Laman

AddThis Smart Layers

13.11. Budaya menghindari kecerobohan

Memahami Dampak Perbedaan Lintas Budaya
 
Anda dapat menyebabkan pelanggaran jika Anda menggunakan sumpit salah.
 
Apa yang bisa salah dengan menyeruput vodka di Rusia? Atau dengan makan dengan tangan kiri Anda di India,
atau dengan menepuk bagian belakang rekan di Korea untuk berterima kasih kepada mereka untuk "pekerjaan yang dilakukan dengan baik"?

Di banyak negara, tindakan ini tidak berbahaya. Tetapi di lain, mereka dapat memberikan kesan yang salah atau menyebabkan pelanggaran. Mereka bahkan bisa merusak hubungan atau merusak kesepakatan besar.



Bahkan, budaya apa pun Anda berasal, kemungkinan bahwa Anda secara rutin melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan pelanggaran di tempat lain di dunia.



Pada artikel ini, kita akan membahas mengapa sangat penting untuk menyadari tradisi budaya yang berbeda. Kami juga akan menyoroti beberapa gerakan dan tindakan untuk menghindari jika Anda ingin membangun hubungan kerja yang baik dengan orang-orang dari budaya ini.



Pentingnya Kesadaran Budaya


Ini bukan hanya profesional yang bekerja di luar negeri yang perlu belajar etiket bisnis lintas-budaya . Berhenti dan berpikir tentang berapa banyak budaya yang berbeda Anda datang ke dalam kontak dengan di tempat kerja.



Bahkan jika Anda bekerja di negara asal Anda, kolega Anda dan pemasok bisa berasal dari budaya lain. Organisasi Anda mungkin memutuskan untuk mengakuisisi atau merger dengan organisasi di negara yang berbeda. Dan pelanggan Anda, juga, mungkin berlokasi di puluhan negara di seluruh dunia.

Keragaman dunia kita adalah apa yang membuatnya begitu menarik. Ketika Anda mengambil waktu untuk memahami alasan keragaman ini, Anda menunjukkan rasa hormat terhadap budaya orang lain. Dan ketika Anda melakukan ini dalam konteks bisnis, Anda akan meningkatkan hubungan kerja Anda dan mengembangkan reputasi Anda sendiri.


Mengingat Perbedaan Budaya


Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut ketika berpikir tentang bagaimana suatu budaya mungkin berbeda dari Anda sendiri:

  • Nilai-nilai apa yang budaya ini merangkul? Bagaimana nilai-nilai dibandingkan dengan orang-orang dari budaya Anda?
  • Bagaimana orang membuat keputusan, melakukan hubungan, dan menampilkan emosi?
  • Bagaimana budaya ini memperlakukan waktu dan penjadwalan?
  • Apa aturan sosial dan batas sekitarnya gender?
  • Bagaimana ini menampilkan budaya dan kekuatan hormat? Yang figur otoritas dihormati?
  • Bagaimana individu berhubungan dengan majikan mereka?
  • Bagaimana orang dalam budaya ini berkomunikasi? Bagaimana langsung mereka dalam apa yang mereka katakan dan artinya?

Tips 1:
Lihat artikel kami pada
kecerdasan budaya untuk belajar bagaimana bekerja dengan baik dalam budaya yang berbeda. Ini adalah keterampilan yang kuat yang dapat dipelajari dan dikembangkan di seluruh hidup Anda bekerja.

Tip 2:
Jadilah rendah hati. Apa pun yang Anda belajar tentang perbedaan budaya, akan ada variasi lokal dan regional bahwa Anda tidak akan tahu tentang. Mengakui bahwa Anda tertarik untuk belajar, dan mendorong orang untuk memberitahu Anda tentang variasi ini.


Kesalahan Umum Lintas Budaya


Di bawah ini kami telah terdaftar tindakan dan item yang dapat menyebabkan pelanggaran dalam berbagai budaya dan negara.



Catatan:
Daftar ini tidak lengkap! Harap beritahu kami tahu tentang bea cukai di negara Anda dengan menggunakan "Ajukan pertanyaan atau berbagi pengalaman Anda" link di bagian bawah artikel ini.

Makanan
Orang menjauhkan diri dari makan dan minum makanan tertentu karena berbagai alasan agama dan budaya. Manners dan harapan di meja juga bisa berbeda.
  • Dalam budaya Asia dan Rusia, itu umum untuk tidak berbicara selama makan karena makanan adalah fokus. Kebanyakan percakapan berlangsung setelah makan malam. Hal ini tidak terjadi di, misalnya, Jepang, di mana kolega sering mendiskusikan pekerjaan setelah jam dan sambil bersosialisasi atas makan.
  • Berapa banyak yang Anda makan dapat menyebabkan pelanggaran dalam beberapa kebudayaan. Misalnya, host Anda di Rusia, Yunani, dan Italia bisa tersinggung jika Anda tidak cukup makan.
  • Perhatikan dengan seksama bagaimana Anda menggunakan sumpit Anda di negara-negara Asia. Jangan menggunakannya dalam isyarat atau menunjuk, dan tidak pernah tongkat mereka tegak dalam mangkuk nasi: ini merupakan pertanda kematian. Jangan menggunakannya untuk tombak sepotong makanan atau untuk menekan gelas atau mangkok, baik. Dan tidak pernah menyeberang sumpit Anda, mereka harus selalu berbaring berdampingan.
  • Cobalah untuk menghindari menolak vodka di Rusia - ketika itu ditawarkan, itu adalah tanda kepercayaan dan persahabatan. Vodka disajikan rapi, dan Anda harus minum semuanya sekaligus, Rusia mempertimbangkan menghirup vodka untuk menjadi kasar.
  • Islam, Mormon, Advent Hari Ketujuh dan menghindari alkohol.
  • Hindu, penduduk beragama terbesar di India, menganggapnya suci untuk makan daging sapi. Sebagian juga vegetarian. Muslim dan Yahudi dilarang makan daging babi (dan, di samping itu, orang-orang Yahudi tidak makan kerang), dan Katolik Roma dapat memilih ikan ketimbang daging merah pada hari Jumat.

Bahasa Tubuh dan Gestures


  • Di India, Afrika, dan Timur Tengah, orang selalu menggunakan tangan kanan mereka untuk menyapa, menyentuh, dan makan. Mereka menganggap tangan kiri najis, sehingga Anda tidak harus menggunakannya untuk apa pun terbuka.
  • Beberapa kebudayaan menganggap menyilangkan kaki Anda untuk menjadi kasar. Sebagai contoh, di Timur Tengah dan Afrika Selatan, menyilangkan kaki sering menunjukkan telapak kaki, tanda dari keinginan sakit atau pertanda buruk. Di Jepang, itu dianggap sopan untuk menyilangkan kaki Anda di hadapan seseorang yang lebih tua atau lebih dihormati daripada Anda.
  • Gerakan tertentu yang dianggap dapat diterima di satu negara bisa sangat ofensif di negara lain. Misalnya, "thumbs up" isyarat dipandang sebagai tanda kepuasan di Barat, tetapi sangat ofensif di beberapa negara Timur Tengah.
  • Di Amerika Serikat, jabat tangan menunjukkan bahwa negosiasi selesai, dan bahwa setiap orang meninggalkan kesan baik. Di Timur Tengah, jabat tangan adalah tanda bahwa negosiasi serius kini mulai.
  • Dalam banyak budaya, menunjuk tidak sopan, sehingga biasanya terbaik untuk menghindari itu sepenuhnya. Jika Anda harus isyarat terhadap sesuatu, menggunakan seluruh tangan Anda.


Tip:
Hal ini dapat menantang untuk mengetahui gerakan tabu.
Aturan praktis yang baik adalah untuk menghindari gerakan sampai Anda yakin bahwa mereka dapat diterima. Perhatikan bagaimana penduduk setempat menggunakan bahasa tubuh, dan mengikuti langkah mereka. 

Pakaian dan Warna


  • Di Pasifik Selatan, Asia, Thailand, dan Rusia, itu sopan untuk menghapus sepatu Anda sebelum memasuki rumah. Hal ini membantu menjaga kebersihan, tetapi itu juga merupakan tanda bahwa Anda meninggalkan dunia luar tempatnya.
  • Beberapa budaya perhatikan pakaian. Sebagai contoh, sangat penting untuk berpakaian di Italia dan Uni Emirat Arab, dan pakaian kasual ceroboh atau dianggap tidak sopan.
  • Warna pakaian Anda juga bisa melukai perasaan. Misalnya, tidak pernah memakai kuning di Malaysia; warna ini disediakan untuk royalti. Di Cina, Anda akan membuat kesan yang lebih baik dengan memakai merah, yang dianggap beruntung, dibandingkan dengan memakai putih, yang dikaitkan dengan kematian.



Personal Space


Ruang pribadi adalah jarak bahwa Anda tetap antara diri sendiri dan orang lain. Ini bervariasi antara budaya.
  • Di Amerika Serikat, banyak orang lebih memilih untuk menjaga ruang satu sampai dua meter 'antara teman dan anggota keluarga, dan sampai tiga meter antara orang asing dan rekan bisnis. Preferensi ini serupa di Inggris, Norwegia, Jerman, dan negara-negara Eropa lainnya.
  • Kebutuhan ruang pribadi dari Arab Saudi jauh lebih rendah: mereka sering berdiri sangat dekat satu sama lain, bahkan mereka mereka tidak tahu dengan baik.
  • Orang Cina dan orang-orang dari budaya Asia lainnya juga biasanya digunakan untuk ruang kurang pribadi daripada Barat.
Sangat penting untuk memahami kebutuhan ruang pribadi dari budaya yang berbeda, sehingga Anda tidak dianggap sebagai kasar (dengan berdiri terlalu jauh) atau memaksa (dengan berdiri terlalu dekat).

Ruang pribadi juga termasuk menyentuh. Di Mediterania dan Selatan budaya Amerika, menyentuh adalah bagian penting dari percakapan dan menghubungkan. Jika Anda tidak menyentuh orang lain, Anda akan dianggap dingin. Namun, di negara-negara Timur, menyentuh sering dianggap tabu, dan Anda akan menyinggung rekan Anda jika Anda menepuk mereka di bagian belakang atau menyentuh lengan mereka. 

Perangkat tambahan dan Model


Serta mengamati penduduk setempat, Anda dapat berkonsultasi buku dan menggunakan alat-alat lain untuk belajar bagaimana budaya berbeda.



Sebagai contoh, Hofstede Dimensi Budaya dan Tujuh Dimensi Kebudayaan garis perbedaan budaya tertentu, membantu Anda memahami bagaimana budaya lain lebih memilih untuk bekerja dan berkomunikasi.

Anda juga dapat membaca kami Managing Around the World artikel untuk mengetahui bagaimana budaya mempengaruhi gaya yang bekerja di negara-negara tertentu.

Juga, buku " Kiss, Bow, or Shake Hands " adalah sumber tak ternilai dos budaya dan tidak boleh dilakukan. Ahli Wawancara dengan penulisnya, Terri Morrison, termasuk tips tambahan untuk meningkatkan kesadaran budaya Anda. 


Poin Penting


Kesadaran lintas budaya merupakan keterampilan penting, terlepas dari apakah Anda bekerja di luar negeri, memimpin tim lintas-budaya atau virtual, atau berurusan dengan basis pelanggan global. Pelajari tentang budaya negara di mana Anda melakukan bisnis untuk menghindari kesalahan budaya, dan untuk menunjukkan rasa hormat dan pengertian.

Penelitian perbedaan penting dalam pengambilan keputusan, hubungan, pakaian, makanan, makan, dan etiket sosial sebelum bekerja dengan atau bepergian ke budaya yang berbeda. Host Anda akan melihat usaha Anda, dan menghargai bahwa Anda mengambil waktu untuk belajar tentang budaya mereka.
 
 

 

Video

Loading...