Laman

AddThis Smart Layers

14.4. Keretakan Plafon Kaca

Meraih puncak dengan alat-alat sehari-hari


Anda dapat menembus.

Apakah Anda merasa bahwa Anda telah pergi sejauh yang Anda bisa dengan majikan Anda saat ini? Meskipun mengetahui bahwa Anda memiliki lebih banyak potensi, apakah ada batas untuk "orang-orang seperti Anda" dalam organisasi Anda?

Jika demikian, Anda telah mencapai apa yang dikenal sebagai "langit-langit kaca." Ini adalah titik di mana Anda dapat dengan jelas melihat tingkat berikutnya promosi - namun, meskipun upaya terbaik Anda, sebuah penghalang tak terlihat tampaknya untuk menghentikan Anda dari melanjutkan.

Secara tradisional, langit-langit kaca adalah sebuah konsep diterapkan pada perempuan dan beberapa kelompok minoritas. Itu sangat sulit, jika tidak mustahil, bagi mereka untuk mencapai posisi manajemen atas. Tidak peduli seberapa berkualitas atau berpengalaman, mereka hanya tidak diberi  kesempatan untuk lebih memajukan karir mereka.

Hari ini, ada banyak wanita lebih dan minoritas dalam posisi kuat. Namun, langit-langit kaca masih sangat nyata. Dan itu tidak selalu terbatas pada gender atau ras.

Apakah Anda telah mendorong terhadap langit-langit kaca? Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Apakah Anda terlalu banyak juara perubahan? Apakah Anda memiliki kesulitan mengkomunikasikan ide-ide Anda? Apakah Anda lebih tenang dan kurang keluar daripada orang-orang yang mendapatkan promosi?

Apapun alasannya, Anda memiliki pilihan. Anda dapat menerima situasi Anda dan senang dengan melihat ke atas dan tidak bisa menyentuh apa yang Anda lihat. atau Anda dapat menghancurkan kaca dengan tujuan dan tekad.

Jika Anda melakukannya, memang, ingin menerobos kaca itu, berikut adalah beberapa langkah yang harus diambil. 

Identifikasi Kompetensi Kunci dalam Organisasi Anda

Kompetensi kunci adalah keterampilan umum dan atribut orang-orang di tingkat atas perusahaan Anda. Keterampilan ini sering berkaitan erat dengan budaya dan visi organisasi.

Perusahaan yang nilai inovasi dan berusaha untuk menjadi pemimpin mungkin akan mempromosikan individu yang keluar, pengambil risiko, dan tidak takut untuk "memberitahu seperti itu." Namun, jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan yang konservatif (seperti utilitas milik publik) kemungkinan bahwa manajemen puncak adalah pemikir analitis, dengan reputasi untuk menghindari risiko dan membuat keputusan hati-hati.

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 

  • Apa nilai-nilai organisasi Anda?
  • Apa perilaku nilai perusahaan Anda dan pahala?
  • Apa tipe orang yang dipromosikan?
Memahami apa yang membuat perusahaan Anda dan para pemimpinnya terpisah. Ini adalah langkah pertama menuju menemukan cara untuk memposisikan diri untuk peran kepemimpinan atas. 



Untuk lebih memperjelas ide-ide, baca Inti Analisis Kompetensi dan Kesepakatan dan Model Budaya Kennedy .

Dua kompetensi universal untuk manajemen puncak adalah kepemimpinan yang efektif dan komunikasi yang efektif. Masing-masing adalah kompleks. 

  • Baca semua yang Anda dapat tentang gaya kepemimpinan, keterampilan, dan atribut. Peralatan Pikiran memiliki koleksi yang sangat baik artikel tentang Keterampilan Kepemimpinan . Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil Pola Pikiran Bagaimana Memimpin saja.
  • Keterampilan komunikasi akan membantu Anda, terlepas dari tingkat yang Anda inginkan untuk mencapai dalam karir Anda. Mulailah dengan pengenalan keterampilan komunikasi, dan belajar untuk digunakan sebagai banyak alat-alat mungkin.


Tetapkan Tujuan untuk Sejajarkan Kompetensi Anda dengan Top Management

Setelah Anda tahu target Anda, menetapkan tujuan ke sana. Anda bertanggung jawab untuk menentukan arah karir Anda sendiri. Jadilah proaktif dan pergi setelah apa yang Anda inginkan, karena mungkin tidak akan diberikan kepada Anda.
Lakukan hal berikut: 

  • Biarkan atasan Anda tahu bahwa Anda ingin bekerja menuju posisi yang lebih tinggi tingkat.
  • Meminta atasan Anda apa yang bidang keterampilan yang Anda butuhkan untuk berkembang.
  • Bekerja sama dengan atasan Anda untuk mengatur tujuan dan sasaran, kemudian memantau dan mengukur kinerja Anda.


Ingatlah untuk berkonsentrasi pada bidang kinerja Anda bahwa Anda dapat meningkatkan. Jangan menetapkan tujuan untuk mencapai posisi tertentu pada waktu tertentu. Hal ini dapat mengecilkan hati jika itu tidak terjadi. Misalnya, menetapkan tujuan untuk secara konsisten menunjukkan komunikasi yang asertif dan jelas. Jika Anda mencapai tujuan tersebut, tidak peduli apa jabatan Anda miliki, Anda telah berhasil! Lihat Menetapkan Tujuan Pribadi untuk ide-ide lebih lanjut tentang cara menentukan tujuan memotivasi.


Bangun Jaringan Anda

Anda juga harus membangun hubungan dengan orang lain dalam organisasi Anda. Anda tidak pernah tahu yang mungkin dalam posisi untuk membantu Anda atau memberikan informasi yang berharga.

Sangat penting untuk jaringan di semua bidang dan tingkat perusahaan Anda. Banyak orang cenderung berpikir itu terbaik untuk membuat teman-teman di atas. Namun, untuk menjadi efektif dan benar-benar sampai ke puncak, Anda akan membutuhkan dukungan dari rekan-rekan di tingkat lain juga.

Cobalah tips ini:

  • Menjangkau orang-orang baru secara teratur.
  • Terlibat dengan tim lintas fungsional.
  • Memperluas jaringan profesional Anda luar organisasi Anda. Jika Anda tidak dapat mematahkan langit-langit kaca di perusahaan Anda, Anda mungkin harus mencari tempat lain untuk peluang.
Baca lebih lanjut tentang Jaringan Profesional .


Gunakan iklim dalam organisasi Anda untuk keuntungan Anda. Sementara "politisasi" sering dilihat sebagai negatif, Anda dapat membantu karir Anda dengan memahami dan menggunakan jaringan politik di perusahaan Anda. Lihat Berurusan dengan Politik Kantor


Cari Mentor

Memiliki seorang mentor adalah cara yang ampuh untuk menerobos langit-langit kaca. Hambatan yang Anda hadapi memiliki kemungkinan telah ada untuk waktu yang lama. Masa praktek, bias dan stereotip, dan ide-ide tua sering lama didirikan di atas banyak organisasi.

Apakah manajemen atas enggan untuk bekerja dengan jenis tertentu individu? Apakah mereka mengecualikan orang-orang tertentu dari komunikasi penting? Seorang mentor dapat membantu Anda belajar bagaimana untuk bisa terhubung ke informasi dan orang yang dapat membantu Anda. Seorang mentor juga bisa menjadi sumber ide untuk pengembangan profesional Anda dan pertumbuhan.

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: 

  • Apakah ada seseorang di manajemen atas Anda bisa mendekati untuk membantu Anda?
  • Apakah bos Anda dapat memberikan dukungan pendampingan?
  • Apakah ada orang dengan kekuasaan politik yang kuat yang dapat menawarkan bantuan?


Baca Menemukan Mentor untuk rincian tentang apa yang harus dicari dalam mentor dan ide tentang bagaimana untuk menemukan satu.


Membangun Reputasi Anda

Pada akhirnya, cara untuk maju adalah untuk mendapatkan perhatian. Anda ingin orang melihat kompetensi Anda, kemampuan kepemimpinan, kemampuan komunikasi, pengetahuan teknis, dan setiap kompetensi lain yang khas dari orang-orang di atas.

Mengembangkan keterampilan Anda dan jaringan dengan orang-orang sehingga nama Anda menjadi terkait dengan potensi manajemen puncak. Untuk melakukan ini, Anda perlu membangun reputasi sebagai jenis orang yang cocok dengan deskripsi manajemen puncak. Visibilitas sangat penting. Ingat, saat Anda dapat melihat sampai, orang-orang di puncak bisa melihat ke bawah. Pastikan bahwa apa yang mereka lihat adalah Anda!

Ikuti panduan ini: 



  • Mencari profil tinggi proyek.
  • Berbicara dan berkontribusi dalam rapat.
  • Berbagi ide dengan teman sebaya serta orang-orang dalam posisi yang lebih tinggi.
  • Mengidentifikasi tempat-tempat di mana reputasi Anda bukan apa yang Anda inginkan, dan mengembangkan rencana untuk mengubah mereka.


Untuk tips lebih lanjut tentang membangun reputasi yang tepat, lihat Apa Reputasi Anda?
 


Ketahui Hak Anda

Akhirnya, perhatikan perilaku diskriminatif. Kadang-kadang bias dan stereotip bisa melewati garis menjadi diskriminasi. Itu disayangkan bagi Anda dan organisasi Anda ketika situasi seperti ini terjadi.

Jangan hanya menerima frustrasi dan kegagalan. Ketahuilah bahwa Anda melakukan segalanya dengan benar, dan mempersenjatai diri dengan pemahaman yang baik tentang hak-hak Anda tentang kebijakan perusahaan resmi dan hukum setempat. 



Artikel Pikiran Tools 'pada Menghindari Diskriminasi menunjukkan Anda bagaimana untuk melindungi diri sendiri jika Anda menghadapi situasi ini disesalkan.



Poin Penting :

Untuk maju dan mencapai tingkat kepemimpinan Anda inginkan, Anda perlu juara dan pasar sendiri. Itu berarti secara proaktif mengelola setiap langkah karier Anda. Jika Anda tidak bisa menerobos langit-langit kaca, Anda mungkin harus bekerja lebih keras daripada yang lain.

Kita tidak bisa semua akan persis tipe orang manajemen atas perusahaan kami inginkan. Apa yang dapat kita lakukan adalah mengembangkan keterampilan bahwa nilai-nilai perusahaan. Mempersenjatai diri dengan rencana pembangunan serta bantuan dari atasan Anda, jaringan yang kuat, dan, mudah-mudahan, mentor. Anda kemudian dapat membangun dan menampilkan keterampilan yang akan membantu Anda menaiki tangga perusahaan. Dorong diri Anda melampaui zona kenyamanan Anda, dan Anda mungkin menemukan zona baru kesempatan. 


Terapkan ini untuk Hidup Anda

Jika Anda frustrasi dengan kemajuan karir Anda, pertimbangkan hal berikut: 

  • Apakah Anda memiliki rencana karier di tempat? Jika Anda tidak, sekarang adalah waktu untuk membuat satu!
  • Apakah bos Anda, atau seseorang dalam organisasi Anda, tahu apa tujuan Anda? Kecuali orang tahu apa yang Anda inginkan, mereka dapat menjaga Anda berada di posisi yang sama dan menganggap Anda senang di sana.
  • Apakah Anda merasa sendirian dan tidak didukung di tujuan karir Anda? Jika demikian, yang dapat membantu Anda mengubah itu? Kita semua perlu membuat keberhasilan kita sendiri, tetapi kebanyakan orang tidak berhasil semua pada mereka sendiri. Mintalah dukungan dan bantuan - ini adalah tanda kekuatan, bukan kelemahan.
  • Apa daerah untuk pengembangan keterampilan telah ditunjukkan kepada Anda di masa lalu? Apakah Anda membuat perbaikan?
  • Apakah Anda menghadapi langit-langit kaca? Menyadari bahwa langit-langit ada adalah langkah pertama. Langit-langit tidak akan dihapus kecuali Anda melakukan sesuatu tentang hal itu. Menerapkan beberapa ide dalam artikel ini, dan memonitor kemajuan Anda.




 

Video

Loading...