Laman

AddThis Smart Layers

16.5. Berhasil dalam Tes dan Pusat Penilaian

Menyoroti Pengetahuan Anda dan Keterampilan


Berhasil dan mencapai dalam pengujian dan pusat penilaian.

Bayangkan bahwa Anda baru saja berhasil dalam wawancara putaran pertama Anda dengan organisasi industri terkemuka.

Sekarang Anda telah diminta untuk menghadiri pusat penilaian, di mana Anda akan diuji pada komunikasi, pemecahan masalah dan keterampilan kerja tim.


Anda belum pernah menghadiri pusat penilaian sebelumnya, dan kedengarannya cukup menakutkan. Jadi, bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk tes ini dan skenario untuk memastikan bahwa Anda menempatkan pengetahuan Anda, pengalaman Anda, dan keterampilan Anda dalam cahaya terbaik?


Pada artikel ini, kita akan melihat pusat penilaian: apa yang mereka, bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana Anda dapat mempersiapkan mereka secara menyeluruh.


Tujuan Pusat Pengkajian


Pusat penilaian yang dikembangkan selama Perang Dunia II, ketika ada kebutuhan putus asa untuk menemukan orang-orang yang mampu jenis tertentu kepemimpinan. Perusahaan kemudian mulai mengadopsi proses ini untuk perekrutan. Popularitas mereka meningkat, dan sekarang ada bunga global dalam penggunaannya.


Istilah "assessment center" dapat menyesatkan, sering, mereka tidak sebenarnya "pusat." Sebaliknya, mereka serangkaian tes, kegiatan, dan latihan simulasi bahwa organisasi gunakan untuk memilih orang yang tepat untuk peran yang tepat. Biasanya, beberapa penilai memantau kinerja Anda sepanjang perjalanan dari penilaian, yang dapat berlangsung apa pun dari beberapa jam sampai beberapa hari.

Beberapa organisasi menggunakan pusat penilaian setelah wawancara awal, untuk melihat bagaimana calon akan bereaksi dalam situasi yang mungkin terjadi dalam peran bahwa mereka telah diterapkan untuk.

Misalnya, jika Anda melamar untuk peran manajemen di sebuah pusat panggilan pelanggan, Anda mungkin akan pergi melalui skenario role-playing di mana Anda harus mengelola pelanggan yang tidak puas melalui telepon. Anda mungkin diuji pada kemampuan Anda untuk multitask, atau pada kemampuan Anda untuk memimpin sebuah tim virtual . Dan Anda mungkin akan diminta untuk datang dengan sebuah rencana merinci bagaimana Anda akan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan setiap panggilan.



Atau, jika Anda melamar untuk posisi IT, Anda mungkin pergi melalui beberapa skenario pemecahan masalah. Organisasi mungkin juga menguji kemampuan Anda untuk melatih para profesional non-TI, dan menilai kemampuan Anda untuk memecahkan masalah secara efektif.

Mengapa Organisasi Gunakan Pusat Penilaian


Pusat Pengkajian berguna, bagi Anda serta bagi organisasi.

Pertama, proses pengujian memungkinkan organisasi untuk melihat bagaimana Anda akan bereaksi pada lingkungan yang mirip dengan salah satu yang Anda akan bekerja masuk tugas, kegiatan, dan skenario masalah yang akan Anda hadapi semua harus meniru situasi nyata, dan kemampuan Anda untuk bekerja melalui ini memberikan pewawancara melihat secara mendalam pada apakah Anda tepat untuk peran ini.


Pusat penilaian juga berguna untuk menyaring kelompok calon potensial, semua pada satu waktu.


Proses ini juga menguntungkan Anda - akan melalui semacam ini penilaian membantu Anda mendapatkan perasaan yang baik dari pengetahuan dan keterampilan yang Anda butuhkan dalam peran ini. Hal ini juga berfungsi sebagai realistis "pratinjau pekerjaan," yang memungkinkan Anda untuk melihat apakah Anda cenderung untuk menikmati pekerjaan dan budaya organisasi. Anda kemudian dapat memutuskan apakah Anda dan organisasi akan menjadi cocok.


Persiapan


Kabar baiknya adalah bahwa banyak waktu, perekrut akan memberitahu Anda terlebih dahulu tentang kompetensi dan keterampilan bahwa organisasi sedang mencari. Ini berarti bahwa Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mempersiapkan.


1. Menganalisis Kekuatan dan Kelemahan Anda


Pikirkan baik-baik tentang apa organisasi mencari, serta bagaimana Anda dapat menunjukkan kualitas yang paling dibutuhkan. Melakukan Analisis SWOT pribadi , atau bekerja melalui Anda Tercermin diri Terbaik atau Strengths Finder latihan, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Jika Anda lemah dalam suatu bidang yang penting, mengambil langkah-langkah untuk memperkuat keterampilan ini sebelum penilaian Anda.


2. Jadilah Team Player


Latihan kelompok yang umum di pusat-pusat penilaian, namun, dalam banyak kasus, Anda tidak akan bersaing dengan kandidat lainnya untuk peran. Mereka menilai kinerja Anda mengukur Anda terhadap standar yang telah ditentukan, sehingga menjadi terlalu kompetitif seringkali bukanlah strategi terbaik.


Cobalah untuk melakukan yang terbaik pribadi Anda di setiap pengujian atau kegiatan, dan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang besar pemain tim . Jadilah tegas , kolaboratif, dan membantu.


3. Memperkuat Keterampilan Wawancara Anda


Kebanyakan pusat penilaian akan melibatkan wawancara lain, jadi penting untuk memoles keterampilan wawancara Anda. Penelitian organisasi, dan datang siap dengan beberapa pertanyaan yang baik untuk meminta pewawancara Anda tentang perusahaan dan peran.


Terakhir, penting untuk memperhatikan gambar Anda. Tiba berpakaian rapi dan tampak rapi, dan telah siap semua materi yang mungkin Anda butuhkan.


4. Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Anda


Selama penilaian Anda, Anda akan mengeluarkan sejumlah instruksi dalam berbagai format. Ini sangat penting bahwa Anda mendengarkan, bahwa Anda memahami ini, dan bahwa Anda mengikuti petunjuk ini dengan cermat.


Sebagai bagian dari ini, bekerja pada Anda keterampilan mendengarkan secara aktif , sehingga baik Anda memahami instruksi lisan, dan tidak berisiko kehilangan informasi penting.


Berhasil dengan Kegiatan Assessment


Kegiatan penilaian yang Anda temui akan bervariasi, tergantung pada organisasi atau peran yang Anda melamar. Namun, ada beberapa kegiatan yang umum digunakan yang Anda dapat mempersiapkan diri di muka.

1. Inbox / Assessment Di-Tray


Dengan penilaian inbox / di-tray , Anda akan mengambil bagian dalam "kehidupan nyata" skenario. Anda akan disajikan dengan materi, atau tugas-tugas, yang biasanya Anda akan melihat dalam peran yang telah Anda diterapkan untuk. Anda diberi waktu untuk mempelajari materi, dan kemudian Anda diminta untuk menjelaskan, atau menunjukkan, bagaimana Anda akan berurusan dengan setiap item.


Inbox / penilaian di-nampan yang berguna, tetapi mereka dapat mengintimidasi karyawan, terutama karena Anda diberi kerangka waktu yang ketat untuk menyelesaikan mereka.

Menangani tugas-tugas ini akan membutuhkan keputusan yang baik pada bagian Anda, sehingga Anda bekerja pada keterampilan pengambilan keputusan . Dan, dalam rangka untuk membuat keputusan yang baik di bawah tekanan, mengembangkan Anda pengambilan keputusan reaktif .

Untuk memperkuat keterampilan pemecahan masalah, belajar tentang alat-alat seperti Five Whys, dan teknik pemecahan masalah yang kreatif , sehingga Anda memiliki beberapa sumber daya yang tersedia untuk digunakan selama latihan ini.


2. Peran Bermain


Latihan role-playing yang umum di pusat-pusat penilaian. Ini bisa menjadi salah satu-satu sesi dengan penilai, manajer, atau bahkan aktor, atau mungkin ada kegiatan bermain peran kelompok.


Latihan role-playing sering dirancang untuk menempatkan kandidat dalam situasi stres, di mana itu penting untuk berpikir pada kaki Anda . Ini berarti tinggal santai dan percaya diri di bawah tekanan, mendengarkan secara aktif, dan berlatih lambat, pengiriman jelas.


Ketika bermain peran, penting untuk melibatkan diri dalam peran yang telah ditugaskan. Anda akan sering mendapatkan beberapa waktu untuk mempersiapkan, jadi gunakan waktu ini untuk merencanakan bagaimana Anda akan bekerja melalui skenario.


Sebelum penilaian Anda, mungkin membantu untuk berlatih dengan teman atau kolega. Cobalah untuk mengantisipasi jenis skenario bahwa Anda mungkin akan diminta untuk berpartisipasi dalam, skenario ini harus spesifik untuk organisasi atau peran yang Anda melamar. Semakin banyak yang Anda mempersiapkan, semakin nyaman Anda akan merasa.


3. Pengujian psikometri


Ada kemungkinan bahwa Anda akan harus mengambil satu atau lebih tes psikometri selama penilaian Anda. Tes ini dirancang untuk mengevaluasi kemampuan obyektif spesifik set pengetahuan atau teknis, kepribadian, kemampuan penalaran logis atau verbal, pemecahan masalah, atau penghakiman.


Untuk mendapatkan latihan dengan ini, Anda dapat pergi online dan mengambil beberapa sampel tes psikometri, tes ini akan memberi Anda merasa baik untuk jenis tes Anda mungkin disajikan dengan selama penilaian Anda. (Anda dapat menemukan praktek tes psikometri disini .)


4. Presentasi


Banyak, jika tidak sebagian besar, pusat penilaian akan meminta Anda untuk membuat seorang individu atau kelompok presentasi. Jadi, pastikan bahwa Anda bekerja pada keterampilan berbicara di depan umum Anda di muka, untuk memastikan bahwa Anda memberikan presentasi besar .


Mulailah dengan mengambil tes untuk mengetahui seberapa baik Anda keterampilan presentasi adalah, sehingga Anda dapat menilai kekuatan dan kelemahan Anda saat ini. Selanjutnya, belajar keterampilan presentasi yang baik, dengan artikel kami tentang berbicara kepada penonton .


Terakhir, bahkan presenter paling siap merasa gugup sebelum mereka berbicara kepada kelompok. Mengelola saraf presentasi dengan memastikan bahwa Anda tetap terhidrasi sebelum Anda berbicara, berlatih pernapasan dalam, melakukan kontak mata dengan pengambil keputusan utama, dan memvisualisasikan keberhasilan Anda.



Poin Penting :


Assessment center tidak selalu merupakan tempat yang sebenarnya, seperti namanya. Ini serangkaian tes, skenario pura-pura, dan latihan, yang perekrut digunakan bersama wawancara. Tes ini menentukan kandidat terbaik akan cocok dengan peran yang mereka telah mengajukan permohonan, dan akan paling sesuai dengan organisasi.


Anda dapat mempersiapkan diri untuk pusat penilaian dengan menyikat di wawancara dan keterampilan pemahaman. Anda juga bisa berlatih untuk skenario role-playing dan presentasi sebelumnya.

Perlu diingat bahwa Anda tidak dapat bersaing dengan orang lain dalam penilaian Anda, dalam hal ini Anda sedang diukur terhadap standar yang telah ditentukan. Lakukan yang terbaik pribadi Anda, menjadi pemain tim yang baik, dan pastikan bahwa Anda menunjukkan seberapa baik Anda bekerja dengan orang lain. 



 

Video

Loading...