Laman

AddThis Smart Layers

7.10. Teori X dan Teori Y

Memahami motivasi anggota tim


Teori X mengambil pandangan sinis.

Apa yang memotivasi karyawan untuk pergi bekerja setiap pagi? Banyak orang mendapatkan kepuasan besar dari pekerjaan mereka dan bangga besar di dalamnya;

Orang lain mungkin melihatnya sebagai beban, dan hanya bekerja untuk bertahan hidup.

Ini pertanyaan tentang motivasi telah dipelajari oleh teori manajemen dan psikolog sosial selama puluhan tahun, dalam upaya untuk mengidentifikasi pendekatan yang berhasil untuk manajemen.

Sosial psikolog Douglas McGregor dari MIT menguraikan dua teori kontras pada motivasi manusia dan manajemen pada tahun 1960: Teori X dan Teori Y. Teori Y McGregor dipromosikan sebagai dasar dari praktek manajemen yang baik, perintis argumen bahwa pekerja tidak hanya roda penggerak dalam mesin perusahaan, sebagai Teori X-Type organisasi tampaknya percaya.

Teori melihat bagaimana persepsi manajer tentang apa yang memotivasi anggota tim-nya mempengaruhi cara dia berperilaku. Dengan memahami bagaimana asumsi Anda tentang motivasi karyawan dapat mempengaruhi gaya manajemen Anda, Anda dapat menyesuaikan pendekatan Anda tepat, dan mengelola orang lebih efektif.
 

Memahami Teori

Gaya manajemen Anda sangat dipengaruhi oleh keyakinan dan asumsi tentang apa yang memotivasi anggota tim Anda: Jika Anda yakin bahwa anggota tim tidak suka bekerja, Anda akan cenderung ke arah gaya otoriter manajemen; Di sisi lain, jika Anda berasumsi bahwa karyawan bangga dalam melakukan pekerjaan yang baik, Anda akan cenderung untuk mengadopsi gaya yang lebih partisipatif. 

Teori X

Teori X mengasumsikan bahwa karyawan secara alami termotivasi dan tidak suka bekerja, dan ini mendorong gaya otoriter manajemen. Menurut pandangan ini, manajemen harus secara aktif campur tangan untuk mendapatkan sesuatu dilakukan. Gaya manajemen mengasumsikan bahwa para pekerja:
  • Tidak suka bekerja.
  • Menghindari tanggung jawab dan perlu diarahkan.
  • Harus dikontrol, dipaksa, dan mengancam untuk memberikan apa yang dibutuhkan.
  • Perlu diawasi di setiap langkah, dengan kontrol dimasukkan ke dalam tempatnya.
  • Perlu tertarik untuk menghasilkan hasil, jika tidak mereka tidak memiliki ambisi atau insentif untuk bekerja.
X-Type organisasi cenderung berat atas, dengan para manajer dan supervisor yang diperlukan pada setiap langkah untuk kontrol buruh. Ada sedikit delegasi wewenang dan kendali tetap tegas terpusat. 
McGregor mengakui bahwa X-Type biasanya pekerjanya minoritas, namun dalam organisasi massa, seperti lingkungan produksi skala besar, manajemen Teori X mungkin diperlukan dan tidak dapat dihindari. 

Teori Y

Teori Y menguraikan gaya manajemen yang partisipatif adalah de-sentralisasi. Ini mengasumsikan bahwa karyawan senang bekerja, memiliki motivasi diri dan kreatif, dan menikmati bekerja dengan tanggung jawab lebih besar. Ini mengasumsikan bahwa para pekerja:
  • Ambil tanggung jawab dan termotivasi untuk memenuhi tujuan mereka diberikan.
  • Mencari dan menerima tanggung jawab dan tidak perlu banyak arah.
  • Pertimbangkan bekerja sebagai bagian alamiah dari kehidupan dan memecahkan masalah pekerjaan imajinatif.
Gaya manajemen yang lebih partisipatif cenderung lebih luas diterapkan. Dalam Y-Type organisasi, orang-orang di tingkat bawah organisasi yang terlibat dalam pengambilan keputusan dan memiliki tanggung jawab lebih.

Membandingkan Teori X dan Teori Y

  • Motivasi

    Teori X mengasumsikan bahwa orang tidak menyukai pekerjaan, mereka ingin menghindarinya dan tidak mau bertanggung jawab. Teori Y mengasumsikan bahwa orang-orang memiliki motivasi diri, dan berkembang pada tanggung jawab.
  • Gaya Manajemen dan Pengendalian

    Dalam organisasi Teori X, manajemen otoriter, dan kontrol terpusat dipertahankan, sementara dalam Teori Y, gaya manajemen partisipatif: Manajemen melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, namun tetap kekuatan untuk melaksanakan keputusan.
  • Organisasi Kerja

    Teori X karyawan cenderung memiliki pekerjaan khusus dan sering berulang. Dalam Teori Y, pekerjaan cenderung diorganisir sekitar daerah yang lebih luas dari keterampilan atau pengetahuan; Karyawan juga didorong untuk mengembangkan keahlian dan membuat saran dan perbaikan.
  • Hadiah dan Penilaian

    Teori X organisasi bekerja pada 'wortel dan tongkat' dasar, dan penilaian kinerja merupakan bagian dari keseluruhan mekanisme kontrol dan remunerasi. Dalam organisasi Teori Y, penilaian juga rutin dan penting, tetapi biasanya suatu mekanisme kontrol yang terpisah dari organisasi. Teori Y organisasi juga memberikan karyawan kesempatan sering untuk promosi.
  • Aplikasi

    Meskipun gaya manajemen teori X secara luas diterima sebagai rendah dari orang lain, ia memiliki tempat dalam operasi produksi skala besar dan tidak terampil produksi-garis kerja. Banyak dari prinsip-prinsip Teori Y secara luas diadopsi oleh jenis organisasi yang nilai dan mendorong partisipasi. Teori Y-gaya manajemen cocok untuk bekerja pengetahuan dan layanan profesional. Organisasi jasa profesional secara alami berevolusi Teori Y-jenis praktek oleh sifat pekerjaan mereka; Bahkan struktur pengetahuan yang sangat bekerja, seperti operasi call center, dapat manfaat dari prinsip-prinsip Teori Y untuk mendorong berbagi pengetahuan dan perbaikan terus-menerus.


Tips 1:
Cukup teori. Pendekatan mana yang Anda suka?
Apakah Anda bekerja paling efektif ketika bos Anda mengendalikan setiap bagian dari semua yang Anda lakukan? Atau apakah ini membuat Anda gila, sehingga Anda hanya akan melakukan apa yang dia inginkan (dan tidak lebih), mencari pekerjaan lain, dan kemudian pergi? Atau Anda lebih memilih bos yang membantu Anda untuk melakukan yang terbaik, semakin mempercayai penilaian Anda, memungkinkan Anda untuk menggunakan kreativitas Anda, dan langkah-demi-langkah memberi Anda kontrol lebih besar atas pekerjaan Anda?

Apakah Anda bekerja lebih efektif untuk Teori X Teori Y atau manajer?
Belajar dari ini! Seperti untuk Anda, maka akan banyak anggota tim Anda!

Tips 2:
Yang mengatakan, anggota tim yang berbeda dari Anda sendiri mungkin memiliki sikap yang berbeda. Banyak mungkin berkembang pada manajemen Teori Y, sementara yang lain mungkin perlu manajemen Teori X. Yang lain mungkin mendapat manfaat dari pendekatan yang sama sekali berbeda.

Mencampur dan mencocokkan tepat. 

Menggunakan Teori

Memahami asumsi Anda tentang motivasi karyawan dapat membantu Anda belajar untuk mengelola lebih efektif. Dalam rangka untuk memahami teori-teori McGregor secara lebih rinci, kami menyarankan membaca sebagai berikut:
  • Douglas McGregor Revisited
    Diterbitkan pada tahun 2000, buku ini terlihat pada waktu-diuji berpikir McGregor pada motivasi manusia, dan menunjukkan bagaimana teorinya berlaku dalam organisasi saat ini

Karakteristik Manajer teori X

Mungkin aspek yang paling nyata dari Teori XY McGregor - dan termudah untuk menggambarkan - ditemukan dalam perilaku manajer otokratis dan organisasi yang menggunakan gaya manajemen yang otokratis.

Apakah karakteristik dari seorang manajer Teori X? Biasanya beberapa, sebagian besar atau semua:
  • hasil-driven dan tenggat waktu-driven, dengan mengesampingkan segala sesuatu yang lain
  • intoleran
  • masalah tenggat waktu dan ultimatum
  • jauh dan terlepas
  • menyendiri dan arogan
  • elitis
  • singkat marah
  • teriakan
  • isu instruksi, arah, maklumat
  • isu-isu ancaman untuk membuat orang mengikuti instruksi
  • tuntutan, tidak pernah meminta
  • tidak berpartisipasi
  • tidak membangun tim
  • tidak peduli tentang kesejahteraan staf, atau moral
  • bangga, terkadang ke titik penghancuran diri
  • satu arah komunikator
  • miskin pendengar
  • dasarnya tidak aman dan mungkin neurotik
  • anti-sosial
  • pendendam dan sbg balasan
  • tidak berterima kasih atau pujian
  • menahan penghargaan, dan menekan tingkat upah dan imbalan
  • mendalami pengeluaran ke titik ekonomi palsu
  • mencari penyebab kegagalan atau kekurangan
  • berusaha untuk membagi menyalahkan bukan berfokus pada belajar dari pengalaman dan mencegah kekambuhan
  • tidak mengundang atau menerima saran-saran
  • membutuhkan kritik buruk dan mungkin membalas jika dari bawah atau kelompok sebaya
  • miskin di mendelegasikan benar - tetapi percaya bahwa mereka mendelegasikan dengan baik
  • berpikir memberi perintah mendelegasikan
  • berpegang pada tanggung jawab, tetapi pergeseran pertanggungjawaban kepada bawahan
  • relatif tidak peduli dengan berinvestasi dalam segala hal untuk mendapatkan perbaikan masa depan
  • tak bahagia

Bagaimana mengelola ke atas - mengelola bos teori X Anda

Bekerja untuk bos teori X tidak mudah - beberapa manajer teori X ekstrim membuat manajer sangat tidak menyenangkan, tetapi ada cara-cara mengelola orang-orang ke atas. Menghindari konfrontasi (kecuali jika Anda benar-benar menjadi korban bullying, yang merupakan hal yang berbeda) dan memberikan hasil adalah taktik utama.

  • Teori X manajer (atau memang teori Y manajer menampilkan perilaku teori X) terutama berorientasi hasil - sehingga arah diskusi Anda sendiri dan Anda berurusan dengan mereka sekitar hasil - yaitu apa yang Anda dapat memberikan dan kapan.
  • Teori X manajer berorientasi fakta dan angka - sehingga memotong pengeluaran, dapat mengukur dan membuktikan apa pun yang Anda katakan dan lakukan untuk mereka, terutama melaporkan hasil dan kegiatan.
  • Teori X manajer umumnya tidak mengerti atau memiliki kepentingan dalam masalah manusia, jadi jangan mencoba untuk menarik rasa kemanusiaan atau moralitas. Tetapkan tujuan Anda sendiri untuk memenuhi tujuan organisasi mereka dan setuju ini dengan manajer, harus dilihat untuk diri-mulai, memotivasi diri, disiplin dan terorganisir dengan baik - lebih banyak manajer teori X melihat Anda mengelola diri sendiri dan memproduksi hasil , yang kurang mereka akan merasa perlu untuk melakukannya untuk Anda.
  • Selalu memberikan komitmen dan janji-janji Anda. Jika Anda diberi tugas yang tidak realistis dan / atau negara tenggat alasan mengapa hal itu tidak realistis, tetapi sangat yakin tanah Anda, jangan negatif; bersikap konstruktif untuk bagaimana tujuan keseluruhan dapat dicapai dengan cara yang Anda tahu Anda dapat memberikan.
  • Berdiri sendiri, tetapi konstruktif - menghindari konfrontasi. Jangan mengancam atau pergi di atas kepala mereka jika Anda tidak puas atau Anda akan dalam kesulitan besar setelah itu dan hidup akan menjadi jauh lebih sulit.
  • Jika bos teori X memberitahu Anda bagaimana untuk melakukan sesuatu dengan cara yang tidak nyaman atau tepat untuk Anda, maka jangan mempertanyakan proses, hanya mengkonfirmasi hasil akhir yang diperlukan, dan memeriksa bahwa itu tidak apa-apa untuk 'merampingkan proses 'atau' mengerjakan sesuatu lebih efisien 'jika kesempatan muncul - mereka biasanya akan setuju dengan ini, yang secara efektif memberikan Anda kontrol atas' bagaimana ', asalkan Anda memberikan' apa 'dan' kapan '.
Dan ini benar-benar esensi dari pengelolaan atas X manajer teori - fokus dan mendapatkan persetujuan pada hasil dan tenggat waktu - jika Anda secara konsisten memberikan, Anda semakin akan diberi kelonggaran lebih pada bagaimana Anda pergi tentang tugas-tugas, yang berjumlah lebih banyak kebebasan. Sadarilah juga bahwa banyak X teori manajer dipaksa untuk menjadi X teori dengan jangka pendek tuntutan organisasi dan atasan mereka sendiri - seorang manajer teori X biasanya seseorang dengan masalah mereka sendiri, jadi cobalah untuk tidak memberi mereka lagi.


teori Z - William Ouchi

Hal pertama yang pertama - Teori Z bukan ide Mcgregor dan dengan demikian tidak ekstensi McGregor teori XY nya.

Teori Z dikembangkan oleh bukan oleh Mcgregor, tetapi oleh William Ouchi, dalam bukunya 1981 'Teori Z: Bagaimana Amerika dapat Temui manajemen Challenge Jepang. William Ouchi adalah profesor manajemen di UCLA, Los Angeles, dan anggota dewan beberapa organisasi besar AS.

Teori Z adalah sering disebut sebagai gaya 'Jepang' manajemen, yang pada dasarnya apa itu. Sungguh menarik bahwa Ouchi memilih untuk nama model nya 'Teori Z', yang terlepas dari hal lain cenderung untuk memberikan kesan bahwa itu ide Mcgregor. Salah satu keajaiban jika ide tersebut tidak dianggap cukup kuat untuk berdiri sendiri dengan nama yang sama sekali baru ... Namun demikian, Teori Z dasarnya pendukung kombinasi dari semua yang terbaik tentang teori Y dan manajemen Jepang modern, yang menempatkan sejumlah besar kebebasan dan kepercayaan dengan para pekerja, dan mengasumsikan bahwa pekerja memiliki loyalitas yang kuat dan bunga dalam tim-kerja dan organisasi.

Teori Z juga tempat ketergantungan lebih pada sikap dan tanggung jawab pekerja, sedangkan teori McGregor XY terutama difokuskan pada manajemen dan motivasi dari manajer dan perspektif organisasi. Tidak ada keraguan bahwa Teori Z Ouchi adalah model yang menawarkan ide-ide yang sangat baik, meskipun itu tidak memiliki keanggunan sederhana model Mcgregor, yang mari kita hadapi itu, ribuan organisasi dan manajer di seluruh dunia masih belum menerima. Untuk alasan ini, Teori Z mungkin untuk beberapa seperti berusaha untuk mengelola dapur di Ritz sebelum menguasai kemampuan untuk memasak sarapan goreng yang layak.



Kuesioner Teori 'X - Y'

1.       Menunjukkan apakah situasi dan gaya manajemen adalah gaya 'X' atau 'Y' :
 
Skor pernyataan (5 = selalu, 4 = sebagian besar, 3 = sering, 2 = kadang-kadang, 1 = jarang, 
0 = tidak pernah)
 
    _ 01) Atasan saya meminta saya melakukan hal-hal sopan, memberi saya alasan mengapa, dan mengundang saran saya.
    _ 02) Saya didorong untuk belajar keterampilan di luar daerah langsung saya jawab.
    _ 03) saya pergi untuk bekerja tanpa campur tangan dari bos saya, tetapi bantuan yang tersedia jika saya menginginkannya.
    _ 04) saya diberikan kredit dan pujian ketika saya melakukan pekerjaan yang baik atau dimasukkan ke dalam upaya ekstra.
    _ 05) Orang-orang meninggalkan perusahaan diberi 'exit interview' untuk mendengar pandangan mereka pada organisasi.
    _ 06) Saya insentif untuk bekerja keras dan baik.
    _ 07) Jika saya menginginkan tanggung jawab ekstra bos saya akan menemukan cara untuk memberikannya kepada saya.
    _ 08) Jika saya menginginkan pelatihan ekstra bos saya akan membantu saya menemukan cara untuk mendapatkannya atau akan mengaturnya.
    _ 09) saya sebut bos saya dan bos bos saya dengan nama pertama mereka.
    _ 10) Bos saya tersedia bagi saya untuk mendiskusikan masalah saya atau kekhawatiran atau saran.
    _ 11) Aku tahu apa tujuan perusahaan dan target.
    _ 12) saya diberitahu bagaimana perusahaan melakukan secara teratur.
    _ 13) saya diberi kesempatan untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan saya.
    _ 14) bos saya memberitahu saya apa yang terjadi dalam organisasi.
    _ 15) Saya memiliki pertemuan rutin dengan bos saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat meningkatkan dan mengembangkan.


    _ Jumlah Skor
60-75 = Kuat Manajemen Teori Y (jangka panjang & pendek Efektif)
45-59 = Umumnya Y Teori Manajemen
16-44 = X Umumnya Teori Manajemen
0 - 15 = Sangat Teori X Manajemen (kepemimpinan Otokratis mungkin efektif dalam jangka pendek tetapi miskin dalam jangka panjang)
Kebanyakan orang lebih memilih manajemen 'Y-teori'. Orang-orang ini umumnya tidak nyaman dalam situasi 'X-teori' dan tidak mungkin untuk menjadi produktif, terutama jangka panjang, dan cenderung untuk mencari alternatif situasi. Ini tes cepat memberikan indikasi yang luas untuk gaya manajemen dan preferensi individu, menggunakan definisi yang 'XY Teori'.

 
© Alan Chapman 2001-08 berdasarkan Teori XY Douglas McGregor. Tata letak oleh N Lacasse. Lebih bebas bahan belajar online di www.businessballs.com. Tidak untuk dijual atau dipublikasikan. Sole risiko dengan pengguna. Penulis tidak bertanggung jawab.
2.     Menunjukkan apakah orang lebih suka yang dikelola oleh gaya 'X' atau 'Y'  :

Skor pernyataan (5 = selalu, 4 = sebagian besar, 3 = sering, 2 = kadang-kadang, 1 = jarang, 
0 = tidak pernah)
 
    _ 01) Saya ingin terlibat dan dikonsultasikan oleh bos saya tentang bagaimana aku dapat melakukan pekerjaan saya.
    _ 02) Saya ingin belajar keterampilan di luar daerah langsung saya jawab.
    _ 03) Saya ingin bekerja tanpa gangguan dari bos saya, tetapi dapat meminta bantuan jika saya membutuhkannya.
    _ 04) Saya bekerja terbaik dan paling produktif tanpa tekanan dari bos saya atau ancaman kehilangan pekerjaan saya.
    _ 05) Ketika saya meninggalkan perusahaan, saya akan seperti 'exit interview' untuk memberikan pandangan saya pada organisasi.
    _ 06) Saya ingin menjadi insentif dan dipuji karena bekerja keras dan baik.
    _ 07) Saya ingin meningkatkan tanggung jawab saya.
    _ 08) Saya ingin dilatih untuk melakukan hal-hal baru.
    _ 09) Saya lebih suka bersahabat dengan bos saya dan manajemen.
    _ 10) Saya ingin bisa mendiskusikan masalah saya, kekhawatiran atau saran dengan atasan saya atau manajer lain.
    _ 11) Saya ingin tahu apa tujuan perusahaan dan target.
    _ 12) Saya ingin diberitahu bagaimana perusahaan melakukan secara teratur.
    _ 13) Saya ingin diberi kesempatan untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan pekerjaan saya.
    _ 14) Saya ingin diberitahu oleh bos saya apa yang terjadi dalam organisasi.
    _ 15) Saya ingin memiliki pertemuan rutin dengan bos saya untuk mendiskusikan bagaimana saya dapat meningkatkan dan mengembangkan.


    _ Jumlah Skor
60-75 = Sangat suka Manajemen Teori Y (Efektif jangka panjang & pendek)
45-59 = Umumnya lebih memilih Manajemen Teori Y
16-44 = Umumnya lebih memilih Manajemen Teori X
0 - 15 = Sangat suka X Teori Manajemen (kepemimpinan Otokratis mungkin efektif dalam jangka pendek tetapi miskin dalam jangka panjang)
Kebanyakan orang lebih memilih manajemen 'Y-teori'. Orang-orang ini umumnya tidak nyaman dalam situasi 'X-teori' dan tidak mungkin untuk menjadi produktif, terutama jangka panjang, dan cenderung untuk mencari alternatif situasi. Ini tes cepat memberikan indikasi yang luas untuk gaya manajemen dan preferensi individu, menggunakan definisi yang 'XY Teori'.