Laman

AddThis Smart Layers

14.5. Hidup dengan Kurangnya Keamanan Kerja

Mengatasi Ketidakpastian

Membawa risiko di bawah kontrol.

Beberapa orang yang Anda kenal mungkin hanya memiliki beberapa pekerjaan - atau bahkan satu pekerjaan - dalam kehidupan mereka.

Jika demikian, dan mereka tidak bekerja untuk pemerintah, mereka mungkin lebih tua dari 50, yang tumbuh di suatu waktu di mana loyalitas perusahaan serta kerja keras memberikan karir yang mantap dan pensiun yang nyaman. Mereka mungkin telah menghabiskan 20 atau 30 tahun dengan perusahaan yang sama, tidak pernah membuat istirahat untuk mencari sesuatu yang lebih baik, dan tidak pernah memiliki alasan untuk takut PHK.


Hari-hari ini, bagaimanapun, dunia jauh berbeda. Sebagai hasil dari globalisasi, outsourcing, kontrak, perampingan, resesi dan bahkan bencana alam, "keamanan kerja" dapat tampak seperti sesuatu dari masa lalu. Orang-orang memasuki dunia kerja dalam beberapa tahun terakhir mungkin memiliki lebih dari 10 pekerjaan yang berbeda sebelum mereka pensiun. Kurangnya keamanan pekerjaan yang berlangsung dengan hal ini adalah sesuatu yang hampir semua orang harus menghadapi pada satu waktu atau yang lain, dan belajar bagaimana untuk mengatasinya adalah penting untuk menjadi bahagia, dan menjaga stres pergi.
Jadi, bagaimana Anda menghadapi ketidakpastian ini?

Pertama, belajar bagaimana menangani tekanan psikologis dan stres. Sangat penting untuk menyadari bahwa tidak semua orang bereaksi dengan cara yang sama untuk ketidakamanan kerja. Kehidupan rumah Anda, kemauan untuk beradaptasi dengan perubahan, dan situasi keuangan yang jauh berbeda dari rekan-rekan Anda, jadi jangan mengharapkan diri anda untuk merasakan atau bereaksi seperti yang mereka lakukan: mereka akan mengelola stres dengan cara mereka sendiri.

Selanjutnya, bersiaplah. Tidak mungkin untuk mengetahui apa masa depan akan membawa, sehingga mempersiapkan di muka dapat membantu mengurangi kekhawatiran Anda, karena Anda akan tahu bahwa Anda sudah melakukan semua yang Anda bisa.
Kami akan menunjukkan Anda apa yang dapat Anda lakukan sekarang untuk berurusan dengan perasaan kurangnya keamanan pekerjaan. 

Mengatasi Stres

Hidup dengan ketidakamanan konstan dapat stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hidup dengan ketidakamanan pekerjaan - "takut" kehilangan pekerjaan Anda - dapat lebih berbahaya bagi kesehatan Anda daripada benar-benar kehilangan itu. Di sini, menjaga sikap positif dapat membuat semua perbedaan!

Jika Anda sedang stres tentang karir Anda, cobalah beberapa tips berikut ini: 

  • Ingat pepatah "Setiap kali satu pintu tertutup, yang lain terbuka." Hidup dengan ketidakpastian bisa tidak nyaman, tetapi Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda melihatnya. Hal ini dapat menjadi petualangan, dan kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baru.
  • Jika Anda seorang pekerja yang baik dengan keterampilan berharga, maka Anda memiliki banyak untuk menawarkan majikan potensial lainnya jika Anda di-PHK. Ini adalah mengapa begitu penting untuk menjaga keterampilan Anda relevan dan up-to-date.
  • Dalam pasar kerja saat ini, keterampilan teknis yang Anda butuhkan dapat berubah dengan cepat. Jadi, mengembangkan keterampilan nonteknis Anda juga. Jika kurangnya keamanan pekerjaan adalah karena penurunan permintaan untuk keterampilan teknis Anda, berpikir "di luar kotak itu." Apa lagi yang bisa Anda lakukan - dan bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa Anda bisa belajar baris baru kerja? Lihatlah track record Anda menjadi mudah beradaptasi, kemampuan organisasi Anda (manajemen waktu, manajemen tim, dan kepemimpinan), dan Anda orang keterampilan.
  • Stres dapat hasil dari perasaan bahwa Anda tidak memiliki kendali atas situasi Anda. Ingat, Anda SELALU memiliki kontrol. Ini hidup Anda, dan itu dalam kekuasaan Anda untuk mengubahnya. Jika Anda takut bahwa Anda mungkin mendapatkan "dirampingkan," kemudian mengambil kendali dan bertindak. Carilah transfer lateral yang dalam perusahaan Anda, ke departemen yang berbeda atau bahkan cabang yang berbeda. Mulai belajar tentang departemen lain, mungkin kemampuan Anda akan memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda dalam organisasi. Jadilah Proaktif bukan reaktif.
  • Jika Anda bagian dari tim (atau jika Anda memimpin sebuah tim), memungkinkan semua orang untuk menyuarakan kekhawatiran mereka. Berkomunikasi dan mengekspresikan frustrasi yang penting, tapi jangan biarkan ketakutan ini mendominasi kelompok. Hal ini dapat menciptakan negatif dan melukai semangat. Jadi, memiliki diskusi terbuka, tetapi fokus pada apa yang Anda semua dapat Anda lakukan untuk bergerak maju dan mengatasinya.

 

Buktikan Senilai Anda

Jika Anda atasan Anda, dan Anda dipaksa untuk menghilangkan satu posisi, siapa yang akan Anda memberhentikan: orang yang meninggalkan pada pukul 5:01 setiap hari dan mengeluh sepanjang waktu, atau orang yang bersedia untuk mengambil pekerjaan ekstra dan selalu memiliki sesuatu yang positif untuk dikatakan?

Jika Anda menghadapi ketidakpastian di bidang Anda, pastikan Anda memberikan nilai untuk perusahaan Anda. Anda harus melakukan lebih dari "minimal hanya" jika Anda ingin menyimpan pekerjaan Anda.

Bersedia lembur untuk menyelesaikan proyek. Bantuan lain anggota tim yang yang jatuh di belakang. Apakah hal-hal untuk menunjukkan bos Anda bahwa Anda mencintai pekerjaan Anda dan Anda akan melakukan apa yang diperlukan untuk membantu perusahaan berhasil. Komitmen semacam ini dapat membantu membedakan Anda dari keramaian.

 

Tetap Lancar

Menjaga keterampilan Anda saat ini penting jika Anda ingin menawarkan nilai untuk perusahaan Anda. Pastikan Anda up to date pada sertifikasi industri Anda dan tren. 

Mengambil kelas di luar dan membaca publikasi perdagangan, sehingga Anda tahu apa yang terjadi di bidang Anda.

Juga, pikirkan tentang mengambil kelas yang akan menguntungkan peran Anda dalam setiap perusahaan. Keterampilan seperti manajemen waktu yang efektif, teknik kepemimpinan, dan organisasi kantor dapat membantu Anda di mana saja - tidak peduli apa pekerjaan yang Anda lakukan.

 

"Membual" Tentang Diri

Banyak orang menolak berbicara tentang prestasi mereka karena mereka tidak ingin membanggakan. Tapi pikirkan cara ini: bos Anda mungkin tidak tahu betapa hebatnya Anda, atau apa yang Anda mampu lakukan, jika Anda tidak memberitahunya.

Dengan berbicara tentang prestasi Anda, Anda terus dia diberitahu tentang nilai Anda. Untuk lebih lanjut tentang cara untuk membual tentang diri sendiri (tanpa dipandang sebagai arogan atau terlalu percaya diri), baca Mendapatkan Pengakuan yang Layak .

 

Jauhkan Riwayat Hidup Anda Sampai Tanggal

Hal ini cerdas untuk setiap orang untuk melakukan, tidak hanya mereka yang aktif mencari pekerjaan (atau takut mereka mungkin segera).

Ketika resume Anda adalah saat ini, Anda dapat siap setiap saat untuk melamar posisi baru - bahkan satu dalam perusahaan Anda sendiri. Anda tidak perlu buru-buru untuk membuat perubahan (dan kesalahan membuat risiko), dan Anda dapat yakin untuk menampilkan diri dalam cahaya yang sangat terbaik. Jika Anda menunggu sampai menit terakhir, Anda mungkin lupa sebuah prestasi penting yang bisa berarti menang - atau kalah - pekerjaan.

 

Simpan Uang Anda

Beberapa hal lebih stres daripada bertanya-tanya bagaimana Anda akan membayar tagihan Anda jika Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan Anda. Ini saja bisa meyakinkan orang untuk menerima tawaran pekerjaan pertama yang mereka terima, bahkan jika itu bukan orang yang tepat.

Simpan setidaknya tiga sampai enam bulan biaya hidup - ini dapat membantu Anda mengambil waktu yang Anda butuhkan untuk menemukan kesempatan terbaik, jika Anda dipecat. Hal ini juga dapat memberi Anda sumber daya yang Anda perlu melihat lebih jauh, jika pekerjaan mengering di daerah Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengubah situasi buruk menjadi kesempatan untuk mengevaluasi kembali karir Anda, dan menempatkan diri ke jalan, baru yang menarik.
 

Poin Penting :

Dalam dunia bisnis saat ini, hidup dengan ketidakamanan pekerjaan adalah kenyataan bagi banyak orang. Tapi itu tidak harus stres dan negatif.

Mempersiapkan diri untuk perubahan adalah cara yang bagus untuk merasa lebih baik tentang situasi. Ambil kontrol dengan memastikan bahwa perusahaan Anda tahu betapa hebatnya Anda, dan menginvestasikan waktu dalam menjaga keterampilan Anda up to date. Dan menyimpan uang, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang membayar tagihan Anda jika Anda kehilangan pekerjaan Anda.


Jika Anda mendapatkan PHK, ingatlah bahwa dunia ini penuh dengan peluang. Mengubah pola pikir Anda dapat pergi jauh ke arah mengurangi stres Anda. Lihatlah perubahan ini sebagai sebuah petualangan dan sebagai kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru. Fokus pada positif, bukan pada keraguan dan ketidakpastian. Ingat, hidup Anda adalah apa yang Anda lakukan itu! 




 

Video

Loading...