Laman

AddThis Smart Layers

14.14. Berurusan Dengan Diskriminasi

Mengatasi Pengobatan Tidak Sehat



Pelajari bagaimana menangani diskriminasi.


"Saya punya mimpi bahwa empat anak saya pada satu hari tinggal di negara di mana mereka tidak akan dinilai oleh warna kulit mereka, tetapi oleh isi dari karakter mereka." Dr Martin Luther King, Jr, Aktivis Hak Sipil Amerika.



Pernahkah Anda mengalami "sengatan" diskriminasi? Ini mungkin telah terjadi dalam wawancara kerja, ketika seseorang bertanya pertanyaan-pertanyaan pribadi tentang kesehatan anda, status perkawinan, atau keyakinan. Atau Anda mungkin menduga bahwa Anda telah melewati untuk promosi karena latar belakang budaya atau usia Anda.

Dalam situasi seperti ini, mungkin sudah ada alasan yang sah mengapa Anda ketinggalan. Namun, jika Anda berpikir bahwa Anda telah didiskriminasi, penting untuk mengetahui apa pilihan Anda, sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang tepat.


Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu diskriminasi. Kami kemudian akan mempelajari apa yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa bahwa Anda telah didiskriminasi, dan kita akan mempelajari beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum berbicara.



Catatan:
Artikel ini dimaksudkan sebagai panduan umum saja. Hukum mendefinisikan diskriminasi, serta kelompok mana dilindungi dari diskriminasi, bervariasi di seluruh dunia dan bahkan dari daerah ke daerah dalam suatu negara. Oleh karena itu, Anda akan perlu untuk melakukan riset hukum di daerah, negara, atau negara Anda sebelum mengambil tindakan.




Diskriminasi Ditetapkan


The Oxford Dictionary mendefinisikan diskriminasi sebagai "perlakuan tidak adil atau merugikan dari berbagai kategori orang, terutama atas dasar ras, usia, atau jenis kelamin." The Merriam-WebsterDictionary mendefinisikan sebagai "tindakan, praktik, atau contoh diskriminasi kategoris bukan secara individual."


Umumnya, diskriminasi dapat didefinisikan sebagai pengobatan yang tidak menguntungkan dari seseorang berdasarkan memiliki atau tidak memiliki suatu karakteristik tertentu, sejarah budaya, atau perbedaan yang dirasakan lainnya. Namun, kelompok-kelompok yang secara hukum dilindungi dari diskriminasi bervariasi di seluruh dunia.


Sebagai contoh, sementara itu ilegal untuk melakukan diskriminasi di Amerika Serikat berdasarkan usia, jenis kelamin, kehamilan, ras, etnis, kecacatan, agama atau kurangnya agama, dan informasi genetik, mungkin secara teknis tidak ilegal (pada tingkat federal) untuk membedakan berdasarkan faktor-faktor lainnya. Namun, setiap negara memiliki hukum yang berbeda yang melindungi kelompok yang berbeda.

Negara-negara lain, seperti Inggris dan Australia, memperluas perlindungan hukum untuk memasukkan diskriminasi berdasarkan orientasi seksual, pergantian kelamin, dan pernikahan atau kemitraan sipil.

Promosi Afrika Selatan Kesetaraan dan Pencegahan Tidak Sehat Undang-Undang Diskriminasi (PEPUDA) bahkan lebih spesifik. Tindakan ini melarang apa yang dikenal sebagai "pidato kebencian," serta diskriminasi terhadap ras, jenis kelamin atau jenis kelamin, kehamilan, status perkawinan, asal etnis atau sosial, orientasi seksual, usia, cacat, agama, hati nurani, keyakinan, budaya, dan bahasa .

Contoh Kemungkinan dari Diskriminasi

Berikut adalah beberapa situasi yang menggambarkan apa yang diskriminasi mungkin terlihat seperti. Namun, penting untuk diingat bahwa, sementara diskriminasi bisa datang dalam berbagai bentuk, bisa ada alasan yang sah untuk perilaku orang lain dalam beberapa situasi ini.
  • Sue, berusia 56, baru tahu bahwa dia tidak mendapatkan pekerjaan yang ia sempurna memenuhi syarat untuk. Sebaliknya, perusahaan menyewa seorang pria, berusia 25, baru saja lulus kuliah dengan jauh lebih sedikit pengalaman dan sedikit kualifikasi. Ada kemungkinan bahwa Sue bisa menjadi korban usia atau diskriminasi gender.
  • Gwyneth, seorang karyawan lama dari organisasinya, memberitahu bosnya bahwa dia hamil. Tiga hari kemudian, bosnya mengatakan bahwa ia sedang melepaskan karena pemotongan anggaran - namun, ia adalah satu-satunya orang yang kehilangan pekerjaannya. Ada kemungkinan bahwa Gwyneth bisa menjadi korban diskriminasi kehamilan.
  • Saajid dibutuhkan oleh imannya untuk berdoa lima kali sehari. Namun, bosnya telah menolak untuk membiarkan dia mengambil istirahat untuk kewajiban agama-ngannya, begitu, Saajid dipaksa untuk berdoa dalam rahasia. Ketika bosnya menemukan apa yang dia lakukan, dia dipecat. Ada kemungkinan bahwa Saajid bisa menjadi korban diskriminasi agama.
  • Gabriela telah melamar pekerjaan sebagai sopir bus dan terkejut mengetahui bahwa ada pembatasan tinggi. Pembatasan tampaknya tidak relevan dengan posisi, dan Gabriela mencurigai bahwa perusahaan menggunakan pembatasan untuk menyaring wanita, yang sering lebih pendek dibandingkan laki-laki. Ada kemungkinan bahwa Gabriela bisa menjadi korban diskriminasi gender.
Seperti yang dapat Anda lihat dari skenario ini, ada banyak cara bahwa diskriminasi dapat memanifestasikan dirinya di tempat kerja.

Sekali lagi, bagaimanapun, itu mungkin bahwa mungkin ada penjelasan yang masuk akal untuk diskriminasi yang dirasakan dalam beberapa situasi ini. Misalnya, dalam kasus Sue, calon yang dianugerahi pekerjaan di tempatnya mungkin memiliki sertifikasi atau mandat bahwa dia tidak tahu tentang, atau Sue mungkin telah gagal untuk menyorot keterampilan dan pengalaman dalam wawancara khusus.

Mengambil Tindakan Diskriminasi

Berurusan dengan diskriminasi di tempat kerja bisa stres, frustasi, dan emosional traumatis, dan memutuskan apakah atau tidak untuk melaporkan itu adalah pilihan yang sangat pribadi.

Mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan jika Anda merasa bahwa Anda adalah korban diskriminasi.

Pastikan Bahwa Diskriminasi Terlibat

Seperti kita sudah disorot, persepsi seseorang tentang peristiwa dapat membuat mereka merasa bahwa mereka telah didiskriminasi ketika hal ini tidak mungkin benar-benar terjadi.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengambil tindakan apapun terhadap seseorang atau organisasi, Anda perlu memastikan bahwa Anda benar-benar telah menjadi korban diskriminasi.

Untuk melakukan ini, mengambil langkah mundur dan melihat situasi dari beberapa perspektif yang berbeda - Anda perlu menentukan, seobjektif mungkin, jika Anda telah didiskriminasi, atau jika Anda sudah cukup melompat ke kesimpulan. (Kadang-kadang bisa sangat sulit untuk membuktikan diskriminasi yang telah terjadi.)

Pikirkan tentang definisi diskriminasi yang kita disorot di atas, dan membandingkannya dengan pengalaman Anda. Juga, periksa lokal, negara bagian, dan hukum nasional tentang diskriminasi, serta kebijakan diskriminasi organisasi Anda, jika memiliki satu. Bisa apa yang telah Anda alami menjadi diskriminasi? Atau mungkin ada penjelasan valid untuk apa yang terjadi?

Anda juga bisa berbicara dengan pengacara atau profesional hukum jika ini adalah praktis. (Ini mungkin dapat menawarkan konsultasi awal gratis atau murah atau pertemuan.) Namun, ingatlah bahwa mungkin dalam kepentingan mereka untuk membawa Anda sebagai klien karena mereka bisa mendapatkan biaya bahkan jika Anda lama- kepentingan jangka rusak - sehingga tidak membuat keputusan akhir sampai Anda telah mempertimbangkan kemungkinan konsekuensi mengambil tindakan, pada langkah berikutnya.

Di beberapa negara, Anda mungkin bisa mendapatkan saran gratis dari pemerintah dan organisasi nirlaba, seperti  Citizen's Advice Bureau di Inggris atau FairWork Ombudsman di Australia. Gunakan layanan ini jika Anda bisa - mereka akan memberi Anda titik awal yang baik untuk memikirkan hal-hal melalui.

Pertimbangkan Konsekuensi

Di beberapa negara, itu ilegal untuk mengorbankan seseorang untuk pelaporan diskriminasi, terlepas dari apakah diskriminasi terbukti atau tidak. Namun, itu masih layak dipertimbangkan bahwa mungkin ada konsekuensi negatif menyenangkan jika Anda melaporkan diskriminasi, bagaimanapun tidak adil dan tidak adil orang-orang konsekuensi mungkin.

Ini bisa menjadi kenyataan pahit di beberapa negara dan beberapa organisasi, dan dalam beberapa kasus korban ini bisa disengaja. Sebagai contoh, seorang manajer tidak dapat mempertimbangkan Anda untuk sebuah proyek baru karena, tanpa sadar, dia merasakan Anda sebagai "masalah-pembuat."

Cari tahu seberapa jauh Anda dilindungi dari konsekuensi ini oleh negara atau hukum negara, dan diam-diam mencari tahu apa yang terjadi pada orang lain yang telah melaporkan diskriminasi dalam organisasi Anda.

Di sisi lain, berpikir tentang konsekuensi dari tidak melaporkan diskriminasi. Manajer senior organisasi mungkin tidak menyadari bahwa ada budaya diskriminatif di dalamnya, dan pelaporan diskriminasi dapat memberikan organisasi kesempatan untuk berubah. Hal ini dapat memiliki efek positif bagi semua staf lebih bawah garis.

Mengumpulkan Bukti

Jika Anda memutuskan untuk terus maju dengan keluhan Anda, Anda perlu mengumpulkan bukti sebanyak mungkin mengenai tindakan diskriminasi. Hal ini dapat mencakup memperoleh salinan dokumen yang berkaitan dengan apa yang telah terjadi - misalnya, email, peringatan tertulis, penilaian kinerja, atau bahkan surat pemutusan hubungan kerja.

Ingatlah, bagaimanapun, bahwa bukti pengumpulan dapat menantang, karena diskriminasi sering datang dalam bentuk tindakan atau percakapan yang sulit untuk dokumen. Misalnya, bagaimana Anda dapat dokumen bahwa Anda tidak menerima promosi karena gender atau etnis, ketika bos Anda klaim alasan non-diskriminatif, seperti sesekali tardiness? Dalam kasus tersebut, ada sering ada bukti keras diskriminasi, dan itu mungkin sangat sulit untuk membuktikan.

Dalam situasi seperti ini, itu ide yang yang baik untuk menuliskan apa yang terjadi dan kapan, atau untuk menjaga buku harian jika diskriminasi sedang berlangsung. Ini akan memberi Anda bukti penting jika Anda mengajukan keluhan diskriminasi terhadap seseorang atau organisasi Anda.

Tuliskan di sedetail mungkin apa diskriminasi itu, ketika peristiwa itu terjadi (dengan tanggal dan waktu), yang melakukan apa, di mana hal itu terjadi, yang menyaksikannya, dan apa respons Anda terhadap itu.

Juga, berhati-hati untuk tidak melanggar apapun undang-undang sementara Anda mengumpulkan bukti ini - periksa peraturan setempat, dan mendapatkan nasihat hukum pertama, jika mungkin. Selain itu, hindari menggunakan sumber daya majikan ketika mengumpulkan informasi, sehingga Anda tidak dapat dituduh menyalahgunakan ini.

Pelaporan Diskriminasi

Ketika Anda siap untuk melaporkan diskriminasi, ikuti prosedur keluhan majikan Anda atau kebijakan diskriminasi, jika memiliki salah satu, dan ikuti bimbingan bahwa Anda telah menerima dari setiap profesional hukum bahwa Anda telah dihubungi. Organisasi-organisasi Kebanyakan besar memiliki sumber daya manusia profesional yang berdedikasi untuk menangani jenis isu-isu; jika hal ini terjadi, itu sering terbaik untuk berkonsultasi orang ini pertama, sebelum membuat keluhan resmi.

Pastikan bahwa Anda jelas bahwa apa yang Anda melaporkan tidak diterima dan tidak dapat diterima untuk Anda. Jadilah tegas dan lugas gas tentang ini, diskriminasi bisa dibiarkan jika korban meminimalkan masalah, atau membuatnya terdengar kurang traumatis daripada itu. Gunakan bukti bahwa Anda sudah mengumpulkan untuk membuat cadangan klaim Anda.

Jika Anda menemukan bahwa organisasi Anda tidak sedikit untuk mengatasi keluhan Anda, Anda mungkin perlu membawa masalah ini ke instansi pemerintah atau peraturan, atau, sekali lagi, berkonsultasi dengan profesional hukum.

Mengatasi Diskriminasi

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak dapat untuk menyelesaikan sengketa diskriminasi dengan cepat, jika sama sekali. Atau, Anda mungkin mengalami pembalasan dari bos Anda, kolega, dan organisasi secara keseluruhan jika Anda menaikkan keluhan. Jika ini terjadi, penting untuk mengetahui bagaimana mengatasi rasa sakit emosional, stres , dan kesulitan yang mungkin Anda alami.

Misalnya, diskriminasi kemungkinan akan menyebabkan Anda merasa marah. Sementara kemarahan Anda dapat dibenarkan, penting untuk tidak membiarkan hal itu mendapatkan yang terbaik dari Anda atau mempengaruhi orang lain yang bekerja dengan Anda. Gunakan strategi manajemen kemarahan untuk menyalurkan kemarahan Anda dan menggunakan energi yang produktif. Juga, belajar bagaimana mengelola emosi Anda secara efektif.

Studi menunjukkan bahwa dukungan sosial yang positif dapat mengurangi perasaan stres dan isolasi untuk korban diskriminasi. MenjangAnda teman dan anggota keluarga untuk berbicara tentang pengalaman Anda. Dukungan mereka dapat memberikan Anda kekuatan yang Anda butuhkan untuk berurusan dengan apa yang telah terjadi. Anda mungkin juga bisa mendapatkan dukungan emosional dari organisasi tidak-untuk-profit, tergantung pada apa yang tersedia secara online atau di wilayah Anda - menggunakan layanan ini jika Anda bisa.


Poin Penting :

Diskriminasi adalah longgar digambarkan sebagai pengobatan yang tidak menguntungkan seseorang berdasarkan karakteristik atau dirasakan perbedaan umum tertentu. Diskriminasi dapat berlangsung berdasarkan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, status perkawinan, etnis, agama, kesehatan atau cacat, suatu keyakinan atau kredo, atau kehamilan.

Jika Anda yakin bahwa Anda telah didiskriminasi, pertama pastikan bahwa itu adalah diskriminasi dengan memeriksa kebijakan organisasi atau lokal, negara bagian, atau undang-undang federal, dan dengan melihat situasi Anda dari perspektif yang berbeda. Kemudian mengumpulkan bukti yang cukup sebelum Anda mengajukan keluhan.

Ingatlah bahwa mungkin ada konsekuensi negatif jika Anda melaporkan diskriminasi. Pastikan bahwa Anda menyadari risiko ini sebelum Anda mengambil tindakan apapun, dan bahwa Anda tahu apa yang akan Anda lakukan jika risiko ini terwujud.
 
  

 

Video

Loading...