Laman

AddThis Smart Layers

7. Keterampilan Karir Umum


7.1. Mengelola Emosi di Tempat Kerja Anda
Mengendalikan Perasaan Anda ... Sebelum Mereka Kontrol Anda



Pilih cara Anda bereaksi terhadap frustrasi.

Semuanya dapat diambil dari seorang pria, tapi yang terakhir dari kebebasan manusia - kemampuan untuk memilih sikap seseorang dalam himpunan keadaan, untuk memilih cara seseorang.
- Viktor Frankl, 'Cari Man for Meaning'

Kita semua berada di salah satu dari 'mereka' situasi sebelumnya. Kau tahu ... ketika proyek favorit Anda dibatalkan setelah berminggu-minggu kerja keras, ketika seorang pelanggan bentak Anda tidak adil, ketika teman terbaik Anda (dan rekan kerja) adalah PHK tiba-tiba; atau atasan Anda memberikan Anda bekerja lebih jika Anda sudah kelebihan beban.

Dalam kehidupan pribadi Anda, reaksi Anda terhadap situasi stres seperti ini mungkin untuk mulai berteriak, atau pergi bersembunyi di sudut dan merasa kasihan untuk diri sendiri untuk sementara waktu. Tapi di tempat kerja, jenis perilaku serius dapat membahayakan reputasi profesional Anda, serta produktivitas Anda.

Situasi stres yang terlalu umum di tempat kerja yang menghadapi pemotongan anggaran, PHK staf, dan perubahan departemen. Mungkin menjadi semakin sulit untuk mengelola emosi Anda di bawah keadaan ini, tetapi bahkan lebih penting bagi Anda untuk melakukannya. Setelah semua, jika manajemen dipaksa membuat PHK lebih, mereka dapat memilih untuk menjaga mereka yang dapat menangani emosi mereka, dan bekerja dengan baik di bawah tekanan. Seperti kutipan di atas menunjukkan, tidak peduli apa situasinya, Anda selalu bebas untuk memilih bagaimana Anda bereaksi.

Jadi, bagaimana Anda bisa menjadi lebih baik dalam menangani emosi Anda, dan 'memilih' reaksi Anda terhadap situasi yang buruk? Pada artikel ini, kita melihat emosi negatif yang paling umum dialami di tempat kerja - dan bagaimana Anda dapat mengelola mereka produktif.

Mengapa kita hanya berfokus pada emosi negatif? Yah, kebanyakan orang tidak perlu strategi untuk mengelola emosi positif mereka. Setelah semua, perasaan sukacita, kegembiraan, kasih sayang, atau optimisme biasanya tidak mempengaruhi orang lain dalam cara yang negatif. Selama Anda berbagi emosi positif konstruktif dan profesional, mereka yang besar untuk memiliki di tempat kerja!

Emosi Negatif umum di Tempat Kerja

Pada tahun 1997, Bond University profesor manajemen Cynthia Fisher melakukan penelitian yang disebut ' Emosi di Tempat Kerja: Apa yang Orang Merasa, dan Bagaimana Kita Harus Mengukur Ini '
Menurut penelitian Fisher, emosi negatif yang paling umum dialami di tempat kerja adalah sebagai berikut:
  • Frustrasi / iritasi.
  • Khawatir / gugup.
  • Kemarahan / kejengkelan.
  • Dislike.
  • Kekecewaan / ketidakbahagiaan.
Berikut adalah strategi yang berbeda dapat Anda gunakan untuk membantu Anda berhubungan dengan masing-masing emosi negatif.

Frustrasi / Iritasi

Frustrasi biasanya terjadi ketika Anda merasa terjebak atau terperangkap, atau tidak mampu untuk bergerak maju dalam beberapa cara. Ini bisa disebabkan oleh rekan memblokir proyek favorit Anda, atasan yang terlalu tidak teratur untuk mendapatkan ke pertemuan tepat waktu, atau hanya yang ditahan pada telepon untuk waktu yang lama.

Apa pun alasannya, itu penting untuk berurusan dengan perasaan frustrasi dengan cepat, karena mereka dengan mudah dapat menyebabkan emosi yang lebih negatif, seperti marah.

Berikut adalah beberapa saran untuk berurusan dengan frustrasi: 

  • Berhenti dan mengevaluasi - Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mental menahan diri, dan melihat situasi. Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda merasa frustrasi. Tuliskanlah, dan spesifik. Kemudian pikirkan satu hal positif tentang situasi Anda saat ini. Misalnya, jika bos Anda adalah terlambat untuk pertemuan Anda, maka Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan. Atau, Anda bisa menggunakan waktu ini untuk bersantai sedikit.
  • Temukan sesuatu yang positif tentang situasi - Berpikir tentang aspek positif dari situasi Anda sering membuat Anda melihat hal-hal dalam cara yang berbeda. Perubahan kecil dalam pemikiran Anda dapat meningkatkan mood Anda. Ketika itu orang-orang yang menyebabkan rasa frustrasi Anda, mereka mungkin tidak melakukannya dengan sengaja untuk mengganggu Anda. Dan jika itu hal yang mengganggu Anda - baik, itu jelas tidak pribadi! Jangan marah, hanya melanjutkan.
  • Ingat terakhir kali Anda merasa frustrasi - Kali terakhir Anda merasa frustrasi tentang sesuatu, situasi mungkin bekerja baik-baik saja setelah beberapa saat, kan? Perasaan frustrasi atau iritasi mungkin tidak berbuat banyak untuk memecahkan masalah kemudian, yang berarti mereka tidak melakukan apa-apa untuk Anda sekarang.

Khawatir / Gugup

Dengan semua ketakutan dan kecemasan yang datang dengan meningkatnya jumlah PHK, maka tidak mengherankan bahwa banyak orang khawatir tentang pekerjaan mereka. Tapi khawatir ini dapat dengan mudah keluar dari kendali, jika Anda mengizinkan, dan ini dapat berdampak tidak hanya kesehatan mental Anda, tetapi juga produktivitas Anda, dan kesediaan Anda untuk mengambil risiko di tempat kerja.

Cobalah tips-tips untuk berurusan dengan mengkhawatirkan: 

  • Jangan mengelilingi diri Anda dengan khawatir dan cemas - Misalnya, jika rekan kerja berkumpul di ruang istirahat untuk bergosip dan berbicara tentang PHK, maka jangan pergi ke sana dan khawatir dengan orang lain. Khawatir cenderung menyebabkan lebih mengkhawatirkan, dan itu tidak baik bagi siapa pun.
  • Cobalah latihan pernafasan - ini membantu memperlambat pernapasan dan denyut jantung Anda. Tarik napas perlahan selama lima detik, kemudian bernapas perlahan-lahan selama lima detik. Fokus pada pernapasan Anda, dan tidak ada lagi. Lakukan ini setidaknya lima kali. Untuk lebih lanjut tentang ini, baca Teknik Relaksasi Fisik .
  • Fokus pada bagaimana meningkatkan situasi - Jika Anda takut PHK, dan Anda duduk di sana dan khawatir, yang mungkin tidak akan membantu Anda menjaga pekerjaan Anda. Sebaliknya, mengapa tidak melakukan brainstorming cara-cara untuk membawa bisnis yang lebih, dan menunjukkan betapa berharganya Anda untuk perusahaan?
  • Tuliskan kekhawatiran Anda dalam log khawatir - Jika Anda menemukan bahwa kekhawatiran yang bergolak di dalam pikiran Anda, menulis mereka di sebuah notebook atau 'khawatir log,' dan kemudian menjadwalkan waktu untuk berurusan dengan mereka. Sebelum waktu itu, Anda bisa melupakan kekhawatiran ini, mengetahui bahwa Anda akan berurusan dengan mereka. Ketika datang ke waktu Anda sudah menjadwalkan, melakukan yang tepat analisis risiko sekitar hal-hal ini, dan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk mengurangi risiko.
Ketika Anda khawatir dan gugup tentang sesuatu, dapat penyok rasa percaya diri Anda. Baca artikel kami tentang Membangun Percaya Diri untuk memastikan hal ini tidak terjadi. Juga, jangan biarkan kekhawatiran Anda mendapatkan di jalan yang tepat tegas .

Kemarahan / kejengkelan

Out-of-kontrol kemarahan adalah emosi yang paling mungkin merusak bahwa orang mengalami di tempat kerja. Ini juga emosi yang kebanyakan dari kita tidak menangani dengan baik. Jika Anda memiliki kesulitan mengelola emosi Anda di tempat kerja, kemudian belajar untuk mengendalikan itu adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menyimpan pekerjaan Anda.

Cobalah saran-saran untuk mengontrol kemarahan Anda: 

  • Perhatikan tanda-tanda awal kemarahan - Hanya Anda yang mengetahui tanda-tanda bahaya ketika amarah sedang membangun, jadi belajar untuk mengenali mereka ketika mereka mulai. Menghentikan kemarahan Anda dini adalah kunci. Ingat, Anda dapat memilih bagaimana Anda bereaksi dalam suatu situasi. Hanya karena insting pertama Anda adalah untuk menjadi marah tidak berarti itu respon yang benar.
  • Jika Anda mulai marah, menghentikan apa yang Anda lakukan - Tutup mata Anda, dan praktek latihan pernafasan kita jelaskan sebelumnya. Ini mengganggu pikiran marah Anda, dan membantu menempatkan Anda kembali pada jalur yang lebih positif.
  • Bayangkan diri Anda ketika Anda sedang marah - Jika Anda membayangkan bagaimana Anda melihat dan berperilaku saat Anda sedang marah, itu memberikan Anda beberapa perspektif tentang situasi. Misalnya, jika Anda hendak berteriak pada rekan kerja Anda, bayangkan bagaimana Anda akan terlihat. Apakah merah wajah Anda? Apakah Anda melambaikan tangan Anda di sekitar? Apakah Anda ingin bekerja dengan seseorang seperti itu? Mungkin tidak.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengelola kemarahan Anda di tempat kerja, ambil diri kita uji Seberapa Bagus Manajemen Kemarahan Apakah Anda? Juga, membaca Berurusan dengan Kritik yang tidak adil dan Manajemen Kemarahan

Benci

Kami mungkin semua harus bekerja dengan seseorang yang kita tidak suka. Tapi penting untuk menjadi profesional, tidak peduli apa.

Berikut adalah beberapa ide untuk bekerja dengan orang-orang yang tidak Anda sukai: 

  • Jadilah hormat - Jika Anda harus bekerja dengan seseorang yang Anda tidak cocok dengan, maka saatnya untuk mengesampingkan ego Anda dan kebanggaan. Perlakukan orang dengan sopan dan hormat, karena Anda akan memperlakukan orang lain. Hanya karena orang ini berperilaku dalam cara yang tidak profesional, itu tidak berarti Anda harus juga.
  • Bersikap tegas - Jika orang lain adalah kasar dan tidak profesional, maka dengan tegas menjelaskan bahwa Anda menolak untuk diperlakukan seperti itu, dan dengan tenang meninggalkan situasi. Ingat, memberi contoh.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang penanganan menyukai di tempat kerja, silakan lihat Berurusan dengan Orang Sulit dan Ego di Tempat Kerja .

Kekecewaan / ketidakbahagiaan

Berurusan dengan kekecewaan atau perasaan tidak bahagia di tempat kerja bisa sulit. Dari semua emosi Anda mungkin merasa di tempat kerja, ini adalah yang paling mungkin untuk dampak produktivitas Anda. Jika Anda baru saja mengalami kekecewaan besar, energi Anda mungkin akan rendah, Anda mungkin takut untuk mengambil risiko yang lain, dan semua itu dapat memegang Anda kembali dari mencapai.

Berikut adalah beberapa langkah-langkah proaktif yang dapat Anda ambil untuk mengatasi kekecewaan dan ketidakbahagiaan: 

  • Lihatlah pola pikir Anda - Ambil waktu sejenak untuk menyadari bahwa hal-hal yang tidak akan selalu pergi ke arah Anda. Jika mereka melakukannya, kehidupan akan menjadi jalan lurus, bukan satu dengan bukit-bukit dan lembah pasang dan surut, kan? Dan bukit-bukit dan lembah yang sering membuat hidup begitu menarik.
  • Sesuaikan tujuan Anda - Jika Anda kecewa karena Anda tidak mencapai tujuan, itu tidak berarti tujuan tidak lagi terjangkau. Jauhkan tujuan, tetapi membuat perubahan kecil - misalnya, menunda tenggang waktu.
  • Artikel Kembali Pada Jalur memberikan langkah-langkah praktis untuk pulih dari kemunduran karir utama.
  • Rekam pengalaman anda - Menulis dengan tepat apa yang membuat Anda bahagia. Apakah rekan kerja? Apakah pekerjaan Anda? Apakah Anda memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan? Setelah Anda mengidentifikasi masalah, mulai cara brainstorming untuk menyelesaikannya atau bekerja di sekitar itu. Ingat, Anda selalu memiliki kekuatan untuk mengubah situasi Anda.
  • Tersenyumlah - Aneh kedengarannya, memaksa senyum -! Atau bahkan meringis - ke wajah Anda sering dapat membuat Anda merasa senang (ini adalah salah satu cara yang aneh di mana kita manusia adalah 'kabel.') Cobalah - Anda mungkin terkejut!


Poin Penting :

Kita semua harus berurusan dengan emosi negatif di tempat kerja kadang-kadang, dan belajar bagaimana untuk mengatasi perasaan-perasaan sekarang lebih penting daripada sebelumnya. Setelah semua, emosi negatif dapat menyebar, dan tidak ada yang ingin berada di sekitar orang yang menambahkan negatif ke grup.

Tahu apa yang menyebabkan emosi negatif Anda, dan yang jenis perasaan Anda hadapi paling sering. Ketika emosi mulai muncul, segera mulai strategi Anda untuk mengganggu siklus. Semakin lama Anda menunggu, semakin sulit akan menarik diri dari berpikir negatif. 




 

Video

Loading...