis. Dalam perusahaan perseorangan, ini biasanya disebut Laba Ditahan. Dalam perusahaan, hal itu disebut Ekuitas Pemilik.
 
Ketika Tom pergi Plumbing untuk menyiapkan Neraca sebagai pada tanggal 31 Agustus 2008, harus menyertakan $ 2.950 Laba Bersih sebagai peningkatan ke Rekening Saldo Laba. Neraca untuk akhir bulan ini juga dipersiapkan: 


Banyak orang cenderung berpikir bahwa, karena Pipa Tom memiliki penghasilan bersih sebesar $ 2950, ​​akun kas meningkat sebesar $ 2950. Seperti yang Anda lihat, ini tidak terjadi: tunai meningkat hanya $ 550. Alasan untuk ini adalah karena pendapatan dapat dipertanggungjawabkan dengan cara lain daripada uang tunai, dan kegiatan lain selain operasi, seperti pembiayaan dan investasi, dapat mempengaruhi kas. Untuk mendapatkan gambaran akurat dari kas aktual yang dihasilkan oleh bisnis dalam suatu periode Anda harus mempersiapkan Laporan Arus Kas (Laporan Perubahan Posisi Keuangan).

Laporan Arus Kas

Kas Laporan Arus catatan arus masuk dan arus keluar kas selama periode waktu, dan dibagi ke dalam aliran kas dari operasi, pembiayaan, dan kegiatan investasi. Untuk menyiapkan laporan arus kas Anda harus mengkonversi laba bersih dari akuntansi berbasis akrual uang tunai. Karena itu Anda harus menambahkan dan mengurangi perubahan dalam account non-tunai yang telah diperoleh selama periode tersebut.

Misalnya, Anda perlu menambahkan kembali jumlah penyusutan, karena walaupun beban penyusutan laba bersih menurun, ia tidak memiliki bantalan pada kas aktual. Demikian juga, Anda harus mengurangi setiap penurunan hutang karena itu adalah penggunaan kas yang tidak dicatat pada Laporan Laba Rugi. Tabel berikut menguraikan sumber utama dan penggunaan kas: 

Sumber Kas
Penggunaan Kas
Operasi
Dividen Kas
Baru pinjaman
Pelunasan pinjaman
Baru isu saham atau investasi pemilik
Pembelian kembali saham
Penjualan properti, peralatan pabrik, atau
Pembelian properti, peralatan pabrik, atau
Penjualan non-saat aset
Pembelian tidak lancar lainnya aset


Dengan menganalisis perbedaan antara neraca untuk awal periode dan akhir periode, dan akuntansi untuk pendapatan bersih untuk periode tersebut, Anda dapat mempersiapkan Laporan Arus Kas:


Kenaikan dolar $ 550 dalam uang tunai telah dijelaskan dengan mengubah jumlah yang masih harus dibayar menjadi nilai tunai aktual.

Memahami keterkaitan laporan keuangan sangat penting ketika membaca dan menafsirkan mereka. Memahami di mana angka-angka berasal dari, dan apa yang sebenarnya mereka maksud, adalah sangat penting ketika mengevaluasi kinerja Anda sendiri, atau membandingkan kinerja Anda kepada orang lain.

Interpretasi Laporan Keuangan

Bersenjata dengan beberapa pengetahuan tentang rekening, penting untuk memahami apa sebenarnya pernyataan memberitahu Anda.

Pernyataan Penghasilan yang mengatakan:

  • Laporan Laba Rugi laporan utama dan setiap sumber pendapatan sekunder. Sebagai contoh, Pendapatan Jasa akan menjadi pendapatan utama di kantor gigi. Jika mereka memiliki obligasi, sumber sekunder pendapatan akan Earned Bunga dari Investasi Obligasi.
  • Istilah yang digunakan untuk menggambarkan pendapatan akan memberikan petunjuk tentang sifat organisasi. Sebagai contoh, Pendapatan Jasa menyiratkan sebuah perusahaan jasa; Komisi Earned menyiratkan broker, sedangkan Penjualan menyiratkan sebuah perusahaan ritel atau grosir.
  • Item yang terdaftar sebagai beban itu berakhir, berarti mereka tidak memiliki nilai meninggalkan berguna.
  • Hasil pencocokan pendapatan dan beban menghasilkan Laba Bersih Laba Bersih atau jika pernyataan ini disebut Pernyataan Penghasilan. Istilah 'bersih' berarti bahwa pendapatan dan biaya telah dicocokkan, dan oleh karena itu bukan atas atau di bawah laporan pendapatan (rugi).

 

Laporan Laba Rugi yang tidak mengatakan:

  • Sebuah Laporan Laba Rugi tidak memprediksi pendapatan bersih masa depan untuk setiap periode akuntansi. Karena masa depan penuh ketidakpastian, seorang pembaca Pernyataan Penghasilan historis tidak dapat bergantung pada hasil yang dilaporkan dari setiap periode tunggal untuk indikasi hasil di masa mendatang.
  • Sebuah Laporan Laba Rugi, tidak peduli seberapa siap, tidak memberikan pengukuran yang tepat dari laba bersih untuk periode akuntansi. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, adalah mustahil untuk mendapatkan yang sama persis. Perhatikan, misalnya, beban iklan. Jika manajemen menghabiskan $ 1.000 dalam bulan Desember pada iklan, dan mencapai $ 5000 pendapatan penjualan untuk bulan Desember, itu tidak berarti bahwa iklan membawa persis $ 5000 pendapatan. Ada juga mungkin pendapatan yang dihasilkan pada bulan Januari yang dapat dikaitkan dengan iklan Desember. Ketika sulit untuk mengukur, biaya dicatat pada periode itu terjadi.
  • Sebuah Laporan Laba Rugi tidak melaporkan Laba Benar, yang merupakan selisih antara total dana yang diinvestasikan selama hidup perusahaan dan dana yang diperoleh dari penjualan perusahaan. Untuk menghitung ini, Anda harus menghitung perbedaan antara aset yang diinvestasikan selama masa bisnis, dan jumlah akhirnya menerima dari aset yang tersisa setelah penutupan bisnis. Anda juga harus memotong setiap penarikan pribadi karena ini benar-benar dibayar dari 'keuntungan. "
  • Laba Bersih tidak berarti uang tunai! Selalu diingat bahwa pendapatan bersih adalah kelebihan pendapatan atas biaya terkait untuk periode akuntansi tertentu. Kas telah sangat sedikit hubungannya dengan menentukan laba bersih. Benar, pendapatan mengacu pada arus masuk kas dan biaya untuk keluar, tapi sering masuk kas digunakan untuk investasi lebih lanjut. Selain itu, pendapatan dan biaya dicatat pada saat terjadinya, bukan saat uang berpindah tangan. Bagaimana dengan kasus beban penyusutan yang tidak mewakili arus kas sama sekali?

Neraca yang mengatakan:

  • Sebuah Neraca memberikan pembaca ringkasan rinci tentang aset dan klaim terhadap aset-aset, seperti pada tanggal tertentu.
  • Sebuah Neraca menyediakan pembaca dengan informasi tentang posisi keuangan perusahaan berkaitan dengan kemampuannya untuk membayar utang saat ini. Dengan membandingkan aktiva lancar terhadap kewajiban lancar, pembaca dapat menilai apakah perusahaan berada dalam posisi untuk memenuhi untuk memenuhi jangka pendek kewajibannya keuangan.
  • Sebuah Neraca memberikan pembaca pandangan posisi keuangan perusahaan untuk menjalankan kegiatan usahanya. Bagian aset tetap menunjukkan berapa banyak sumber daya perusahaan telah bekerja untuk itu untuk membantu dalam menghasilkan pendapatan.
  • Akhirnya, Neraca mengungkapkan kekuatan klaim pemilik terhadap aset. Ingat, bagaimanapun, bahwa klaim ini merupakan peninggalan, atau klaim tersisa setelah para kreditur.

 Neraca yang tidak mengatakan:

  • Sebuah Neraca tidak melaporkan rincian tentang bagaimana keuntungan dibuat. Informasi yang berasal dari Laporan Laba Rugi.
  • Sebuah Neraca tidak menunjukkan klaim dari kreditur dan pemilik (s) terhadap aset tertentu. Klaim terhadap aset secara umum.
  • 'Modal' kata di bawah ekuitas pemilik tidak harus ditafsirkan sebagai kas. Investasi dapat datang dalam berbagai bentuk - uang tunai yang hanya salah satu dari mereka. Investasi uang asli pemilik mungkin pergi terutama untuk membeli aktiva tetap dalam rangka untuk membantu generasi pendapatan. Modal berarti investasi tidak tunai.
  • Sebuah Neraca tidak melaporkan nilai pasar, nilai saat ini, atau nilai bisnis. Banyak pembaca percaya total aset merupakan bundel cadangan kas masa depan. Hal ini tidak benar karena aset tetap dilaporkan pada biaya historis, dan tujuan mereka adalah untuk membantu generasi pendapatan. Mereka tidak dimaksudkan untuk dijual untuk meningkatkan arus kas.

Poin Penting :


Akuntansi adalah bahasa tersendiri. Untuk menjadi sempurna lancar membutuhkan banyak pelatihan dan pengalaman. Untungnya, manajer non-keuangan, dan karyawan lain dengan tanggung jawab keuangan, bisa belajar untuk menjadi fasih dengan istilah kunci. Proses pembukuan adalah bagaimana hari-hari transaksi dicatat. Saldo dalam berbagai rekening dilacak dan diringkas dalam laporan keuangan. Laporan keuangan membawa lingkaran siklus penuh karena mereka mencerminkan perubahan yang terjadi selama periode akuntansi. 

Dengan memahami siklus ini, Anda memiliki apresiasi yang lebih baik untuk nomor pada laporan keuangan, dan Anda dapat menggunakannya untuk membuat keputusan manajerial suara. 




 

Video

Loading...