Laman

AddThis Smart Layers

4.3. Model DISC

Meningkatkan hubungan dengan memahami gaya pribadi orang

Di tempat kerja, kepribadian yang berbeda perlu melakukan lebih dari sekedar hidup berdampingan secara damai!

Apakah ada satu orang di tempat kerja yang baru saja Anda tidak mendapatkan?

Atau seseorang yang mendekati hal-hal yang sangat berbeda dari Anda bahwa Anda merasa sulit untuk berhubungan dengan mereka?



Jika ini terdengar akrab, Anda tidak sendirian. Kita semua memiliki orang yang kita menemukan sulit untuk berkomunikasi dengan, atau bekerja dengan. Namun demi tim kita atau organisasi kita, kita perlu membuat hubungan kerja. Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk melakukan hal ini. Sebuah titik awal yang baik adalah untuk memahami lebih lanjut tentang kepribadian Anda sendiri, dan bahwa orang lain.

Kepribadian telah dipelajari selama berabad-abad, dan penelitian ini telah menyebabkan berbagai cara gaya perilaku mengkategorikan orang dan preferensi perilaku. Dengan memahami pola perilaku dan preferensi dalam abstrak, Anda dapat belajar untuk memahami orang lain, dan diri sendiri, dalam hal apa yang mendorong orang-orang dan bagaimana mereka cenderung bereaksi.


Model DISC


Model DISC, didasarkan pada karya psikolog William Moulton Marston dari tahun 1920, adalah salah satu pendekatan tersebut. Ini adalah cara langsung, standar dan relatif sederhana untuk menilai perilaku dan preferensi gaya.

Ini mengklasifikasikan perilaku masyarakat ke dalam empat jenis (Dominasi, Pengaruh, kemantapan dan ketelitian) dengan melihat preferensi orang pada dua skala:
  • Orang vs Tugas, dan
  • Asertif dibandingkan reserved.
Timbangan ini preferensi membentuk sumbu dari model DISC, dan empat jenis perilaku yang ditampilkan dalam empat kuadran dari angka 1, di bawah ini.

Tes penilaian DISC menggunakan data standar yang berasal dari populasi besar orang yang pernah diambil tes sebelumnya. Jadi skor penilaian individu memberikan indikasi preferensi mereka relatif terhadap orang lain. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa belajar ...


Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa belajar, misalnya, bahwa Anda sangat berorientasi pada orang dibandingkan dengan orang lain. Hal ini dapat menyebabkan Anda untuk menggunakan pendekatan yang lebih berorientasi tugas dalam situasi di mana Anda ingin membangun hubungan yang lebih baik dengan anggota-berorientasi tugas tim Anda. 


Model perilaku seperti ini dapat membantu Anda berurusan dengan banyak orang yang berbeda yang Anda temui baik dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda. Dengan memahami bahwa orang yang berbeda memiliki cara pilihan yang berbeda dalam melakukan sesuatu, Anda dapat meningkatkan hubungan interpersonal dan mengelola anggota tim dengan cara yang bermain untuk kekuatan mereka.

Model ini karena itu dapat digunakan sebagai bantuan untuk membangun tim, rekrutmen, peningkatan kinerja, resolusi konflik dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu:
  1. Lebih Waktu dan Energi untuk Kegiatan Produktif

    Ketika tim tidak bekerja dengan baik, sejumlah besar waktu dan energi dapat diambil dengan penyelesaian konflik, berurusan dengan masalah performa, dan menanggulangi kurang dikomunikasikan harapan. Jika Anda dapat membantu anggota tim untuk menjadi lebih toleran satu sama lain, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk dibelanjakan pada kegiatan produktif.
  2. Lebih baik Fit Antara Karyawan dan Peran

    Ketika pekerjaan dan orang-orang yang tidak serasi, hasilnya adalah ketidakpuasan. Dengan memahami preferensi alami seseorang, lebih mudah untuk menyesuaikan diri mereka dengan pekerjaan yang mereka suka dan akan baik. Hal ini membantu untuk meningkatkan kinerja.
  3. Peningkatan Pemahaman Pelanggan dan Stakeholder lainnya

    Ketika orang datang ke dalam kontak langsung dengan pelanggan atau stakeholder eksternal lainnya, ada potensi konflik dan miskomunikasi di sini juga. Dengan membantu orang memahami preferensi mereka sendiri, Anda dapat membantu mereka memahami bagaimana memberikan berbagai kelompok pelanggan layanan yang mereka inginkan.

Menjelaskan Kuadran

Seperti diagram di atas menunjukkan, dua sumbu menandai empat kuadran, masing-masing dengan sendiri jenis perilaku. Orang-orang yang masuk dalam kuadran yang sama cenderung untuk memecahkan masalah, berkomunikasi, dan membuat keputusan dengan cara yang sama. Berikut adalah ringkasan singkat dari karakteristik perilaku setiap perilaku jenis:


Jenis
Perilaku mereka
Apa yang Mereka Inginkan Dari Lainnya
Apa yang Mereka Ingin Dari Peran mereka
"Tinggi D"
(Dominasi)
Egosentris
Pembicaraan lebih dari
mendengarkan
Dogmatis
Berkemauan keras
Kuat
Bertekad
Keterusterangan
Menghormati
Akan diizinkan untuk memimpin
Akan diizinkan untuk menjadi independen
Power dan
kewenangan
Gengsi
Menantang
"Tinggi I"
(influence
/
Pengaruh)
Pembicaraan lebih dari mendengarkan
Bisa emosional
Meyakinkan
Politik
Sangat animasi
Persuasif
Keramahan
Kejujuran
Kelucuan
Akan diizinkan untuk memberitahu mereka bagaimana perasaan Anda
Pahala Terlihat
dan pengakuan
Persetujuan
Popularitas
"Tinggi S"
(Steadiness)
Tanyakan dibandingkan Katakan
Mantap
Konsultatif
Pasien
Dislike mengubah
Reserved
Cara santai
Keramahan
Apresiasi
Ubah menjadi
diperkenalkan perlahan
Standardisasi
Keamanan
Lingkungan tenang
Status quo
"Tinggi C"
(Conscientiou

sness)
Patuhi aturan
Tersusun
Hati-hati
Berhati-hati
Rewel
Diplomatik
Minimal
sosialisasi
Detail yang akurat
Keteguhan
Standar yang tinggi
Jelas
harapan
Otonomi
Pengakuan keahlian
Profesionalisme
 

Menggunakan DISC Model

Jadi bagaimana Anda tahu kuadran mana Anda jatuh ke dalam? Dan bagaimana Anda menemukan di mana anggota tim Anda cocok?

Ada banyak perusahaan yang menawarkan jenis penilaian online perilaku, atau dalam format kertas dan pena, biasanya memungut biaya kecil untuk melakukan penilaian dan memberikan laporan hasil. Untuk penilaian DISC online, try http://www.mydiscprofile.com, atau Google "Profil DISC" untuk menemukan lebih banyak.

Tip:
Bila menggunakan hasil tes ini, lakukan berhati-hati: Setiap sistem yang kelas orang ke empat tipe kepribadian yang berbeda adalah, kebutuhan, penyederhanaan ekstrem. Orang-orang yang jauh lebih kompleks dan canggih daripada ini..!

Gunakan profil DISC sebagai panduan, tapi jangan terlalu bergantung pada mereka.
Penilaian ini dapat memberikan panduan untuk:
  • DISC Anda gaya perilaku dan preferensi;
  • Perilaku Anda cenderung untuk menunjukkan peran Anda saat ini;
  • Setiap ketegangan antara Anda gaya yang mendasari dan dipamerkan;
  • Gaya komunikasi Anda;
  • Apa yang memotivasi Anda;
  • Pengambilan keputusan Anda gaya, dan
  • Bagaimana Anda memilih untuk dikelola.

Poin Penting :

Model DISC membantu Anda menganalisis perilaku gaya pilihan Anda sendiri, dan orang-orang dari masing-masing anggota tim Anda.

Dengan memahami profil Anda sendiri, Anda dapat mengatur hal-hal sehingga Anda akhirnya melakukan pekerjaan yang cocok untuk anda. Dan dengan berbagi profil DISC dalam tim, Anda dapat membantu orang memahami perbedaan antara mereka sehingga mereka dapat bekerja lebih efektif bersama-sama.

Ini berarti bahwa DISC profiling dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu Anda meningkatkan kerja tim, rekrutmen dan retensi, layanan pelanggan, dan masalah interpersonal lainnya.
 





 

Video

Loading...