Laman

AddThis Smart Layers

14.10. Melakukan Lebih dari Satu Pekerjaan

Bagaimana untuk menyulap Peran Beberapa di Tempat Kerja

Bagaimana Anda beralih di antara peran?

Pernahkah Anda dianggap menerima pekerjaan kedua? Atau apakah Anda sudah melakukan lebih dari satu pekerjaan?
 
Orang-orang mengambil peran tambahan untuk berbagai alasan. Mereka mungkin perlu untuk membuat lebih banyak uang. 

Mungkin mereka ingin lebih pemenuhan dalam hidup mereka. Mungkin mereka ingin memulai bisnis baru, atau kembali ke sekolah. Mereka mungkin juga menemukan diri mereka didorong ke dalam gaya hidup ini sebagai perusahaan berusaha untuk tenaga kerja lebih fleksibel, atau berhemat untuk memotong biaya. 



Ada sedikit keraguan bahwa melakukan beberapa pekerjaan, atau berada dalam peran ganda, dapat menantang. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi manfaat dan kerugian dari melakukan lebih dari satu pekerjaan, dan kita akan membahas bagaimana mengatasi tantangan. 

Contoh Beberapa Pekerjaan

Mengelola dua karier atau peran tidak harus berarti bekerja pergeseran hari dan shift malam - setidaknya, tidak lagi. Berikut adalah beberapa skenario:

Bekerja paruh waktu

Seorang akuntan memiliki dua pekerjaan paruh waktu akuntansi dengan dua perusahaan kecil, yang tidak memiliki cukup bekerja untuk menawarkan posisi penuh waktu.

Menyumbangkan waktu

Seorang eksekutif pemasaran bekerja empat hari dalam seminggu untuk sebuah perusahaan iklan besar, tetapi bekerja tidak dibayar pada hari Jumat untuk nirlaba favoritnya untuk membantu dengan dana mereka-dan pemasaran.

Memakai "dua topi" di satu tempat

Sebuah MBA terakhir lulusan bekerja untuk sebuah perusahaan konsultan menengah. Dia menghabiskan setengah waktunya sebagai manajer SDM internal, tetapi separuh yang lain melakukan pekerjaan klien.

Mendapatkan pengalaman

Sebuah teller bank yang ambisius ingin mendapatkan promosi dalam dua tahun ke depan, tetapi tidak memiliki pengalaman mengelola orang. Dia mengambil pekerjaan hari Sabtu sebagai manajer bar kopi di pusat olahraga setempat. Dia bisa mendapatkan pekerjaan ini, karena manajer pusat mengakui bahwa mengambil alih beberapa orang yang melayani kopi tidak memerlukan pengalaman bertahun-tahun, tetapi memberikan teller bank kami kesempatan besar untuk membangun resume nya.




Artikel ini adalah tentang orang yang bekerja dua atau lebih pekerjaan paruh waktu di waktu terpisah hari atau seminggu. Kami sangat setuju "pencahayaan", yang merupakan praktek melakukan pekerjaan freelance atau bekerja untuk organisasi lain selama waktu Anda sedang dibayar oleh majikan utama Anda. Hal ini sangat tidak etis, berpotensi ilegal, dan merupakan pelanggaran kepercayaan yang bisa, cukup sah, menyebabkan pemecatan.

Hati-hati untuk tidak tergelincir ke dalam ini, dan benar-benar transparan, terutama jika itu bagian dari pekerjaan Anda untuk bekerja dari rumah. 


Manfaat dan Kerugian

Pada tahun 2001 bukunya "Gajah dan Kutu itu," melakukan profesor Inggris, pembicara, dan Charles penulis panggilan Berguna beberapa pekerjaan "kehidupan portofolio."

Untuk Handy, mengelola beberapa peran yang berbeda adalah pekerjaan tentang mulus pencampuran dan hidup bersama. Sebuah jadual mingguan mungkin terdiri dari campuran kegiatan, mirip dengan portofolio investasi seseorang. Beberapa kegiatan akan uang, sebagian untuk kepentingan pribadi, dan masih orang lain akan memberikan kembali kepada masyarakat.

Menurut Handy, gaya hidup portofolio akan menjadi jauh lebih umum di masa depan, sebagai orang-orang mencari keseimbangan kerja / kehidupan yang lebih baik.

Namun, realitas beberapa pekerjaan kerja dapat menjadi kompleks. Mari kita lihat pada kelemahan pertama:

  • Anda perlu keterampilan manajemen waktu yang sangat baik, sehingga Anda melakukan semua pekerjaan dengan baik.
  • Kinerja Anda dalam semua peran Anda dapat menderita jika Anda akhirnya bekerja terlalu banyak jam setiap minggu. Anda akan berakhir menjadi terlalu lelah untuk memberikan yang terbaik.
  • Mungkin sulit untuk mendapatkan hari libur dari semua peran pada waktu yang sama.
  • Majikan Anda mungkin tidak mengizinkan Anda untuk memiliki pekerjaan kedua, atau melakukan pekerjaan freelance di sama, atau bahkan lapangan, tidak terkait - terutama jika Anda bekerja pada saat pekerjaan utama penuh.
Jadi, apa manfaat melakukan beberapa pekerjaan?

  • Pertama, dan yang paling jelas, Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan penghasilan Anda.
  • Jika Anda memiliki dua pekerjaan terpisah (seperti konsultasi, atau beberapa pekerjaan paruh waktu), maka pendapatan Anda bisa lebih aman daripada hanya dengan satu pekerjaan. Jika satu perusahaan keluar dari bisnis, misalnya, Anda masih akan memiliki penghasilan dari pekerjaan lain.
  • Dua pekerjaan atau mengelola dua peran dapat menyegarkan. Anda bisa melihat orang-orang baru, dan mengatasi tanggung jawab yang berbeda. Ini berarti bahwa Anda akan kurang cenderung bosan, atau terlalu kesal masalah kecil pergi bersama dengan pekerjaan sehari-hari di tempat kerja manapun.
  • Anda mungkin bisa belajar yang sama sekali baru keterampilan, dan Anda dapat memperluas jaringan profesional Anda - baik yang bisa memajukan karir Anda di beberapa titik.
  • Ini adalah cara yang bagus untuk memulai bisnis Anda sendiri. Anda dapat menyimpan penghasilan yang datang pada saat yang sama bahwa Anda mendapatkan bisnis Anda dan berjalan.
  • Anda mungkin menemukan bahwa perusahaan Anda mencintai kenyataan bahwa Anda berada dalam peran ganda. Dan mereka mungkin akan lebih dari senang untuk menawarkan jadual yang fleksibel untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda. Banyak perusahaan melakukan hal ini - misalnya, dengan Olimpiade dan Paralimpiade atlet.

 

Membuat Sebagian besar Keuntungan

Melakukan dua pekerjaan dapat membuka banyak kesempatan. Dan ada beberapa cara untuk mengambil keuntungan dari mereka.

Pertama, Anda mungkin menemukan bahwa salah satu peran Anda akan meningkatkan yang lain, baik melalui keterampilan yang dipelajari, melalui jaringan, atau hanya melalui istirahat dari rutinitas. Mengelola beberapa tanggung jawab seperti ini benar-benar dapat membantu Anda melakukan keduanya pekerjaan yang lebih baik. Jadi, mata Anda tetap terbuka untuk kemungkinan ini.

Keuntungan lain adalah bahwa klien Anda dalam satu peran dengan mudah bisa menjadi klien Anda dalam peran Anda yang lain. Anda mungkin bekerja di TI untuk perusahaan besar, dan kemudian mendapatkan dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan yang terkait dalam organisasi lain. 

Mengatasi Tantangan

Bagaimana Anda bisa mengatasi tantangan-tantangan yang pasti akan muncul ketika Anda mulai bekerja beberapa pekerjaan? 

  • Cobalah untuk memilih pekerjaan kedua yang benar-benar menarik minat Anda. Semakin bergairah Anda tentang apa yang Anda lakukan, jadual Anda akan lebih mudah.
  • Jika Anda menyeimbangkan peran ganda, mungkin akan bermanfaat untuk jadual hari Anda di segmen. Hal ini memungkinkan Anda untuk menempatkan 100% dari perhatian Anda ke dalam peran masing-masing untuk jumlah waktu tertentu. Dan penjadualan waktu Anda dengan cara ini dapat membuat Anda lebih produktif.
  • Berpindah dari satu peran atau pekerjaan ke depan bisa sulit, terutama ketika proses berpikir dan tugas-tugas yang sangat berbeda. Misalnya, Anda dapat bekerja dalam peran dukungan teknik untuk bagian dari hari dan kemudian harus berdandan dan bertemu dengan klien potensial penjualan di sore hari. Transisi ini dapat lebih mudah jika Anda mengambil istirahat di antara di zona "netral", seperti warung kopi, selama setengah jam.
  • Dua pekerjaan berarti bahwa Anda punya waktu kurang dari rekan-rekan Anda untuk mengabdikan untuk setiap peran. Oleh karena itu, tetap kompetitif bisa menjadi tantangan nyata. Menganalisis setiap jam dari hari Anda untuk melihat di mana Anda memiliki waktu bebas untuk mengikuti tren.

Tips untuk Bekerja Lebih dari Satu Pekerjaan

  • Sebelum Anda mengambil pekerjaan kedua atau mulai lepas selama waktu luang Anda, pastikan bahwa itu dalam kerangka kontrak Anda dengan majikan utama Anda, dan bahwa bos Anda senang dengan itu. Ini mungkin tidak diperbolehkan, bahkan jika itu pekerjaan sukarela. Juga, Anda akan perlu jelas tentang kekayaan intelektual dan pertimbangan kerahasiaan sebelum Anda mulai.
  • Jika Anda berpikir tentang mendapatkan pekerjaan lain di samping yang Anda miliki, kemudian mempertimbangkan mendirikan sebuah "masa percobaan" pertama. Pertimbangkan bekerja untuk gratis, atau untuk tingkat dikurangi, untuk mendapatkan beberapa pengalaman - dan lihat apakah Anda benar-benar seperti itu, dan jika sesuai gaya hidup Anda.
  • Pastikan bahwa Anda masih membuat waktu untuk diri sendiri dan keluarga Anda, terutama jika Anda harus pindah tempat kerja secara fisik antara selama hari kerja. Anda mungkin berakhir harus meninggalkan untuk satu kantor pagi-pagi dan kembali dari kantor lainnya akhir untuk melakukan pekerjaan. Melakukan hal ini dengan mudah dapat menyebabkan kelelahan .
  • Jika Anda memiliki dua pekerjaan dalam satu organisasi, mencoba untuk tetap pada jadual teratur. Ini akan membantu Anda menjaga gangguan, panggilan telepon, dan pertemuan untuk saat-saat ketika Anda "melakukan" peran terkait. Dan, jika sesuai, mengatur file tanda tangan yang terpisah di account email Anda untuk menunjukkan yang "topi yang Anda kenakan" ketika Anda mengirim setiap pesan.


Poin Penting :

Melakukan dua pekerjaan bisa sangat menantang, tetapi juga dapat membuka banyak kesempatan. Sangat penting untuk memiliki keterampilan manajemen waktu yang sangat baik, dan terbuka dengan pengusaha tentang apa yang Anda lakukan.

Teknik seperti penjadualan hari Anda dengan hati-hati dan mengambil istirahat selama transisi peran dapat membantu mengurangi stres kerja beberapa pekerjaan. Ini juga sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk istirahat dan keluarga. 






 

Video

Loading...