Laman

AddThis Smart Layers

7.11. Menjadi Efektif di Tempat Kerja

Sifat penting dan Keterampilan


Meningkatkan efektivitas Anda.


Apakah Anda menganggap diri Anda untuk menjadi efektif di tempat kerja?


Meskipun banyak dari kita suka berpikir bahwa kita 100 persen efektif, kebenaran adalah bahwa sebagian besar dari kita memiliki kekuatan dan kelemahan yang berdampak efektivitas kita.

Di sinilah kita bisa mendapatkan keuntungan dari tweaker setidaknya beberapa keterampilan kita, sehingga kita dapat menjadi lebih efektif.
 

Misalnya, mungkin Anda selalu unggul di manajemen waktu. Tapi berapa banyak waktu Anda dimasukkan ke dalam belajar keterampilan baru, atau tetap di atas tren industri?


Atau, mungkin Anda mahir dalam mengelola banyak tuntutan yang Anda hadapi sehari-hari. 

Tapi, ketika hal-hal yang benar-benar sibuk, keterampilan komunikasi Anda mulai menderita sebagai tingkat stres mulai naik.


Menjadi benar-benar efektif di tempat kerja bisa melunasi sekarang dan sepanjang karier kita. Pekerja efektif memperoleh proyek-proyek menarik, menang klien penting, dan dihormati oleh rekan-rekan mereka dan bos. Tapi bagaimana Anda bisa menjadi lebih efektif, dan pastikan bahwa Anda tidak kehilangan peluang besar ini? Dan apa yang harus Anda fokuskan?

Ini adalah apa yang kita akan mengeksplorasi dalam artikel ini. Kita akan melihat keterampilan Anda dapat mengembangkan untuk menjadi lebih efektif di tempat kerja, dan kami akan meninjau strategi dan sumber daya yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efektivitas Anda.


Langkah 1: Mengidentifikasi Prioritas


Jika seseorang bertanya apa pekerjaan Anda benar-benar tentang, akan Anda memiliki jawaban yang bagus?

Salah satu langkah yang paling penting dalam menjadi sepenuhnya efektif adalah untuk mengetahui tujuan Anda di tempat kerja. Setelah semua, jika Anda tidak tahu apa pekerjaan Anda yang ada untuk mencapai, bagaimana Anda menetapkan prioritas yang tepat? (Jika Anda tidak menetapkan prioritas, Anda akan selamanya terkubur di bawah sebuah gunung pekerjaan, tidak mampu membedakan antara apa yang penting, dan apa yang tidak.)

Untuk mengidentifikasi tujuan yang sebenarnya pekerjaan Anda, melakukan analisis pekerjaan . Ini akan membantu Anda menemukan tujuan Anda yang paling penting, sehingga Anda dapat mulai memprioritaskan tugas-tugas secara efektif.


Langkah 2: Mengadopsi Sikap yang Baik


Pekerja efektif memiliki "sikap yang baik." Tapi apa ini benar-benar berarti?


Orang dengan sikap yang baik mengambil inisiatif kapan saja mereka bisa. Mereka bersedia membantu rekan yang membutuhkan, mereka mengisi kekosongan ketika seseorang cuti sakit, dan mereka memastikan bahwa pekerjaan mereka dilakukan dengan standar tertinggi. "Cukup baik" tidak pernah cukup baik untuk mereka!

Sebuah sikap yang baik di tempat kerja akan melakukan lebih dari sekedar mendapatkan Anda menghormati: menetapkan standar untuk pekerjaan Anda dan perilaku Anda berarti bahwa Anda mengambil tanggung jawab untuk diri sendiri. Sifat mengagumkan ini sulit ditemukan di banyak organisasi. Tapi menunjukkan pengambilan keputusan etis dan integritas bisa membuka banyak pintu bagi Anda di masa depan.



Jadi, fokus pada mengadopsi sikap yang baik di tempat kerja , dan membuat keputusan yang intuitif "cincin benar." Paling tidak, Anda akan tidur lebih mudah di malam hari!


Langkah 3: Membangun Keterampilan Esensial


Kemungkinannya adalah bahwa Anda memiliki banyak tuntutan pada waktu Anda. Salah satu cara terbaik untuk menjadi lebih efektif di tempat kerja adalah untuk belajar bagaimana mengelola waktu Anda lebih efisien. Bidang utama lainnya termasuk belajar bagaimana mengelola stres, meningkatkan keterampilan komunikasi Anda, dan mengambil tindakan pada pengembangan karir. Semua ini dapat memiliki dampak yang besar.


Mari kita lihat setiap keterampilan secara lebih rinci.


Manajemen Waktu / Produktivitas


Mungkin hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih efektif di tempat kerja adalah untuk belajar bagaimana mengelola waktu Anda. Tanpa keterampilan ini, hari-hari Anda akan merasa seperti perlombaan panik, dengan setiap proyek, email, dan telepon bersaing untuk perhatian Anda.


Mulai dengan melihat jadwal harian Anda. Apakah Anda tahu bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda setiap hari? Jika tidak, jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda! Gunakan Log Kegiatan untuk menganalisis berapa banyak waktu Anda mengabdikan untuk berbagai tugas Anda, seperti menghadiri rapat, mengecek email dan membuat panggilan telepon. Hal ini dapat menjadi pengalaman yang membuka mata untuk melihat ini secara obyektif, terutama jika Anda menemukan bahwa Anda menghabiskan banyak waktu pada tugas-tugas yang tidak membantu Anda memenuhi tujuan Anda.

Setelah Anda tahu bagaimana Anda menggunakan waktu Anda, Anda perlu belajar bagaimana untuk memprioritaskan kegiatan. Jika Anda tahu mana pekerjaan yang penting, dan yang dapat dijadwal ulang atau didelegasikan, Anda akan dapat fokus pada pekerjaan yang membawa nilai yang paling. Untuk melacak segalanya, menggunakan alat pengorganisasian seperti To-Do List atau, lebih baik lagi, sebuah Program Kegiatan , untuk memastikan Anda tidak lupa tugas-tugas penting dan komitmen.


Menjadi efektif di tempat kerja berarti Anda menggunakan waktu untuk keuntungan Anda. 

Jadwal kerja nilai tertinggi Anda untuk waktu hari ketika Anda merasa paling energik. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan menolak gangguan dan memasuki keadaan aliran ketika bekerja. Artikel kami, Apakah ini Tugas Pagi ? , membantu Anda mengidentifikasi waktu energi puncak Anda, sehingga Anda dapat jadwal kerja sesuai, dan kami Apakah Anda seorang Penunda? self-test akan membantu Anda berurusan dengan kebiasaan, serius efektivitas membunuh.

Penetapan tujuan merupakan unsur penting dalam bekerja secara produktif. Setelah Anda telah melakukan Job Analysis (lihat langkah 1), Anda harus memiliki rasa yang jelas tentang apa peran Anda adalah semua tentang. Gunakan informasi ini untuk mengatur tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Keuntungan dari hal ini adalah bahwa tujuan Anda bertindak sebagai peta jalan - setelah semua, Anda tidak akan pernah mendapatkan tempat jika Anda tidak tahu di mana Anda akan pergi!

Organisasi yang baik juga penting untuk bekerja secara efektif dan produktif. Jika Anda tidak teratur, Anda dapat menghabiskan sejumlah besar waktu hanya mencari barang yang hilang. Jadi belajar bagaimana mengajukan benar, dan mencari tahu bagaimana membuat jadwal yang efektif .


Keterampilan Komunikasi


Pikirkan tentang betapa sering kita berkomunikasi setiap hari. Kami membuat panggilan telepon, menghadiri rapat, menulis email, memberikan presentasi, berbicara dengan pelanggan, dan seterusnya: itu bisa tampak bahwa kita menghabiskan sepanjang hari berkomunikasi! Inilah sebabnya mengapa baik kemampuan komunikasi sangat penting, terutama ketika tujuan Anda adalah untuk bekerja lebih efektif.


Mulailah dengan mengembangkan keterampilan aktif mendengarkan. Ini berarti bahwa Anda membuat upaya bersama untuk benar-benar mendengar dan memahami apa yang orang lain katakan kepada Anda.

Jangan merencanakan apa yang akan Anda katakan berikutnya sementara orang lain sedang berbicara. Sebaliknya, hanya mendengarkan apa yang mereka katakan. Anda mungkin akan terkejut melihat betapa banyak miskomunikasi dapat dihindari hanya dengan mendengarkan secara aktif.

Berikutnya, melihat Anda keterampilan menulis . Seberapa baik Anda berkomunikasi secara tertulis? Mulailah dengan email Anda. Sebagian besar dari kita menulis puluhan email setiap hari. Tapi ada banyak teknik yang bisa kita gunakan untuk menulis email yang efektif - orang yang benar-benar mendapatkan membaca!


Misalnya, selalu menjaga satu topik utama saat menulis email. Menempatkan beberapa topik penting dalam satu pesan akan membuat sulit bagi kolega Anda untuk memprioritaskan dan memilah informasi. Jika Anda perlu membawa beberapa poin yang berbeda, kemudian nomor berurutan, atau membagi mereka ke dalam pesan terpisah dengan judul subjek yang relevan.


Tentu saja, kami menulis lebih banyak dari sekedar email. Kami menggunakan Instant Messaging , kami menulis laporan , dan kita membuat presentasi . Anda akan lebih efektif dalam peran Anda jika Anda belajar bagaimana untuk berkomunikasi lebih baik di semua media ini, dan atasan Anda dan rekan terikat untuk menghargai keahlian Anda, karena mereka akan menjadi penerima manfaat utama!

Stres

Sedikit tekanan bisa menjadi hal yang baik. Tapi ketika tekanan melebihi kemampuan Anda untuk mengatasi, produktivitas Anda turun, dan suasana hati Anda menderita. Anda juga dapat kehilangan kemampuan Anda untuk membuat padat, keputusan rasional, dan stres yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek dan panjang.


Tidak peduli apa yang Anda lakukan, Anda mungkin mengalami stres banyak kali sepanjang karir Anda, bahkan mungkin secara teratur. Inilah sebabnya mengapa belajar bagaimana mengelola stres merupakan faktor kunci dalam menjadi lebih efektif di tempat kerja.


Cobalah untuk mendapatkan tidur malam yang baik setiap malam, dan melakukan yang terbaik untuk menghindari membawa pulang bekerja dengan Anda. Ini juga penting untuk bersantai saat Anda tiba di rumah di malam hari.


Jika Anda tidak yakin apa yang memicu stres Anda, menyimpan buku harian stres selama seminggu atau dua. Hal ini membantu Anda untuk mengidentifikasi peristiwa yang menyebabkan Anda stres, dan memahami sejauh mana Anda mengalaminya. Ketika Anda merasa tenang, Anda kemudian dapat menganalisis pemicu ini dan datang dengan strategi yang efektif untuk mengelola mereka.


Pengembangan Karir / Pembelajaran


Tidak peduli apa bidang Anda, itu penting bahwa Anda terus belajar dan mengembangkan keterampilan Anda. Untuk mulai dengan, melaksanakan Analisis SWOT Pribadi untuk mengidentifikasi area yang Anda butuhkan untuk bekerja pada.


Selain keterampilan teknis yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda, Anda juga perlu fokus pada soft skill . Ini termasuk keterampilan kepemimpinan , teknik pemecahan masalah , keterampilan kecerdasan emosi , dan berpikir kreatif . Apa pun dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan ini akan membayar di tempat kerja.


Juga pertimbangkan jika ada kualifikasi yang Anda tidak memiliki bahwa orang yang wajar akan mempertimbangkan sesuai untuk bidang Anda. Jika demikian, hal ini dapat menahan Anda dari kemajuan atau promosi? Misalnya, apakah itu akan berguna untuk memiliki gelar tertentu atau sertifikasi lain jika Anda ingin menerapkan untuk posisi manajemen? Apakah Anda kurang keahlian tertentu?


Dalam beberapa peran, menjaga up-to-date dengan perkembangan dalam industri Anda membantu Anda tetap relevan. Ini akan membantu Anda melakukan pekerjaan Anda lebih baik, terutama karena Anda naik peringkat.




Poin Penting :


Ketika kita benar-benar efektif di tempat kerja, kita mengatur waktu kita dengan baik, kita berkomunikasi dengan jelas, dan kita memiliki sikap yang baik.


Pekerja efektif adalah sering yang paling dihormati dan paling produktif di tempat kerja mereka, dan mereka sering yang pertama untuk dipertimbangkan untuk promosi. Jadi itu pasti sepadan dengan upaya untuk membangun keterampilan di sini!

Mulailah dengan melakukan analisis pekerjaan untuk menemukan apa peran Anda benar-benar tentang. Selanjutnya, belajar bagaimana mengelola waktu Anda lebih baik, berkomunikasi dengan lebih efektif, dan kontrol stres.
 
Juga, pastikan bahwa Anda mencurahkan waktu terhadap pembelajaran lebih lanjut dan pengembangan karir. Anda tidak pernah tahu bagaimana atau kapan ini keterampilan baru akan membayar!






 

Video

Loading...