Laman

AddThis Smart Layers

16. Mendapatkan Peran Baru

16.1. Menulis Riwayat Hidup Anda (CV)
Menyoroti Keterampilan Anda dan Pengalaman

Membangun resume yang menarik yang membuat Anda perhatikan.

Apakah Anda melamar untuk peran baru dalam organisasi Anda saat ini atau mencari untuk mengubah karir, Anda membutuhkan resume besar (atau CV) jika Anda akan mendapatkan wawancara Anda inginkan.


Resume Anda adalah kesempatan Anda untuk menyoroti prestasi Anda, dan berkomunikasi bagaimana Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk membantu orang lain. Jadi, Anda harus memastikan bahwa itu jelas, singkat, dan up-to-date.


Dan dengan beberapa organisasi yang menerima ratusan ribu atau jutaan resume setiap tahun, sangat penting bahwa Anda menonjol dan benar-benar akan dibaca.


Jadi, apa cara terbaik untuk membuat resume Anda? Sebuah pencarian online yang cepat menghasilkan jutaan hasil memberitahu Anda bagaimana menulis yang baik. Pendekatan yang harus anda gunakan?


Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat membuat resume yang efektif dan menarik. Kita akan membahas tata letak dan konten, serta bagaimana Anda dapat menggunakan Internet untuk lebih menjual keahlian dan pengalaman Anda.


Bagian tersulit tentang menulis resume mulai menulis resume! Pertama Anda harus berpikir tentang apa yang ingin Anda lakukan, apa gambar yang ingin Anda proyek, dan bagaimana pengalaman masa lalu Anda berhubungan dengan aspirasi Anda saat ini. Setelah Anda telah membahas isu-isu penting, meletakkan pemikiran Anda di atas kertas jauh lebih mudah.


Ikuti langkah-langkah untuk memulai!



Menulis resume


Resume Anda adalah salah satu alat yang paling penting yang Anda miliki ketika mencari pekerjaan.

Halaman ini akan membantu Anda memilih jenis yang tepat dari resume untuk situasi Anda. 


Ini juga akan memberi Anda tips untuk membantu Anda menyesuaikan resume Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar, dan untuk memastikan itu menonjol dalam kerumunan untuk semua alasan yang benar.

Apa resume?


Sebuah resume adalah singkat, dokumen point-bentuk yang Anda berikan kepada pengusaha untuk memberitahu mereka tentang pengalaman Anda kerja, pendidikan, dan keterampilan.   Sebelum Anda menulis resume Anda, Anda mungkin ingin untuk menyelesaikan persediaanketerampilan untuk mengetahui keterampilan apa yang Anda tawarkan majikan.


Jenis resume



Tergantung pada pengalaman Anda bekerja, pekerjaan yang Anda lamar, atau preferensi pribadi Anda, Anda mungkin ingin menggunakan jenis tertentu dari resume. Berikut adalah tiga jenis resume untuk memilih dari:


Sebuah resume fungsional berfokus pada kemampuan Anda



Jika Anda belum memiliki banyak pengalaman kerja, resume fungsional yang berfokus pada kemampuan Anda adalah cara yang baik untuk memasarkan diri kepada calon majikan.



Alih-alih berfokus pada pengalaman kerja Anda sebelumnya, resume keterampilan terfokus menyoroti keahlian yang Anda peroleh dari pekerjaan sebelumnya, kegiatan, pengalaman, atau pekerjaan sukarela.



Ini paling sering digunakan ketika Anda sudah memiliki kesenjangan yang besar dalam sejarah pekerjaan Anda, atau jika Anda belum pernah bekerja sebelumnya.



Sebuah resume kronologis berfokus pada pengalaman Anda



Berfokus pada riwayat kerja Anda adalah salah satu cara yang lebih populer untuk struktur resume. Ini menunjukkan majikan semua pengalaman kerja Anda, fokus pada posisi yang pernah Anda pegang dan tanggung jawab masa lalu Anda dan prestasi.



Kronologis resume ini diselenggarakan dengan informasi terbaru Anda terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memberikan sejarah kerja yang komprehensif, yang diselenggarakan oleh setiap pekerjaan yang pernah Anda pegang. Anda memberikan judul posisi, tempat kerja, berapa lama Anda bekerja di sana, dan rincian dari tanggung jawab atau prestasi.



Ini adalah besar multi-tujuan resume yang bekerja untuk aplikasi pekerjaan yang paling, termasuk ritel.


Sebuah hibrida resume adalah kombinasi dari dua



Sebuah hibrida resume juga dikenal sebagai resume kombinasi. Ini menggabungkan unsur-unsur dari resume fungsional dan kronologis untuk membuat resume yang berfokus berat pada keterampilan, tetapi juga mencakup tanggal, judul pekerjaan sebelumnya, bersama dengan informasi penting tentang posisi.



Ini adalah resume yang baik untuk digunakan ketika Anda ingin memprioritaskan keterampilan Anda, tetapi juga menunjukkan bagaimana karier Anda telah berkembang.




Informasi penting untuk dimasukkan dalam resume Anda


Ada berbagai judul yang berbeda yang dapat Anda gunakan dalam resume Anda, tergantung pada apa jenis resume Anda memilih untuk menulis.



Namun, terlepas dari jenis resume yang Anda pilih, berikut adalah tiga hal yang paling penting harus mencakup: 

Informasi pribadi Anda



Hal pertama yang majikan Anda harus melihat ketika melihat resume Anda adalah nama Anda. Pastikan jelas, menonjol, dan mudah dibaca.



Resume Anda harus menyertakan alamat lengkap, nomor telepon kontak, dan alamat e-mail yang menggabungkan nama pertama dan terakhir.

Hal-hal yang seharusnya tidak termasuk pada resume Anda:

  • tinggi badan, usia, berat badan
  • foto diri Anda
  • Nomor Asuransi Sosial Anda


Pendidikan



Daftar pendidikan Anda, mulai dari yang paling baru-baru ini, dan bekerja mundur dari sana. Sertakan nama sekolah, kota atau kota di mana setiap sekolah Anda hadiri berada (sekunder dan seterusnya), dan tahun-tahun Anda selesai.



Pastikan untuk menampilkan daftar sertifikat atau ijazah yang Anda terima, termasuk untuk mini-program seperti program komputer atau perangkat lunak, pertolongan pertama, atau pelatihan lainnya yang mungkin berguna dalam pekerjaan yang Anda lamar.


Keterampilan dan pengalaman


Gunakan resume Anda untuk menunjukkan di mana Anda bekerja, apa yang Anda pelajari, dan bagaimana keahlian dan pengalaman Anda berlaku untuk pekerjaan yang Anda lamar. 



Sorot kemampuan, keterampilan, dan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini bisa berasal dari pekerjaan yang dibayar atau tidak dibayar, pengalaman relawan, dan bahkan hobi.



Jika semua pengalaman Anda dalam bidang yang tidak terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar, fokus pada keahlian Anda pelajari yang dapat diterapkan pada pekerjaan baru Anda melamar.



Ketika daftar pengalaman kerja Anda, termasuk lokasi (kota, provinsi) dan tanggal keberangkatan Anda bekerja (bulan, tahun) untuk setiap pekerjaan atau posisi relawan. 



Gunakan kata-kata tindakan untuk menggambarkan apa yang Anda lakukan di posisi Anda memegang. Fokus di atas lima tugas untuk setiap pekerjaan.


Informasi yang relevan lainnya



Anda juga mungkin ingin memasukkan tujuan Anda pekerjaan, bahasa yang Anda berbicara, atau prestasi atau penghargaan yang relevan. Anda juga bisa memasukkan kepentingan atau kegiatan yang mengatakan sesuatu yang positif tentang Anda. Jangan lupa, bagaimanapun, bahwa titik resume Anda adalah untuk menunjukkan mengapa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.



Tidak ada aturan resmi untuk apa judul yang harus Anda masukkan pada resume Anda. Hanya ingat untuk tetap ringkas, dengan informasi yang paling penting di atas.

Sebagai contoh:

  • Katakanlah Anda sedang melamar pekerjaan dalam pengembangan perangkat lunak dan, meskipun Anda belum pernah bekerja di bidang tersebut, Anda memiliki ijazah dalam rekayasa perangkat lunak. Dalam hal ini, pastikan untuk meletakkan bagian pendidikan Anda di bagian atas.
  • Jika Anda mendaftar untuk bekerja di industri jasa makanan dan Anda memiliki banyak pengalaman bekerja di restoran, pastikan untuk daftar informasi bahwa sebelum rincian pendidikan Anda.


Resume Top-10 Tip


  1. Berpikir ke depan. Jika Anda menunggu sampai menit terakhir untuk menyerahkan resume Anda, Anda bisa kehilangan batas waktu dan risiko tidak sedang dipertimbangkan untuk pekerjaan itu.
  2. Tailor resume Anda. Sertakan informasi pada resume Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  3. Chunk itu. Jika ada banyak informasi, memecahnya menjadi bagian-bagian terpisah dengan judul tertentu.
  4. Gunakan kata-kata tindakan. Fokus pada hal-hal yang telah Anda capai, dan menghindari memulai setiap kalimat dengan "Aku".
  5. Mengoreksi. Jangan mengandalkan spell check.
  6. Ulangi Tip 5. Serius, bahkan satu salah eja kata bisa menempatkan Anda di "tidak menganggap" tumpukan.
  7. Buatlah rapi. Pastikan resume Anda terlihat bersih dan terorganisir. Gunakan putih, kertas surat berukuran (8,5 x 11 inci) dan font yang mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Arial.
  8. Tetap ringkas. Cobalah untuk menjaga resume Anda sesingkat mungkin-idealnya satu halaman, dua halaman maksimum.
  9. Jadilah jujur. Berbaring di resume Anda tidak pernah merupakan ide yang baik. Banyak orang yang berbaring di aplikasi mereka akhirnya kehilangan pekerjaan mereka ketika majikan mereka menemukan kebenaran.
  10. Jadilah profesional. Ingat, ini adalah dokumen bisnis, jadi tidak termasuk hiasan yang tidak perlu seperti kertas mencolok atau foto diri.

Masukkan kata kunci yang ditargetkan



Resume Anda harus berisi kata kunci tertentu untuk mendapatkan perhatian. Ini termasuk kata benda deskriptif atau frasa singkat yang dapat digunakan untuk menemukan kualifikasi Anda dalam pencarian kata kunci dari database resume. Ini termasuk bakat, keterampilan dan pengetahuan yang relevan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda. Deskripsi pekerjaan akan menjadi salah satu sumber terbaik untuk kata kunci. Rujuk ke O* NET OnLine mana deskripsi pekerjaan dapat ditemukan di berbagai industri.



NNearly setiap kata benda dalam lowongan pekerjaan dan iklan akan menjadi kata kunci yang pengusaha gunakan ketika mencari melalui resume. Pastikan untuk menggunakan kata-kata di suatu tempat di resume Anda, termasuk sinonim dimanapun Anda bisa. Misalnya, jika Anda sedang mencari posisi public relations, Anda harus menjelaskan "kemampuan komunikasi" dan "pengalaman menulis." Jangan pernah memasukkan kata kunci pada resume Anda yang tidak benar atau tidak mewakili pengalaman Anda.



Anda sekarang selesai dengan bagian tersulit dari membuat resume. Satu-satunya yang tersisa adalah untuk memformat informasi Anda dalam gaya yang mencerminkan kepribadian Anda. Produk jadi Anda harus tersetel alat pemasaran yang mencerminkan siapa Anda dan memotivasi majikan untuk menghubungi Anda untuk wawancara.

 

 

Video

Loading...