Laman

AddThis Smart Layers

4.2. Myers-Briggs : Pengujian Personality

Memahami bagaimana kita berhubungan dengan Dunia

Memahami rekan kerja Anda lebih baik

Apakah Anda memiliki orang-orang dalam tim Anda yang baru saja tidak bisa akur? Dan melakukan beberapa perjuangan untuk berkomunikasi dengan orang lain, sepertinya "hidup dalam alam semesta paralel"?

Jika demikian, mengidentifikasi tipe kepribadian mereka - dan mengakui perbedaan antara satu-lain - dapat membantu anggota tim Anda bekerja sama lebih harmonis.



Sementara setiap orang adalah unik, teori kepribadian percaya kita memiliki karakteristik umum bahwa kelompok kita ke dalam tipe kepribadian tertentu. Jika Anda tahu apa jenis Anda, ini dapat menyebabkan beberapa wawasan menarik tentang mengapa Anda melakukan hal-hal dengan cara tertentu - atau mengapa Anda melakukannya sama sekali. 

Sebagai anggota tim, mengenali jenis rekan Anda 'dapat meningkatkan pemahaman Anda dan apresiasi terhadap perbedaan satu sama lain - dan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana bergaul lebih baik dengan mereka.

Salah satu tes kepribadian yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Ini didasarkan pada karya Carl Jung, psikiater Swiss yang terkenal yang belajar arketipe kepribadian, dan mendirikan psikologi analitis. Katherine Briggs dan putrinya, Isobel Myers Briggs, diperluas pada teori Jung untuk mengidentifikasi total empat pasang menentang unsur-unsur psikologis. Menurut teori ini, setiap orang memiliki preferensi untuk salah satu karakteristik dalam setiap pasangan, dan kami menggunakan pendekatan yang lebih disukai sebagian besar waktu. 

Para Psikologis Timbangan

Keempat skala psikologis adalah sebagai berikut:
  1. Extroversion - Introversion

    Ini berkaitan dengan aliran energi kita.
    • Ekstrovert dirangsang oleh peristiwa dan orang-orang luar dirinya. Mereka menunjukkan perasaan mereka, belajar dengan berbicara, dan bekerja dengan baik dalam kelompok.
    • Introvert lebih suka refleksi pribadi, pemeriksaan diri, dan penemuan diri. Mereka menyembunyikan perasaan mereka, lebih memilih untuk bekerja sendiri, dan belajar dengan melihat.
  1. SensingINtuition

    Ini adalah bagaimana kita belajar informasi.
    • Merasakan orang menggunakan lima indra fisik mereka (penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa, dan bau) untuk menafsirkan dunia. Mereka seperti contoh kehidupan nyata, lebih memilih latihan praktis, dan mendapatkan fakta-fakta sementara mungkin hilang gagasan utama.
    • Intuitif orang lebih suka mengandalkan insting. Mereka bekerja berdasarkan firasat dan perasaan, menggunakan imajinasi mereka, dan mendapatkan ide utama sementara hilang beberapa fakta.

  1. Thinking - Feeling

    Ini adalah bagaimana kita membuat keputusan.
    • Orang berpikir menggunakan logika dan kriteria objektif. Mereka menanyakan "Mengapa?" dan menikmati perdebatan.
    • Merasa orang menggunakan nilai-nilai dan ide-ide subjektif. Mereka menggunakan banyak kata-kata, dan mereka lebih suka harmoni, kesepakatan, dan membantu orang lain.

  1. Judging -   Perceiving

    Ini adalah bagaimana kita berurusan dengan dunia. 
    • Menilai orang yang terarah, dan mereka seperti struktur, rencana, aturan, dan organisasi.
    • Orang mencerap mengambil santai, pendekatan yang santai. Mereka fleksibel, terbuka untuk perubahan, dan suka mengeksplorasi.
Meskipun satu sisi setiap skala dianggap dominan untuk setiap dari kita, itu tidak berarti itu satu-satunya cara kita dapat berhubungan dengan dunia. Namun, hal ini biasanya preferensi kami dan gaya yang kita gunakan yang paling alami. Jadi, jika Anda orang yang mengandalkan perasaan, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menggunakan data objektif untuk membuat keputusan. Ini hanya berarti bahwa Anda mungkin akan menggunakan perasaan untuk beberapa derajat.

Juga, bagian dari profil MBTI menilai kejelasan relatif preferensi Anda untuk sisi tertentu skala. Ini dikenal sebagai Index Kejelasan Preferensi (PCI). 

Menentukan Tipe Kepribadian

Untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, MBTI memisahkan 16 tipologi yang berbeda, berdasarkan pada sisi mana setiap skala dominan. Seseorang yang memiliki preferensi untuk introver, Sensing, Thinking, dan akan Menilai suatu ISTJ. Satu set tertentu dari karakteristik pribadi dikaitkan dengan penunjukan ISTJ untuk menggambarkan apa orang ini seperti.

Sebagai contoh, ISTJs serius, tenang, praktis, dan dapat diandalkan. Mereka bertanggung jawab, dicapai, dan ditentukan. Mereka bekerja secara akurat, dan menangani situasi tekanan tinggi dengan tenang, tetapi mereka cenderung membuat keputusan yang cepat dan impulsif. 

Mereka mungkin tidak sabar, dan lupa untuk menghargai pekerjaan orang lain. Yang paling populer untuk pekerjaan ISTJs termasuk akuntan, pengawas koreksi, dokter, insinyur, manajer, dan operator teknis.

Pada KnowYourType , Anda dapat mengetahui jenis Anda dan banyak lagi. Tes kepribadian KnowYourType akan memberikan wawasan penting tentang bagaimana dan mengapa orang memahami dan pendekatan dunia dengan cara berbeda seperti. Anda bisa mendapatkan penilaian serupa di HumanMetrics gratis, tapi tolong pertimbangkan bahwa hal ini tidak cukup tes yang sama.

Tidak ada benar atau salah ketik, dan tidak ada kombinasi jenis yang lebih baik atau lebih buruk dalam bisnis atau dalam hubungan. Masing-masing jenis dan individu masing-masing membawa hadiah khusus. Dan itu penting untuk diingat bahwa bahkan jika Anda memiliki 100 orang dengan tipe kepribadian yang sama, masing-masing akan berbeda - karena genetika, pengalaman, minat, dan faktor lainnya. Menurut teori kepribadian, bagaimanapun, mereka akan memiliki jumlah yang signifikan di umum. 

Cara Menggunakan Jenis Kepribadian

Tujuan belajar tentang tipe kepribadian Anda adalah untuk membantu Anda memahami diri sendiri lebih baik. Ketika Anda tahu apa yang memotivasi dan memberi energi Anda, membantu Anda untuk mencari kesempatan yang paling sesuai cara Anda.

Wawasan ini juga membantu meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain. Semakin Anda mengenali kecenderungan Anda sendiri, semakin baik Anda dapat memantau dan mengendalikan perilaku Anda di sekitar orang lain. Ketika Anda tahu tipe kepribadian dari orang-orang di sekitar Anda, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan cara Anda bekerja dan berkomunikasi satu sama lain.

Misalnya, orang Berpikir dan orang Merasa sering memiliki kesulitan untuk bersama. Para Pemikir tidak dapat memahami kebutuhan untuk setuju, karena mereka melihat perdebatan sebagai cara yang sehat untuk menemukan kebenaran. Merasa orang, di sisi lain, tidak bisa mengerti mengapa seseorang ingin berdebat, karena mereka terfokus pada bergaul. Karena setiap menjadi sadar preferensi lain, mereka dapat membangun toleransi dan pemahaman - dan mereka bahkan mungkin dapat menggunakan kepribadian yang berbeda untuk menemukan keseimbangan, terutama jika mereka bekerja sama dalam tim.

Ingat, Anda hakim terakhir dari jenis cocok Anda terbaik. Anda MBTI hasil menunjukkan jenis kemungkinan Anda, berdasarkan pilihan yang Anda buat ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan. Oleh karena itu, jenis Anda tidak berubah, dan itu terbuka untuk interpretasi pribadi.

Tentu saja, jenis tidak menjelaskan semuanya: kepribadian manusia jauh lebih kompleks. Sebaliknya, skor MBTI menunjukkan bagaimana preferensi tertentu jelas dilaporkan dalam kuesioner. Mereka tidak mengukur keterampilan, atau kemampuan, atau tingkat penggunaan, tetapi mereka dapat membantu kita untuk memahami seseorang yang lebih baik - atau bahkan pertandingan pekerjaan dengan pekerja.

Aplikasi khas dari MBTI meliputi: 

  • Mengelola staf - Apa kekuatan alami seseorang? Untuk apa peran individu paling cocok?
  • Karir membimbing - Apa jenis pekerjaan dan posisi akan seseorang menemukan paling memuaskan?
  • Meningkatkan hubungan interpersonal - Bagaimana kita dapat berhubungan dengan yang terbaik dan berkomunikasi dengan tipe kepribadian lain untuk memaksimalkan pemahaman?
  • Mengembangkan pendidikan dan pelatihan - metode pengajaran yang akan memastikan bahwa semua tipe kepribadian manfaat dari informasi yang disajikan?
  • Pembinaan dan menyarankan orang - Bagaimana kita dapat membantu orang memahami diri lebih baik, mengidentifikasi kekuatan mereka, dan alamat kelemahan mereka?

Poin Penting :

Indikator Tipe Myers-Briggs adalah kuesioner yang dirancang untuk membuat tipe psikologis dimengerti dan berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Hasil MBTI mengidentifikasi perbedaan yang berharga antara orang - perbedaan yang dapat menjadi sumber kesalahpahaman dan miskomunikasi.

Melengkapi MBTI suatu memungkinkan Anda untuk menjelajahi kepribadian Anda, dan membaca profil MBTI dapat mencerahkan. Menyadari preferensi pribadi Anda adalah salah satu langkah menuju pemahaman diri yang lebih baik, dan meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain. Dengan mengenali gaya pilihan Anda, Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan untuk memperkuat sisi lemah skala. Dan ini dapat membantu Anda menjadi lebih baik-bulat, dan lebih mampu mencapai hal-hal besar. 






 

Video

Loading...