Laman

AddThis Smart Layers

13.12.1. Berkomunikasi internasional

Kemudahan Lintas-Budaya Komunikasi


Dengan semakin banyak perusahaan global, karyawan di berbagai lokasi internasional sekarang memiliki hari-hari komunikasi satu sama lain.

Mengingat konteks budaya yang berbeda, ini membawa tantangan komunikasi baru ke tempat kerja.

Bahkan ketika karyawan ini berbicara bahasa yang sama (misalnya, korespondensi antara Inggris-speaker di AS dan Inggris-speaker di Inggris), ada beberapa perbedaan budaya yang harus dipertimbangkan dalam upaya untuk mengoptimalkan komunikasi antara kedua belah pihak.

Dalam kasus tersebut, strategi komunikasi yang efektif dimulai dengan pemahaman bahwa pengirim pesan dan penerima pesan adalah dari berbagai budaya dan latar belakang. Tentu saja, ini memperkenalkan sejumlah ketidakpastian, membuat komunikasi lebih kompleks.

Tanpa masuk ke budaya dan sub-budaya, adalah mungkin yang paling penting untuk menyadari bahwa pemahaman dasar keragaman budaya adalah kunci yang efektif lintas-budaya komunikasi. Tanpa saksama mempelajari budaya dan bahasa masing-masing, kita semua harus belajar bagaimana untuk berkomunikasi dengan individu dan kelompok yang bahasa pertamanya, atau bahasa pilihan, tidak cocok kita sendiri.

Belajar dasar-dasar tentang budaya dan setidaknya sesuatu tentang bahasa komunikasi di negara tuan rumah yang diperlukan. Hal ini diperlukan bahkan untuk tingkat dasar pemahaman yang diperlukan untuk terlibat dalam salam yang tepat dan kontak fisik, yang dapat akan sulit antar-budaya. Misalnya, mencium rekan bisnis tidak dianggap sebagai praktik bisnis yang tepat di Amerika Serikat, namun di Paris, satu ciuman di pipi masing-masing adalah ucapan diterima. Dan, jabat tangan yang diterima secara luas di AS tidak diakui dalam semua kebudayaan lain.

Sementara banyak perusahaan sekarang menawarkan pelatihan dalam berbagai kebudayaan di mana perusahaan melakukan bisnis, penting bahwa karyawan yang didorong masuk ke dalam berkomunikasi melalui kesabaran praktek budaya dan bekerja pada mereka sendiri untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang budaya yang berbeda. Hal ini membutuhkan kemampuan untuk melihat bahwa perilaku sendiri seseorang dan reaksi yang seringkali didorong budaya.

Mungkin hanya menunjukkan minat yang tulus, dipasangkan dengan kesabaran dan pengertian, adalah jawaban terbaik di sini.


Komunikasi Internasional: Memahami Perbedaan Budaya di Order untuk Negosiasi Baik untuk Lingkungan

 
Memeriksa isu-isu lingkungan dapat mulai secara lokal, tetapi masalah astronomi planet kita menghadapi memerlukan upaya global, sebuah kolaborasi internasional yang benar. Sulit untuk individu dalam sebuah komunitas kecil untuk setuju pada segala sesuatu, apalagi bangsa-bangsa di seluruh dunia. Kami memiliki latar belakang yang berbeda, perbedaan pendapat, pola pikir yang berbeda, nilai-nilai yang berbeda dan kebanyakan dari semua, nafsu yang berbeda. Para aktivis lingkungan hari ini memiliki pesan yang sangat penting untuk kerajinan: "Semua bangsa-bangsa Wold ini perlu untuk reli bersama-sama untuk membuat perubahan lingkungan yang positif."


Tidak peduli bagaimana kita hidup, bahasa apa kita berbicara, yang kita cintai, atau apa yang berada di benua kita, umat manusia di seluruh planet ini memiliki hak yang sama. Hak untuk menghirup udara bersih, makan makanan sehat, memiliki akses ke ruang alam hijau, air bersih, dan kemampuan untuk meninggalkan sebuah planet yang sehat untuk generasi berikutnya.

Sangat penting bahwa negara-negara di seluruh planet ini bekerja sebagai tim kohesif untuk memecahkan beberapa dunia menekan masalah lingkungan hidup dan satunya cara untuk menjadi komunikator yang sukses adalah untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya. Ada banyak contoh kelompok-kelompok lingkungan menuju ke negara-negara lain dengan diri-benar sikap elitis berencana menunjukkan populasi penduduk asli setempat bagaimana hidup Sangat penting untuk memahami sejarah masyarakat lokal dan cerita sebelum mengasumsikan sikap otoritatif "yang lebih baik.".

Gaya komunikasi sangat bervariasi dari budaya ke budaya dan pemahaman perbedaan-perbedaan ini adalah kunci untuk sebuah kampanye yang sukses. Sebagai contoh, ketika saya baru-baru ini di Skotlandia untuk magang tiga bulan, saya diminta untuk berbagi dengan direktur pemasaran pengamatan kesan pertama saya. Setelah saya membagikan pengalaman saya, saya menyadari semua komentar saya kritik konstruktif, dan tidak menyebutkan satu hal besar banyak organisasi yang dilakukannya. Saya langsung merasa tidak enak, seakan aku sedang terlalu keras, dan minta maaf karena begitu Direktur pemasaran hanya tertawa dan berkata, "oh, kita tidak * berharga seperti itu, kita ingin tahu apa yang bisa kita lakukan" negatif. " lebih baik, itu yang penting! "
 
* Berharga adalah istilah yang digunakan di Skotlandia untuk menggambarkan seseorang yang "terlalu baik" atau digunakan pujian ekstra untuk melunakkan pukulan.

Datang dari barat laut sekalipun, itu adalah aturan tak tertulis untuk menjadi "lembut" dengan orang-orang. Hal ini penting untuk mencakup semua hal besar seseorang atau perusahaan melakukan kritik yang konstruktif di samping. Mungkin kita adalah "terlalu baik" di sini. 
Ini adalah analogi sederhana dari perbedaan komunikasi massa yang terjadi secara internasional. Ketika kita menambahkan perbedaan bahasa, gaya hidup, dan sistem kepercayaan untuk campuran, adalah jelas bagaimana hati kita semua harus bekerja bersama menuju tujuan bersama. Ini akan membutuhkan kesabaran, dan waktu untuk sepenuhnya memahami dan menerima semua budaya yang berbeda.


Teori Komunikasi Internasional dalam Transisi: Parameter dari New Public Sphere global
oleh Ingrid Volkmer

Istilah 'internasional', 'transnasional' dan 'global' komunikasi tidak hanya berdiri untuk definisi yang berbeda dari ruang komunikasi yang berkembang tetapi juga mencerminkan sejarah komunikasi di seluruh dunia serta keragamannya.  


Komunikasi global memberi kita pandangan saksi mata dari kejadian di lokasi terpencil, kita berpartisipasi dalam wacana politik relevansi global, regional atau bahkan lokal. Proses-proses global, di mana pengetahuan, nilai-nilai dan etika, estetika, gaya hidup dipertukarkan, menjadi otonom, 'budaya ketiga', bingkai 'generatif kesatuan dalam keragaman yang dapat terjadi (Featherstone, 1990:2).
 
Seperti 'dunia budaya global' dibentuk oleh - komunikasi.

Namun, komunikasi internasional memiliki sejarah sendiri. Berita telah 'antar-dinasionalisasi' di abad kelima belas: pedagang gandum Venesia, para pedagang perak Antwerpen, para pedagang dari Nuremberg dan mitra dagang mereka bersama buletin ekonomi dan menciptakan nilai-nilai bersama dan keyakinan dalam hak-hak modal (Stephens , 1988:77).  

Komersialisasi media cetak massa (karena teknologi mesin uap) telah menyebabkan operasi kantor berita internasional (Reuters, Associated Press, AFP) pada abad kesembilan belas.  

Dunia kawat dan sistem kabel memungkinkan komunikasi internasional antara Perancis, Jerman dan Inggris untuk koloni mereka di Afrika dan Asia. Transnasional organisasi media seperti Intelsat, Eurovision, didirikan pada pertengahan abad ke-20 adalah titik awal untuk ide baru komunikasi internasional. Ini adalah pembentukan sistem media internasional operasi, seperti CNN dan MTV oleh perusahaan indivdual yang akhirnya memulai suatu zaman baru komunikasi global dengan mendistribusikan program yang sama "seluruh dunia dalam tiga puluh menit" (sebagai negara slogan CNN) - di seluruh bangsa dan budaya.

Bisa dikatakan, bahwa fantasi dan 'ide' dari 'dunia' sebagai tempat entah umum telah ada sejak Plato dalam Timaeus nya desribed sejarah dunia dengan afiliasi dari empat elemen untuk satu sama lain, sejak Aristoteles mendefinisikan ' negara di dunia, sejak Francis Bacon membedakan antara konsep-konsep dunia yang berbeda 'globus terrestris,' dan 'globus intellectualis'. Itu adalah gagasan 'masyarakat dunia' sebagai semesta alam dan penalaran, arena global untuk debat publik selama Pencerahan yang telah diresmikan modernitas.  

Pemikir postmodern menggantikan 'penalaran' oleh 'simulasi' dan jangka Hegel 'Roh Dunia' (Weltgeist) oleh gagasan tentang kebenaran 'instan', yang diciptakan oleh media dan menyampaikan citra dunia menyusut (Virilio, 1989). Pendaratan di bulan, disiarkan 'live' di seluruh dunia, memang langkah besar bagi umat manusia: hanya karena untuk Bumi Planet kali pertama terlihat sebagai habitat umum, tanpa batas, sebuah planet biru daratan dan lautan. Ide dari 'dunia' tampaknya telah beralih dari konsep metafisik menjadi realitas material relativitas baru dalam keseluruhan global dan dipicu, dalam hubungannya dengan aliansi internasional baru politik dan ekonomi, perdebatan tentang structuralisation makro "Globalisasi. "

Meskipun perdebatan tentang proses globalisasi modern dan postmodern, perdebatan tentang achivements demokratis, perluasan pasar ekonomi dan risiko politik, - dalam pandangan teori komunikasi - perubahan paradigma menarik adalah dualisme asumsi globalisme / lokalisme. Ini adalah masalah dari proses modern yang terdiversifikasi, globalisasi postmodern atau terlambat modern, di mana warga dunia ada di paralel dengan kuat 'suku' kolektivitas. Hal ini di (1984) Barber syarat paralelisme "McWorld" dan "Jihad."  

Parallelsim ini berimplikasi pada negara-bangsa bola komunikasi (proteksionisme budaya yaitu) dan ekstra-sosial masyarakat di seluruh dunia. Hal ini dapat dikatakan bahwa masyarakat (dan pendapatnya) tidak lagi elemen substansial dari sistem politik masyarakat, tetapi telah berubah menjadi bola lebih atau kurang otonom masyarakat global yang dapat dianggap bukan sebagai ruang antara 'publik' dan negara tetapi antara negara dan komunitas ekstra-sosial global. Ini adalah dialektika global yang baru tidak dalam istilah Hegel antara lingkungan publik dan pribadi, yang memberikan bentuk pada konsep demokrasi dari kelas menengah yang muncul di Eropa pada abad ke-19, tetapi antara lingkup komunikasi sosial dan extrasocietal, memberikan bentuk pada konsep ' Berada di Dunia 'dari kewarganegaraan dunia atau - dalam totalitasnya suatu' masyarakat sipil global '.

Itu adalah kemajuan dan diversifikasi teknologi satelit, dari 'Early Bird' untuk DBS dan kapasitas bandwidth yang disediakan terbatas arsitektur untuk sebuah strategi pemrograman baru, menargetkan pemirsa tidak antar-nasional tetapi trans-nasional - sepanjang saluran minat khusus. Perkembangan ini memiliki pengaruh yang luar biasa dalam berbagai wilayah dunia di ruang publik nasional / statis dengan memperluas berita politik dan informasi di luar perbatasan nasional. Pengaruh internasional CNN yang memiliki peran otoritas global telah banyak diremehkan! Internet, sebagai ikon dari dunia media global, dengan sekitar 200 juta orang di seluruh dunia 'sedang online' (apa pun artinya ini) tampaknya akhirnya mempercepat perkembangan ini. Dalam sudut pandang saya, itu adalah push-pull (Internet) teknologi - perubahan paradigma dari (massa-atau sempit-) distribusi untuk teknologi jaringan, yang akhirnya menggeser dialektika dualisme global / lokal (Robertson, 1992) ke salah satu universalisme / partikularisme, tanpa mengacu pada keaslian lokal (demonstrasi menentang perusakan hutan hujan) dan telah diformat lingkup publik global baru.

Sedangkan ruang lingkup modern yang umum (lihat Habermas, 1992) warga diperlukan, membentuk 'rasional' opini politik, ruang publik global adalah ruang multi-diskursif politik, bola mediasi (tidak imperialisme), jenis baru ini memiliki pusat tidak ada, atau pinggiran, penetapan agenda, con-teks yang berbentuk - dimediasi - oleh otonom sistem media operasi, tidak hanya oleh otoritas berita besar, seperti CNN, tetapi juga oleh drudge.com, yahoo, chatroom dan 'otentik' laporan.

Dalam lingkungan seperti itu, pola konvensional 'urutan informasi internasional' internasional komunikasi (Utara / Selatan, berkembang dan berkembang, negara-negara pusat dan perifer) menjadi usang. Teori komunikasi internasional, dimodelkan dalam usia modernisasi (terutama di sekitar mendorong teknologi) mengungkapkan ketidakseimbangan dalam gambar media global dan penggambaran, analisis media yang imperialisme konglomerat global, menyelidiki efek budaya 'main-streaming' melalui produksi media internasional ditransmisikan, menganalisis berbagai peran yang dimainkan oleh media di saat krisis internasional. Hanya, beberapa pendekatan yang sangat baru dalam studi budaya dan sosiologi, menginterpretasikan aliran global media dengan perspektif global baru yang timbul menafsirkan segmen komunikasi baru dalam konteks global antar-terkait struktur komunikasi dan pilihan, menyoroti relativistik baru 'intertextuality' dengan efek pada budaya global yang beragam.

Strategi teori komunikasi internasional, harus untuk mengembangkan metodologi untuk memahami 'tertentu' interpretasi, makna, relevances lingkup publik global, untuk mendeteksi secara spesifik dari ruang komunikasi untuk wilayah dunia yang berbeda - dalam masa damai dan kali krisis.

Saya ingin memberikan dua contoh dari pendekatan tersebut untuk diskusi lebih lanjut kami:


Ilustrasi 1: CNN World Report - Masalah khusus / Universal dalam Lingkungan Program Global

World Report CNN diluncurkan pada tahun 1987 dan merupakan program berita global yang unik: Ini adalah terdiri dari laporan yang dihasilkan dari perusahaan penyiaran di seluruh dunia. CNN siaran semua dikirim-dalam program diedit dan 'disensor. " Ide program ini adalah untuk mengembangkan program berita di mana banyak suara dari seluruh dunia bisa didengar. "Laporan Dunia" adalah sebuah platform global yang menarik terbuka, mikrokosmos dari lingkup global 'publik' initated oleh TV media mendorong. Untuk negara berkembang, program ini menawarkan kesempatan untuk mempresentasikan pandangan mereka mengenai isu-isu politik dan sosial internasional atau topik yang tidak hadir dalam agenda gerbang keeped lembaga berita besar. Dalam analisis saya isi 397 laporan (pada tahun 1993), saya menemukan bahwa program ini digunakan di daerah krisis (Siprus) tidak hanya sebagai siaran global tetapi juga sebagai platform komunikasi untuk berkomunikasi bilateral dengan pihak lawan (seperti Antena TV Yunani dan Turki TRT). "World Report" juga digunakan sebagai forum propaganda untuk negara totalitaristic, membawa konferensi pers urusan nasional untuk khalayak global (Kuba, Cina). Hal ini digunakan sebagai media pemasaran, untuk menghapus stereotip dan alat komunikasi antara ekspatriat dan negara-negara asal mereka. Studi saya juga mengungkapkan, bahwa lembaga penyiaran nasional, regional, internasional, umum, milik negara, komersial dan swasta menggunakan CNNWR sebagai carrierprogram untuk menyampaikan laporan mereka kepada 'dunia' dari seluruh wilayah dunia. Mayoritas mencakup topik politik, masalah ekonomi atau militer, diikuti dengan Bantuan Internasional, Hak Asasi Manusia, pembebasan, pertanian / lingkungan, budaya dan pendidikan.

World Report juga mengungkapkan jurnalisme internasional baru: jurnalisme jenis, interaktif yang bereaksi terhadap laporan lain berita tentang isu yang sama, jelas bias, tidak obyektif, jurnalisme timbal balik, laporan yang dikirim kembali ke negara asal dan menghindari sensor dengan menayangkan topik melalui CNNWR dari melalui stasiun penyiaran sendiri, presentasi menampilkan jurnalisme, dan pemasaran kebudayaan daerah.

Pemain dalam mikrokosmos dari CCNWR adalah: organisasi berita organisasi politik global (PBB; UNESCO TV), organisasi regional dan benua politcal, organisasi politik partisan (kemudian PLO TV, Afghanistan Media Center, Afrika Selatan Sekarang), didanai publik penyiaran nasional , penyiar politik dan pribadi, Sucha s TGRT, saluran televisi Turki yang dimiliki oleh Türkye, sebuah koran sayap kanan fundamentalis Turki, berita organisasi yang beroperasi pada tingkat lembaga, penyiaran lokal.


Ilustrasi 2: Internet: Isu khusus dalam Ruang Publik diakses secara universal

Sedangkan Model CNN World Report bisa berfungsi sebagai ilustrasi untuk satu contoh ruang publik global dalam usia (massa) satelit distribusi eigthies an, Internet membuka tampilan untuk perkembangan baru. Pandangan barat lingkup global yang universal dan dari Interenet sebagai media global karena itu mitos. Untuk alasan ini, analisis lebih dekat dari wilayah dunia yang berbeda dalam penggunaan internet mereka (dan ide mereka dari sphee publik global) adalah penting. Sebuah analisis global keragaman global relevansi Internet dalam budaya media yang berbeda adalah contoh lain dari mencoba untuk memahami penggunaan khusus dari ruang publik global di berbagai wilayah dunia. Penentuan profil specifc membantu untuk memahami sikap dan persepsi yang berbeda dari lingkup global dan media internet. Saya mengusulkan untuk mengkarakterisasi lingkungan ini dalam terang struktur media yang keseluruhan dalam rangka untuk menentukan profil internet spesifik dalam pengaturan media massa secara keseluruhan. Berdasarkan model ini, lima lingkungan dapat diidentifikasi:

* Lingkungan Spillover: lingkungan ini dapat diidentifikasi dengan tingkat rendah infrastruktur teknis. Hal ini terletak di dalam atau di perbatasan jejak satelit relay dari lingkungan media besar. The "spillover" istilah berkaitan dengan fungsi relay dari satelit utama, untuk 'jejak' pusat dan zona spillover. Zona spillover banyak daerah Afrika (spillover dari jejak Eropa), wilayah Asia dan Amerika Selatan, juga Yukon Territory di Alaska.

* Negara-diatur akses terbatas: negara di mana pemerintah praktek penyensoran atas media berita dalam negeri, tetapi kontrol yang minimal atas internasional (komersial) pemrograman (Star TV kasus di India).

* Posting transisi komunis: Push-media massa (TV) yang dalam masyarakat-masyarakat mengalami transisi dari komunisme menuju demokrasi. Lingkungan ini dapat dicirikan oleh situasi tidak jelas hukum, sejarah yang masih hidup dari kebijakan media sosialis dan pasar komersial di mana penyiaran internasional dan domestik eksis berdampingan berbagai stasiun lokal dan regional tidak berlisensi (mantan Uni Soviet Rusia dan negara).

* Pluralis Lingkungan: Karakterisasi lingkungan ini adalah dasar regulasi media massa. Selanjutnya, media dianggap sebagai perusahaan komersial (AS).

* Dualis Lingkungan: Lingkungan ini dapat diidentifikasi oleh paralelisme pelayanan publik dan saluran komersial yang beroperasi secara internasional, sebuah paralelisme media sebagai perusahaan budaya dan komersial, di mana saluran internasional 'lokal' oleh program-program domestik (CNN dan NTV, MTV dan VIVA) . Media dan telekomunikasi adalah negara diatur, pengembangan Internet mahal dan karena itu lambat.


Spillover Lingkungan

Profil penggunaan internet di lingkungan spillover dapat didefinisikan sebagai komunitas dan komunikasi profesional. Internet dapat digunakan di daerah terpencil untuk memfasilitasi masyarakat luas komunikasi yang tidak mungkin sebaliknya. Dari 46 negara Afrika, sekitar 40 memiliki akses Internet dan minoritas ini hanya memiliki konektivitas internet penuh. Internet memiliki potensi untuk menjembatani kesenjangan dalam kekurangan dari sistem komunikasi (telekomunikasi: panggilan jarak jauh). Ada berbagai tingkat masyarakat luas komunikasi melalui Internet di Afrika. Afrika Online, ISP besar, didirikan oleh mantan siswa MIT Afrika, memiliki penekanan regional yang kuat yang jelas dalam topik-topik seperti "Pemerintah", "Kesehatan," "Pertanian", "Perempuan" dan "Pendidikan" dan headline daerah, yang didefinisikan link ke informasi terkait ke Afrika, yang terletak di bagian lain dunia (seperti Situs Studi Afrika Universitas of Pennsylvania). Berorientasi Dateabase situs memberikan informasi tentang daerah bagi wisatawan dan pengusaha. Internet juga impoves infrastruktur komunikasi untuk wartawan, MISANET, sebuah proyek Internet untuk wartawan meningkatkan aliran informasi di antara surat kabar di wilayah ini, di mana berita internasional yang digunakan untuk datang hampir secara eksklusif dari Reuters, Afrika Selatan Press Agency dan Associated Press.


Negara diatur, terbatas internasional komunikasi lingkungan

Dalam lingkungan ini, sebuah isu penting adalah komunikasi timbal balik. Dalam konteks terbatas, di mana akses ke infrastruktur komunikasi sangat terbatas dan diawasi secara ketat, situs web yang memungkinkan interaktivitas benar dan pertukaran informasi telah ditetapkan di luar daerah. Karena aliran program Internet adalah global, website berurusan dengan masalah Cina domestik (di Tibet) berlokasi di mana saja (terutama di lingkungan pluralis AS). Salah satu situs tersebut, Freedom Network Digital, menerbitkan tulisan-tulisan para tahanan politik Cina dan monitor pelanggaran hak asasi manusia tidak hanya di Cina tapi juga di Burma dan Bangladesh. Tipe lain dari komunikasi timbal balik adalah penggunaan Internt oleh minoritas politik atau kelompok-kelompok oposisi di dalam lingkungan media yang terbatas (Singapura, Malaysia).

Arti globalisasi dan komunikasi global tidak homogen, tetapi berbeda dalam berbagai wilayah dunia. Sebagai ahli teori sistem menyatakan, kepadatan tumbuh dan kompleksitas komunikasi adalah tanda dari pertumbuhan 'masyarakat dunia. " Untuk memahami lingkup global baru, otonomi, kemandirian dan ist 'mediasi' akan mendukung transisi ke masyarakat dunia di abad 21.


Bibliografi Referensi

Barber, Benjamin R. (1994) 'Zwischen Dschihad und McWorld,' Die Zeit, Nr. 42, (14.Oktober), hal 64
Featherstone, Mike (1990) 'Budaya Global: Sebuah Pengantar,' di: Featherstone, Mike (ed.) Budaya Global. Nasionalisme, Globalisasi dan Modernitas, London, Newbury Park, New Delhi: Sage.
Habermas, Jürgen (1992) Transformasi Struktural Ruang Publik, Cambridge, Ma, London, Inggris: MIT Press
Robertson, Roland (1992) Globalisasi. Teori Sosial dan Budaya Global. London, Newbury Park, New Delhi: Sage.
Stephens, Mitchell (1988) Sejarah Berita. Dari Drum untuk satelit tersebut. New York: Viking.
Virilio, Paulus (1989) Der Horzizont negatif: Bewegung-Geschwindigkeit-Beschleunigung. München.


 

 

Video

Loading...