Laman

AddThis Smart Layers

9.12. Teori Perubahan Disengaja

Mencapai dikelola, Bermakna Perubahan

Teori Perubahan Disengaja memberi Anda alat yang Anda butuhkan untuk mengubah diri Anda.
"Tanpa pertumbuhan terus-menerus dan kemajuan, kata-kata seperti perbaikan, prestasi, dan kesuksesan tidak memiliki arti." - Benjamin Franklin.


Berapa kali Anda mencoba untuk mengubah sesuatu tentang diri Anda, hanya untuk menemukan diri Anda tergelincir kembali ke kebiasaan lama?

Perubahan tidak pernah mudah, apakah Anda sedang mencoba untuk mengubah perilaku, sikap, atau keadaan Anda saat ini. Proses ini cenderung lebih "berhenti, start, stop, mulai" daripada kelancaran transisi Anda ingin hal itu terjadi, seperti bendera dan kemauan sebagai prioritas lainnya bersaing untuk perhatian Anda.



Perubahan ini terutama sulit jika Anda belum sepenuhnya membeli ke dalamnya - misalnya, jika Anda mencoba untuk membuat perubahan itu, jauh di lubuk hati, Anda tidak ingin membuat, atau jika Anda membuat perubahan yang dirancang untuk orang lain dan yang tidak sepenuhnya selaras dengan aspirasi Anda.



Inilah sebabnya mengapa sangat membantu untuk membuat rencana perubahan pribadi. Pada artikel ini, kita akan melihat Disengaja Perubahan Teori, kerangka yang dapat Anda gunakan untuk membuat rencana perubahan yang disesuaikan dengan Anda - dengan kekuatan Anda sendiri yang unik, kelemahan, gaya belajar, mimpi, dan jaringan dukungan.




Catatan:
Artikel ini berfokus pada perubahan yang berhubungan dengan karier. Namun, Anda dapat menerapkan Disengaja Perubahan Teori ke tujuan pribadi, juga: misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk rencana diet atau fitness, untuk kepentingan rumah atau belajar, atau untuk mengubah kebiasaan atau keyakinan yang menghambat Anda. 



Tentang Perangkat


Richard Boyatzis, seorang profesor di Case Western Reserve University, mengembangkan Disengaja Perubahan Teori (TIK) sebagai bagian dari karyanya pada perubahan individu dan organisasi. Ia diterbitkan pada tahun 2006 dalam Journalof Pengembangan Manajemen .



Teori ini menguraikan lima langkah yang masuk akal bahwa Anda harus mengikuti jika Anda ingin membuat perubahan yang langgeng dalam diri Anda. Kelima langkah tersebut adalah:
  1. Temukan diri ideal.
  2. Temukan diri Anda yang sesungguhnya.
  3. Buat agenda belajar Anda.
  4. Percobaan dengan dan mempraktekkan kebiasaan baru.
  5. Dapatkan dukungan.
Langkah-langkah ini memandu Anda melalui proses memetakan rencana Anda, menempatkan mereka dalam praktek, dan membuat mereka bagian dari kehidupan Anda.


Menerapkan Disengaja Perubahan Teori


Mari kita lihat setiap langkah secara rinci, dan mengeksplorasi bagaimana mengikuti masing-masing melalui.



1. Temukan Diri Ideal Anda


Sering ada kesenjangan antara siapa kita dan yang akhirnya kita inginkan. Jadi, langkah pertama dalam membuat perubahan tak disengaja adalah untuk mendefinisikan diri ideal.

Mulailah dengan membentuk rasa yang jelas tentang apa yang Anda ingin capai. Pikirkan tentang harapan dan aspirasi, dan menjelaskan tujuan mereka ke jangka pendek dan jangka panjang.


Perhatikan apa yang menggairahkan Anda selama proses ini. Buang tujuan yang Anda tidak merasa antusias, dan terus menjelajahi sampai Anda menemukan orang yang Anda benar-benar ingin untuk mencapai. Ingat bahwa mereka mungkin sangat berbeda dari apa yang Anda lakukan sekarang.

Tuliskan semua impian Anda, namun terlalu mengada-ada mereka tampaknya. Pada tahap ini proses, itu membantu untuk melihat semua harapan dan aspirasi, bahkan jika Anda kemudian memutuskan bahwa beberapa dari mereka yang tidak segera dicapai.

Selanjutnya, pikirkan tentang apa jenis orang yang Anda ingin menjadi. Jadilah spesifik: Anda ingin memiliki lebih banyak empati? Tiba di tempat kerja dengan lebih banyak energi? Lebih sabar? Visualisasikan orang yang Anda ingin menjadi dalam detail, dan tuliskan ini.

Tips :
Salah satu cara untuk memotivasi diri sendiri selama periode anda perubahan adalah menciptakan
Peta Harta tujuan Anda. Atau, Anda mungkin menemukan bahwa misi pribadi dan pernyataan visi menginspirasi Anda.



2. Temukan Diri Sejati Anda


Langkah Anda selanjutnya adalah untuk mendefinisikan diri Anda yang sesungguhnya - orang yang Anda sekarang. Ini bisa menjadi langkah menantang, karena banyak dari kita memiliki kesulitan untuk melihat kekuatan dan kelemahan kita jelas. Namun, sangat penting untuk mengungkap baik baik dan yang buruk: Anda akan berjuang untuk mencapai tujuan Anda jika Anda tidak jelas tentang titik awal Anda.



Mulailah dengan mendefinisikan kekuatan dan kelemahan Anda sendiri. Gunakan alat seperti StrengthsFinder , Analisis SWOT pribadi , dan Myers-Briggs untuk mengungkap lebih lanjut tentang diri Anda yang sesungguhnya.

Atau, mulai dengan daftar sederhana. Apa yang paling Anda sukai tentang diri Anda? Apa yang perlu berubah? Jelajahi sikap Anda saat ini, asumsi, perilaku, dan kebiasaan.

Juga,
meminta umpan balik dari keluarga, teman, rekan kerja, dan atasan Anda, menjelaskan bahwa Anda ingin pendapat mereka tentang kekuatan dan kelemahan Anda, sehingga Anda dapat bekerja pada ini. Kemudian gunakan Tanggapan Matrix untuk mengeksplorasi umpan balik ini secara lebih rinci.


3. Buat Agenda Belajar Anda


Sekarang Anda telah didefinisikan siapa Anda dan siapa Anda ingin menjadi, Anda dapat membuat "agenda pembelajaran" untuk menyelaraskan realitas dengan visi. Agenda pembelajaran Anda (juga dikenal sebagai rencana pengembangan pribadi ) juga akan membantu Anda tetap di jalur.



Pertama, menentukan apa yang perlu Anda lakukan untuk bergerak dari diri Anda saat ini untuk diri ideal Anda. Siapa yang dapat membantu Anda di sepanjang jalan ini? Sumber daya apa yang Anda butuhkan? Brainstorm cara-cara yang Anda dapat mengakses informasi atau pelatihan yang Anda butuhkan.

Kemudian, mengidentifikasi Anda gaya belajar . Ketika Anda mengetahui hal ini, Anda dapat mempelajari lebih efektif - baik Anda sendiri dan dalam kelompok. Misalnya, jika Anda tahu bahwa Anda lebih suka belajar dengan merenungkan informasi, jadwal waktu untuk melakukan ini setelah kelas atau pada akhir sesi belajar.

Cari mentor atau pelatih yang dapat membantu Anda menjadi diri ideal Anda. Orang ini mungkin rekan kerja, teman, rekan bisnis, atau pelatih profesional.

Tips 1:
Ini penting untuk melakukan cek realitas pada tahap ini. Mungkin ada beberapa perubahan yang memang tidak mungkin sekarang. Catat ini pada "gambaran besar" daftar rencana. Anda dapat bekerja pada ini ketika keadaan Anda atau sumber daya berubah.

Tip 2:

Anda dapat diadakan kembali oleh kurangnya waktu, atau tuntutan yang bertentangan. Anda dapat menangani hal ini dengan berfokus pada beberapa perubahan pada suatu waktu. Juga, dan jika perlu, menanamkan belajar Anda dalam kehidupan kerja Anda untuk membantu menghindari frustrasi: artikel kami pada
mencari waktu untuk pengembangan profesional menguraikan cara-cara yang Anda dapat masuk ke dalam jadwal belajar Anda. 

4. Percobaan dan Praktek Kebiasaan Baru


Setelah Anda sedang menuju ke arah yang benar, saatnya untuk berlatih. Ini akan membantu Anda mengubah perubahan yang telah dibuat menjadi kebiasaan baru. Apakah Anda mengadopsi keterampilan baru, memulai usaha mikro, atau mengubah sikap atau keyakinan, melakukan sesuatu - betapapun kecilnya - setiap hari yang memperkuat perubahan yang telah dilakukan.



Langkah ini juga tentang bereksperimen - yaitu, menemukan cara untuk merangsang belajar - dan kemudian menguji pengetahuan Anda yang baru, keterampilan, atau sikap.

Tip:
Quick wins merupakan sumber penting dari motivasi dan kepercayaan diri. Sebagai contoh, bayangkan bahwa Anda sedang berusaha untuk menjadi lebih sabar dengan orang lain. Temukan cara kecil untuk membangun kesabaran Anda dengan tim Anda setiap hari.


5. Dapatkan Dukungan


Tak satu pun dari kita akan jauh sendirian. Teman, keluarga, kolega, dan masyarakat kita bisa mendorong kita dan memberikan dukungan yang mendorong kita melalui masa-masa yang penuh tantangan.



Saat Anda akan melalui proses perubahan yang disengaja, menarik dukungan dari orang di sekitar Anda. Beritahu orang yang Anda percaya tentang apa yang ingin Anda lakukan, dan mengapa Anda ingin melakukannya. Bagi agenda belajar Anda, dan meminta dukungan mereka saat Anda bergerak maju.

Tip:
Ingat, Anda bukan satu-satunya orang yang mencoba untuk mengubah dirinya-sendiri secara positif.
Membangun hubungan kerja yang baik dengan membantu rekan-rekan Anda dengan pembangunan mereka sendiri: cara ini, Anda dapat memberikan dukungan satu-sama lain.



Poin Penting :


Richard Boyatzis, seorang profesor di Case Western Reserve University, menciptakan Disengaja Perubahan Teori (ICT) dan diterbitkan dalam Journal of Pengembangan Manajemen pada tahun 2006.



Model ini menyarankan agar Anda menggunakan lima langkah berikut untuk membuat perubahan yang langgeng:
  1. Temukan diri ideal.
  2. Temukan diri Anda yang sesungguhnya.
  3. Buat agenda belajar Anda.
  4. Percobaan dengan dan mempraktekkan kebiasaan baru.
  5. Dapatkan dukungan.
Anda dapat menggunakan kerangka kerja untuk menyesuaikan proses perubahan Anda sesuai hidup Anda sendiri, gaya belajar, dan lingkungan. Namun, perubahan hanya akan terjadi jika Anda membangun perubahan kecil dalam hidup Anda, berlatih mereka untuk membangun kebiasaan baru, dan meminta dukungan ketika Anda membutuhkannya.
 
  

 

Video

Loading...