Laman

AddThis Smart Layers

17 Cara untuk Menjadi Lebih Kreatif

Apa yang Anda telah baca sejauh ini dalam artikel ini telah ditangani hanya satu aspek kreativitas, aspek psikologis. Dalam sisa artikel ini, kita akan melihat beberapa tips sederhana mengenai bagaimana Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir kreatif.

Adalah penting untuk menyadari meskipun, bahwa Anda sudah adalah orang yang sangat kreatif, Anda hanya mungkin lupa bagaimana menjadi kreatif karena efek pengkondisian masa kanak-kanak Anda. 

Tapi sekarang bahwa Anda menyadari hal ini, Anda harus menemukan efek-efek jauh lebih mudah untuk diatasi.






1) Waspadai Emosi Negatif 

Ketika Anda marah, kesal, stres atau dikonsumsi dengan jenis emosi negatif, area otak yang bertanggung jawab untuk berpikir kreatif dan rasional ditutup. 
Emosi negatif menutup daerah di otak yang bertanggung jawab untuk berpikir kreatif. 
 
Ini kemudian menyebabkan Anda untuk menanggapi rangsangan menggunakan bagian emosional yang irasional dari otak Anda, sistem limbik. 

Hasil dari jenis berpikir sering menyebabkan miskin pengambilan keputusan, fakta mengabaikan bertentangan dengan keyakinan Anda saat ini dan ketidakmampuan untuk berpikir atau berkonsentrasi jelas. 

Jadi jika Anda menemukan diri Anda dalam mood yang buruk, istirahat dan melakukan sesuatu yang lain karena Anda tidak mungkin menjadi sangat produktif sedemikian kerangka pikiran. 

2) Relax 

Kreativitas yang paling mudah diakses ketika Anda dalam keadaan rileks pikiran dan merasa tenang, bahagia dan nyaman. Ini berarti bahwa lebih positif Anda bisa menjadi saat bekerja, semakin besar akan kualitas dan kuantitas dari ide-ide Anda. 

Ide datang jauh lebih mudah dalam keadaan rileks pikiran.
 
Pentingnya relaksasi untuk berpikir kreatif dikenal dalam dunia bisnis. Perusahaan seperti Facebook, Google dan Yahoo, misalnya, mencoba untuk menciptakan lingkungan yang karyawan mereka dapat bersenang-senang di serta bekerja. 

Hal yang sama dapat ditemukan dengan biro iklan yang mengandalkan pemikiran kreatif untuk menjaga bisnis mereka tetap hidup, karena mereka sering memiliki ruang relaksasi di mana staf mereka dapat duduk atau berbaring ketika mencoba untuk datang dengan ide-ide baru untuk kampanye pemasaran. 

Gambar yang menunjukkan bagaimana Google mencoba untuk membuat karyawan merasa nyaman di lingkungan mereka. Google melakukan ini untuk membantu merangsang kreativitas. 
 
Anda dapat menerapkan prinsip yang sama dari relaksasi untuk pekerjaan Anda sendiri dengan memastikan bahwa lingkungan kerja Anda senyaman mungkin. 

Jika Anda menemukan diri Anda menjadi stres, istirahat dan melakukan sesuatu yang Anda nikmati, karena Anda akan sering menemukan bahwa ide-ide terbaik Anda dating ketika Anda tidak menduganya.  


3) Jangan Khawatir 

Kekhawatiran adalah pemblokir besar kreativitas, karena setelah Anda mulai khawatir bahwa Anda tidak akan dapat melakukan sesuatu, Anda akan merasa sulit untuk bersantai dan segera akan dikonsumsi dengan emosi negatif. Untuk alasan ini, penting untuk mengenali kapan Anda mulai mengkhawatirkan sehingga Anda kemudian dapat mengambil tindakan untuk menghentikan kekhawatiran bahwa dari luar kendali. 

Khawatir mengarah ke ketakutan yang kemudian dapat menyebabkan Anda merasa tertekan, stres dan tidak mampu berpikir jernih. 
 
Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kekhawatiran adalah untuk menghentikan apa yang Anda lakukan dan katakan kepada diri sendiri "pikiran-pikiran negatif tidak membantu saya". 

Setelah Anda telah mengatakan hal ini, pergi dan melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda, percaya diri sendiri bahwa jawabannya akan datang ketika waktunya tepat. 

Ingat, kreativitas adalah sesuatu yang tidak dapat dipaksakan. Jadi, semakin Anda menyerah dengan proses yang baru saja dijelaskan, semakin besar kemungkinan Anda akan datang dengan ide kreatif. 


4) Take a Break - beristirahat 

Otak butuh waktu untuk memproses informasi yang diterimanya sebelum dapat sampai pada suatu kesimpulan atau mencari solusi untuk masalah. Kadang-kadang, istirahat sejenak untuk mengunjungi toilet mungkin semua yang dibutuhkan untuk hal ini terjadi. Di lain waktu, Anda mungkin perlu untuk tidur di atasnya. 

Istirahat memungkinkan otak untuk memproses dan memahami informasi. 
 
Istirahat yang paling efektif ketika Anda merasa bahwa Anda telah memukul dinding bata dan bisa pergi lebih jauh lagi, karena hal ini biasanya sinyal bahwa otak membutuhkan lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal melalui. 

Jika Anda membiarkan diri Anda saat ini, Anda harus merasa lebih mudah untuk menerobos hambatan tersebut dan akan sering melihat hal-hal dari sudut pandang yang sama sekali baru pandang dan tingkat pemahaman.  

5) Be Confident

Yakin berharap bahwa Anda akan mencapai apa yang telah ditetapkan untuk dilakukan dan Anda akan mencapainya.
 
Ketika mencoba untuk memecahkan masalah, pendekatan dengan sikap harapan yang pasti. Ini berarti percaya bahwa itu hanya masalah waktu sebelum Anda akhirnya menemukan jawaban yang Anda cari. 

Mentalitas ini juga akan membantu Anda untuk menghindari menjadi putus asa ketika menghadapi masalah yang menantang yang besar, karena Anda akan tahu bahwa jika Anda tetap bertahan dengan cukup lama akhirnya Anda akan mengatasinya.  


6) Hindari Fixedness Fungsional 

Fixedness fungsional adalah keyakinan bahwa sesuatu yang hanya dapat dilakukan dengan cara tertentu, dan, untuk meminjam klise tua, itu salah satu hambatan terbesar untuk berpikir "out of the box" yang Anda mungkin menemukan. Sebuah contoh yang membantu untuk menunjukkan apa yang dimaksud dengan fixedness fungsional dapat ditemukan dengan penemuan pesawat. 

Upaya pertama di penerbangan gagal mencoba untuk meniru aksi sayap burung.
 
Ketika orang pertama kali mencoba terbang, diyakini bahwa sayap mengepak itu diperlukan karena itu adalah bagaimana burung bisa terbang. Akibatnya, sebagian besar upaya pertama untuk terbang didasarkan pada beberapa jenis mengepakkan sayap desain. 

Wright bersaudara, bagaimanapun, menyadari bahwa selama Anda mendapatkan aerodinamika yang tepat maka Anda sebenarnya bisa membuat pesawat sayap tetap. 

Setelah penerbangan pertama yang sukses, mereka mampu mematahkan keyakinan menetapkan bahwa Anda perlu untuk mengepakkan seperti burung terbang. 

Wright bersaudara menunjukkan bagaimana kadangkadang Anda perlu untuk melawan keyakinan didirikan untuk menjadi kreatif. 
 
Anda dapat menghindari fixedness fungsional dengan mencoba untuk memikirkan cara-cara yang aneh atau tidak biasa untuk melakukan sesuatu, sesuatu yang tampaknya begitu aneh bahwa kebanyakan orang akan menganggapnya sebagai "ide gila". 

Sebagian besar ide-ide yang Anda datang dengan akan "gila" dan dapat dengan cepat dibuang. Tapi jika Anda datang dengan ide-ide yang cukup, Anda akhirnya akan menemukan satu atau dua permata yang menyediakan Anda dengan hanya jawaban yang Anda cari!  


7) Daydream

Bila Anda melamun Anda masuk ke dalam dunia kemungkinan tak terbatas. 
 
Bila Anda melamun, Anda melepaskan cara bahwa hal-hal seharusnya, cara mereka, dan memasuki dunia kemungkinan tak terbatas di mana apa pun bisa terjadi. Ini keadaan pikiran sangat kondusif untuk berpikir kreatif, karena memungkinkan Anda untuk berpikir tentang hal-hal dengan cara yang berbeda dengan bagaimana Anda biasanya akan. 

Sejak kreativitas melibatkan datang dengan cara-cara baru dan lebih baik dalam melakukan sesuatu, seperti bagaimana Amazon.com lakukan, seperti yang kita bahas sebelumnya, setelah Anda mulai berpikir berbeda secara otomatis Anda akan mulai berpikir lebih kreatif sebagai hasilnya. 


8) Berbicara dengan Orang

Berbagi pikiran dan ide-ide dengan seseorang adalah cara yang baik untuk datang dengan ide-ide baru dan ide-ide. 
 
Berbicara dengan orang lain tentang sesuatu yang Anda miliki di pikiran Anda adalah cara yang bagus untuk mengeksplorasi masalah itu secara lebih mendalam dan mendapatkan perspektif orang lain di atasnya. 

 Hal ini pada gilirannya dapat merangsang ide-ide baru yang Anda mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, dan mendorong Anda untuk mempertimbangkan rentang yang lebih besar dari alternatif daripada sebelumnya telah dilakukan.  


9) Jangan Langsung ke Kesimpulan

Segala sesuatu tidak selalu berjalan sesuai rencana ketika Anda melompat ke kesimpulan. 
 
Jadilah terbuka untuk berbagai cara mengeksplorasi masalah, dan menghindari godaan untuk secara otomatis melompat ke kesimpulan dan berasumsi bahwa Anda tahu jawabannya. 

Pertimbangkan sebagai kemungkinan yang berbeda sebanyak yang Anda bisa, sebagai ide terbaik biasanya datang setelah mempertimbangkan banyak.  








10) Berkonsentrasi pada Satu Hal 

Otak Anda hanya bisa menampung satu pikiran pada satu waktu, jadi cobalah untuk focus perhatian penuh Anda pada tugas di tangan. Semakin Anda membiarkan diri Anda untuk menjadi terganggu oleh sesuatu (misalnya, apa yang ada di TV nanti?) Kurang kekuatan otak Anda akan memiliki tersedia untuk memecahkan tugas utama Anda.

Dengan memfokuskan pikiran hanya Anda memfokuskan semua energi mental Anda pada satu hal.
 
Jika Anda menemukan diri Anda yang mudah terganggu, maka Anda mungkin tidak dalam lingkungan kerja yang kondusif untuk berpikir kreatif. Beberapa orang, misalnya, bekerja terbaik di lingkungan yang tenang. 

Sementara orang lain, bekerja dengan baik ketika mereka memiliki semacam kebisingan latar belakang. Menentukan lingkungan di mana Anda paling mampu bekerja, dan kemudian melakukan semua atau sebagian dari pekerjaan Anda di lingkungan yang dengan sebagai gangguan sesedikit mungkin. 


11) Latihan 

Latihan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan memberikan oksigen ke sel-sel Anda.

Anda dapat meningkatkan fungsi otak Anda dengan melakukan latihan aerobik yang merangsang aliran darah ke seluruh tubuh. 
 
Karena otak menggunakan sekitar 15-20% dari pasokan darah tubuh, melakukan beberapa bentuk latihan setiap hari sangat penting untuk menjaga otak Anda sehat dan memastikan bahwa Anda mampu berpikir jernih dan berkonsentrasi dengan baik. 

Bahkan jika Anda tidak suka berolahraga, cobalah pergi berjalan-jalan bukannya pergi ke gym. Otak Anda akan berterima kasih untuk itu, dan Anda bahkan mungkin mendapatkan beberapa ide yang baik sepanjang jalan!  


12) Memiliki Tujuan

Tujuan adalah cara yang ampuh untuk merekrut memecahkan masalah Anda pikiran bawah sadar. 
 
Memiliki tujuan yang jelas dan tertulis dapat memberikan pikiran kreatif Anda dorongan besar. Hal ini karena jika Anda menuliskan tujuan Anda, dan kemudian melihat mereka setiap hari, pikiran bawah sadar Anda akan mulai bekerja pada cara yang tujuan tersebut dapat dicapai. 

Bagian terbaik tentang proses ini, adalah bahwa hal itu sebagian besar terjadi secara otomatis. Sebagai hasilnya, Anda mungkin suatu hari tiba-tiba menemukan diri Anda disajikan dengan solusi untuk masalah Anda, sehingga memungkinkan Anda untukmengambil tindakan segera dan efektif di atasnya. 




13) Biarkan Mimpi Anda Panduan Anda

Kebanyakan orang mengabaikan bimbingan yang berharga impian mereka berusaha untuk menyediakan mereka dengan.
 
Kuno budaya yang digunakan untuk menggunakan mimpi sebagai sarana mengingatkan mereka untuk bahaya di masa depan mereka, dan untuk memecahkan masalah yang mereka sedang berjuang untuk menemukan jawaban. Anda dapat menggunakan mimpi untuk membantu Anda menjadi orang yang lebih kreatif dengan memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran sebelum Anda tertidur. 

Anda akan sering menemukan bahwa ketika Anda bangun di pagi hari, atau pagi berikutnya, bahwa jawaban Anda telah datang kepada Anda dalam mimpi. Untuk membuat sebagian besar dari ide-ide yang datang kepada Anda dalam mimpi Anda, menyimpan pena dan pad kertas di samping tempat tidur Anda sehingga Anda dapat merekam impian Anda segera setelah bangun.


14) Gunakan Bahasa Positif

Bahasa tidak mungkin dapat membuat tugas apapun tampaknya mustahil. 
 
Hindari menggunakan bahasa membatasi negatif seperti "ini tidak mungkin" atau "Aku tidak pernah bisa melakukan itu", sebagai bahasa tersebut menciptakan hambatan dalam pikiran yang dapat membatasi pikiran dan tindakan. 

Jika Anda selalu berbicara pada diri sendiri dengan cara ini, misalnya, Anda tidak mungkin untuk repot-repot bahkan mencoba untuk memecahkan masalah, dan jika Anda mencoba, Anda mungkin tidak akan berupaya sangat banyak ke dalamnya dan begitu cepat akan menyerah.  


15) Tentukan Situasi

Ini jauh lebih mudah untuk melihat gambaran besar setelah Anda tahu apa yang Anda coba lakukan. 
 
Pastikan bahwa Anda mengerti dengan jelas apa yang Anda coba capai dan apa sumber daya yang Anda miliki untuk bekerja dengan. 

Seperti jika Anda pergi ke sesuatu dengan hanya gagasan yang kabur, Anda kemungkinan besar akan berakhir dengan perasaan frustrasi, bahagia dan menghasilkan pekerjaan berkualitas buruk. 

Karena itu Anda harus bertujuan untuk mendidik diri sendiri sebanyak mungkin tentang tugas di tangan sebelum Anda memulainya, karena hal ini akan memberikan informasi lebih banyak dan ide-ide untuk bekerja dengan.  

 

16) Ajukan Pertanyaan 

Dalam rangka untuk mendapatkan jawaban, Anda harus terlebih dahulu mengajukan pertanyaan, dan pertanyaan Anda bertanya, jawaban lebih Anda akan mendapatkan.

Terus bertanya sampai Anda mendapatkan jawaban yang Anda cari. 
 
Jika Anda menemukan diri Anda terjebak dengan sesuatu, cobalah bertanya pada diri sendiri serangkaian pertanyaan yang berkaitan dengan masalah Anda dan kemudian mempertimbangkan kebalikan dari jawaban yang Anda dapatkan. 

Mengajukan pertanyaan akan mendorong Anda untuk mendekati hal-hal dari berbagai perspektif, mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan baru, dan pada akhirnya, membuatnya lebih mudah untuk menemukan solusi untuk masalah Anda. 





 17) Menulis 20 Jawaban 

Jika Anda memiliki tugas yang sedang Anda coba untuk memecahkan tetapi tidak bias memikirkan ide yang baik, cobalah menuliskan daftar dua puluh jawaban terhadap tantangan yang Anda hadapi.

Tuliskan 20 jawaban atau solusi untuk masalah yang Anda hadapi, dan bawah sadar Anda mungkin hanya memberi Anda informasi yang Anda butuhkan.
 
Jawaban pertama mungkin datang dengan mudah, karena ini akan datang dari pikiran sadar Anda. Sejumlah jawaban terakhir akan menjadi yang paling sulit, tetapi mereka biasanya akan menjadi yang paling berharga karena mereka akan datang dari pikiran bawah sadar Anda. 

Namun, agar metode ini untuk bekerja Anda harus melakukan daftar dalam satu upaya. Jadi pastikan bahwa Anda memiliki banyak waktu luang untuk melakukannya di! Anda dapat meningkatkan efektivitas teknik ini dengan melakukan latihan sebelum tidur. 

Anda kemudian mungkin menemukan bahwa Anda mendapatkan jawaban dalam mimpi Anda, atau ketika Anda bangun di pagi hari.  




Video

 






Video

Loading...